By Siti Amini at 06.04 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi sesak nafas. Sesak nafas atau dalam bahasa medis disebut dispnea, tentu sangat mengganggu aktivitas. Sesak nafas itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana respiratory rate (RR) atau pola nafas seseorang lebih dari normal yaitu 16 sampai 20 kali per menit.  Untuk mengatasi sesak nafas ada berbagai cara mulai dari yang tidak memakai obat sampai menggunakan obat. Untuk mengatasi sesak nafas, terlebih dahulu sobat harus mengetahui apa penyebab dari terjadinya sesak nafas sehingga penanganan yang diberikan tepat karena beda penyebab pasti beda penanganan.

cara mengatasi sesak nafas

Cara Mengatasi Sesak Nafas Dengan Cepat

Sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena sebuah penyakit atau memang kedaan normal. Sesak nafas yang diakibatkan oleh suatu penyakit bisa bermacam – macam. Biasanya terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan paru – paru, misalnya penyakit asma, bronkitis, PPOM (penyakit paru obstruksi menahun), pnemonia dan masih banyak lagi. Sesak nafas yang diakibatkan karena kelainan pada jantung misalnya gagal jantung kongestif (CHF), pericarditis dan masih banyak lagi. Kita tahu bahwa jantung dan paru – paru berperan dalam pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah, sehingga bila jantung atau paru – paru mengalami gangguan hal tersebut akan berpengaruh dalam proses pernafasan. Sesak nafas yang disebabkan suatu keadaan normal dan bukan merupakan sebuah tanda dari penyakit antara lain karena kehamilan, stress, berada di ketinggian 5000 kaki.


Bila terjadi sesak nafas harus segera diatasi, karena dapat menyebabkan hal – hal yang tidak diinginkan misalnya terjadi kejang atau bahkan gagal nafas yang bisa berakibat pada kematian. Hal – hal pertama yang bisa dilakukan di rumah apabila ada keluarga kita yang mengalami sesak nafas antara lain:

Berikan Lingkungan Yang Nyaman Dan Tenang

Jika salah satu anggota keluarga kita mengalami sesak nafas berikan lingkungan yang tenang dan jangan sampai dikerumuni oleh banyak orang. Karena semakin banyak orang yang mengerumuni udara akan menjadi pengap dan oksigen menjadi sedikit sehingga akan memeperburuk sesak nafas.

Berikan Posisi Setengah Duduk

Jika keluarga sobat ada yang mengalami sesak nafas, segera mungkin berikan posisi tidur setengah duduk (45o  – 90o) dengan cara diberi bantal. Posisi ini membantu paru – paru lebih mudan untuk mengembang sehingga oksigen bisa masuk secara maksimal.

cara mengatasi sesak nafas

Ajarkan Nafas Dalam Dan Panjang

Ajarkan orang yang mengalami sesak nafas untuk melakukan nafas dalam dan panjang. Cara untuk melakukan hal ini yaitu minta orang tersebut untuk menatik nafas sedalam mungkin instruksikan untuk menahan nafasnya selama 3 detik lalu minta untuk menghembuskan nafasnya melalui mulut secara perlahan. Hal ini juga bisa digunakan untuk tekhnik relaksasai jika sobat mengalami stres atau rasa sakit yang sedikit mengganggu. Catatan : untuk tekhnik ini jangan gunakan pada orang yang sesak nafas karena adanya suatu sumbatan misalnya dahak. Jika orang tersebut berdaha yang cukup banyak sehingga mengganggu proses pernafasannya berikan minum air hangat dan minta untuk batuk.

Hindari Alergen

Sesak nafas yang disebabkan karena asma biasanya terjadi karena adanya suatu alergi misalnya terhadap udara dingin atau debu. Untuk mengurangi sesak nafas karena asma sobat harus menghindari alergen  tersebut. Bila sesak nafas sudah terjadi sobat bisa memberikan obat bronchodilator agar jalan nafas kembali normal. Obat – obat tersebut bisa sobat dpatkan dengan mudah di apotik, tapi untuk lebih jelas dan lebih aman konsultasikan dulu dengan dokter.

cara mengatasi sesak nafas

Pertolongan dengan Tenaga Medis

Bila sesak nafas tidak dapat segera teratasi segera bawa ke tenaga medis untuk mendapat pertolongan lebih lanjut, pertolongan yang diberikan tenaga medis bisa berupa pemberian oksigen, atau nebulizer.

cara mengatasi sesak nafas


Itulah beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk mengatasi sesak nafas. Ingat ya sobat, hati – hati dalam mengkonsumsi obat untuk jangka panjang, karena obat itu sendiri merupakan racun bagi tubuh. Jika sobat terlalu sering mengkonsumsi obat, salah -  salah malah bisa menyebabkan kerusakan pada jantung dan ginjal. Cerdas dalam penggunaan obat adalah hal yang paling baik dan bijaksana.

baca juga ya :
cara mengatasi haid tidak teratur secara alami

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: