By Siti Amini at 11.29 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati amandel. Peradangan pada amandel atau dalam bahasa kedokteran disebut tonsilitis merupakan peradangan yang terjadi pada area tonsil atau amandel yang disebabkan oleh virus. Amandel ini biasanya lebih sering terjadi pada anak – anak walaupun pada orang dewasa juga kadang terjadi. Amandel atau tonsil itu sendiri merupakan sebuah organ yang berfungsi sebgai pertahanan pertama tubuh kita pada kuman karena amandel merupakan salah satu imunitas tubuh jadi sangat merugikan sekali jika sampai amandel itu diangkat, bila amandel kita sakit atau meradang hal tersebut berarti daya tahan tubuh kita sedang lemah sehingga kuman dengan mudah masuk ketubuh kita. Oh iya perlu sobat tahu bahwa amandel itu sebenarnya bukanlah nama penyakit namun nama sebuah organ. Semua orang punya yang namanya amandel, nah kalau penyakit amandel itu biasanya dalam bahasa kedokteran disebut tonsilitis atau peradangan pada amandel. Jadi jangan sampai salah ya.

cara mengobati amandel

Cara Mengobati Amandel tanpa Operasi

Sebenarnya tanpa operasi amandel masih bisa disembuhkan. Sebelum membahas bagaimana cara mengobati amandel, sobat juga perlu tau apa saja tanda – tanda dari amandel yang meradang tersebut. Beberapa tanda amandel yang meradang itu antara lain adalah:

1. Amandel atau tonsil berwarna kemerahan
2. Pusing
3. Kesulitan bernafas dan menelan makanan
4. Demam
5. Nafas bau
6. Suara serak atau bindeng
7. Mual kadang disertai muntah

Cara Mengatasi Amandel Dengan Bahan Alami

Dengan bahan alami amandel yang masih bersifat ringan masih bisa disembuhkan dengan bahan alami, bahkan juga bisa sembuh dengan sendirinya. Hal – hal yang perlu sobat perhatikan agar amandel yang meradang segera sembuh antara lain yaitu:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak asupan air putih sobat, dalam sehari minimal sobat harus minum 8 gelas air putih, jika dalam kondisi yang sakit sobat harus minum lebih banyak. Agar racun yang berada di dalam tubuh cepat keluar bersama dengan urine saat BAK.

2. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Kita tahu bahwa vitamin C selain berfungsi untuk menceraahkan kulit juga berfungsi memperbaharui sel – sel tubuh yang rusak karena kita sakit. Dengan memperbanyak konsumsi vitamin C daya tahan tubuh akan semakin baik dan sobat akan cepat sembuh dari sakit.

3. Cara Mengobati Amandel dengan Mengkudu

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain 2 buah mengkudu yang sudah matang dan madu murni secukupnya. Cara membuat ramuan ini antara lain buah mengkudu yang sudah matang dicuci bersih lalu ditumbuk dan disaring di ambil airnya. Air perasan tersebut tambah dengan sedikit air hangat, taruh di dalam gelas dan  campurkan dengan madu lalu aduk sampai rata.  Sebelumnya gunakan ramuan tersebut untuk kumur lalu minum. Lakukan setiap 3 kali dalam sehari.

cara mengobati amandel

4. Cara Mengobati Amandel dengan Jeruk Nipis

Bahan yang perlu sobat sediakan antara lain 3 buah jeruk nipis dan air kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya antara lain jeruk nipis diperas dan diambul airnya lalu campur dengan sedikit kapur sirih, aduk sampai merata. Minum menjelang tidur lakukan selama 3 malam berturut – turut.

Nah itulah beberapa cara sehat untuk mengobati amandel dengan bahan tradisional. Kalau sobat mau tahu cara sehat untuk mengobati penyakit lain seperti ambeien baca ya di cara mengatasi ambeien dengan bahan alami. Ada juga tips untuk mengurangi burket bisa sobat baca di cara menghilangkan burket dengan bahan alami .

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar