By Siti Amini at 06.47 , have 35 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi anyang anyangan. Pernah merasakan penyakit yang satu ini? Menyiksa banget kan, rasanya udah pengen BAK sampe nggak nahan, terus lari – lari ke kamar mamndi pas nyampe kamar mandi eh yang keluar Cuma dikit banget, nyakitin kan.

cara mengatasi anyang anyangan

Cara Mengatasi Ayang Ayangan

Anyang – anyangan bisa merupakan suatu gejala yang tidak berbahaya misalnya karena habis dari tempat yang panas terus kita minumnya sedikit ini akan menyebabakan anyang anyangan terjadi karena kita dehidrasi atau kekurangan cairan. Tapi jangan salah juga, anyang anyangan juga bisa merupakan sebuah tanda dari penyakit ISK atau infeksi saluran kemih.

Lalu bagaimana cara membedakan anyang anyangan yang disebabkan dehidrasi dengan anyang anyangan yang disebabkan oleh penyakit? Jika hanya dengan melihat gejalanya saja mungkin akan sulit sekali diketahui apakah anyang anyangan yang sobat derita merupakan tanda dari dehidrasi atau merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Anyang anyangan yang disebabkan oleh dehidrasi biasanya akan sembuh dalam kurun waktu yang relatif lebih cepat, sedangkan anyang anyangan yang disebabkan oleh infeksi  saluran kemih biasanya akan terjadi dalam kurun waktu yang relatif lebih lama, atau sampai berhari hari. Sebelum melakukan pengobatan sebaiknya kita kenali dulu penyebab dari anyang anyangan yang sedang menyerang kita. Karena beda peneyebab dari anyang anyangan tentu juga berbeda dalam hal cara mengatasi anyang anyangan.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi anyang anyangan, sobat juga perlu tahu apa saja sih penyebab anyang anyangan itu. Anyang anyangan bisa diakibatkan oleh banyak hal, antara lain:


Dehidrasi

Pada saat dehidrasi tubuh kekurangan cairan, sehingga tubuh akan berkompensasi untuk menurunkan produksi urine sehingga cairan tidak semakin banyak yang keluar. Asupan cairan yang rendah juga berpengaruh dengan tekstur BAB kita, karena kekurangan cairan ini feses akan mengeras sehingga terjadilah sembelit. Untuk mengatasi sembelit dengan bahan alami dapat sobat lihat di cara mengatasi buang air besar sulit secara alami

Kehamilan

Pada ibu yang hamil tua terlebihnya, akan sering mengalami anyang anyangan karena kandung kemih atau tempat menampung kemih terdorong oleh janin yang makin membesar. Bila ibu  hamil tua bermasalah dengan sistem pekemihan, berbeda dengan ibu hamil muda apalagi di 3 bulan pertama akan mengalami mual muntah yang berlebih. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mual pada ibu hamil muda baca saja mengatasi mual saat hamil dengan bahan alami.

Infeksi saluran kemih

Anyang anyangan juga bisa disebabkaan oleh infeksi saluran kemih, yang mana kandung kemh mengalami infeksi sehingga kandung kemih akan merangsang otak mengeluarkan isinya walaupun baru berisi sangat sedikit sekali.

Car Mengatasi Anyang Anyangan

Sebagai cara untuk mengatasi anyang Anyangan ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan dan praktekkan di rumah. Diantaranya:

Minum banyak air

Hal ini akan sangat bermanfaat jika sobat mengalami anyang anyangan yang dikarenakan dehidrasi. Selain bermanfaat mengatasi anyang anyangan, minum air putih yang banyak juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

cara mengatasi anyang anyangan

Dengarkan Gemericik Keran

Jika sobat merapa bagian bawah pusar sobat keras, itu bertanda bahwa air kencing di kandung kemih penuh, namun karena suatu hal tidak bisa keluar sehingga keluar sedikit sedikit, sobat bisa melakukan hal sederhana berikut, masuk lah ke kamar mandi lalu nyalakan keran kecil saja, dengarkan gemericik alirannya hal ini bisa merangsang untuk berkemih. Tapi bila ayah sobat mengalami pembesaran prostat hal ini tidak akan berhasil dilakukan, segera bawa ayah sobat ke dokter.

Minum daun kumis kucing

Bahan yang perlu sobat sediakan antara lain daun kumis kucing yang sudah dikeringkan dan gula jawa secukupnya. Cara untuk membuat ramuan ini adalah dengan menyeduh kumis kucing layaknya sobat menyeduh teh. Lalu tambahkan gula jawa pada seduhan tadi. Ingat ya, menggunakan gula jawa bukan gula putih, karena gula putih dapat mengurangi efek manfaat dari kumis kucing.

Minum jeruk nipis dan gula pasir

Bahan yang perlu sobat sediakan tentunya jeruk nipis dan gula pasir secukupnya. Cara membuat dengan memeras jeruk nipis tadi. Lalu perasan jeruk nipis di taruh di gelas dan di kasih air hangat kemudian tambahkan gula pasir secukupnya, aduk dan siap diminumkan.

cara mengatasi anyang anyangan

Periksa ke dokter

Jika cara mengatasi anyang anyangan di atas dengan menggunakan ramuan tradisional tidak juga terjadi perubahan yang lebih baik, maka sobat harus segera datang ke tenaga medis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ada beberapa cara kumo yang dipercaya mampu mengatasi anyang anyangan seperti mengikat jempol kaki dan mengoleskan balsem di pusar. Dua hal ini belum bisa dibuktikan secara medis,  bahkan jika sobat mengikat jempol terlalu kuat dan lupa melepaskan ikatan tersebut sampai sobat tertidur, di pagi harinya sobat akan menemukan jempol kaki sobat membiru karena tidak mendapatkan suplai darah. Berhati hatilah karena hal tersebut mungkin akan membuat sobat harus kehilangan jempol kaki sobat, alias jempol kaki sobat harus di amputasi karen mengalami kematian jaringan. Semoga bermanfaat.


Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

35 komentar:

  1. Great. Sangat membantu. Trimakasih ��

    BalasHapus
  2. thanks atas infonya

    BalasHapus
  3. maaf.
    klo ayang ayangan gara gara pipis d tahan trus jd ayang ayangan itu obatnya apa...?
    mkshh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lansung pipis jangan ditahan lagi

      Hapus
    2. Hati hati kalau sering nahan pipis dapat memicu tumbuhnya batu pada saluran kemih

      Hapus
  4. Saya dulu waktu kecil sering anyang-anyangan. obatnya adalah ikat jempol kaki dengan karet atau dengan rumput. begitu kata orang tua. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dulu juga seperti itu, nggak atunya malah berbahaya =D

      Hapus
  5. Maaf kalau udah ikutin cara mengatasi anyang anyangan tdi tp ttp aja dh. 3 hari anyang anyangan gmna ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dicoba kedokter dulu, takutnya isk

      Hapus
    2. Sama, saya mulai kemaren anyang2an terus dan sudah minum obat tapi masih saja blm sembuh total hanya saja cuma sedikit mengurangi cuma klo mw periksa ke dokter, saya tidak kuat menahan untuk antri dan lain sebagainya :( bagaimana ini????

      Hapus
  6. Lagi anyang-anyangan juga kawan, sakit sih tp nikmat kalau sudah sembuh.... hehe:) :) :)

    Saya hampir setiap seminggu sekali pasti anyang-anyangan karena setiap hari rabu saya futsal, nah sehabis futsal sudah di pastikan anyang"an tidak mungkin tidak.

    Ada sdikit tips dari saya cara menghilangkan anyang"an tanpa harus minum obat atau pergi ke dokter :
    1. Jangan makan terlalu banyak
    2. ikat jempol kaki dengan karet tp jangan terlalu lama cukup 15-30 menit.
    3. Ambil posisi kuda" serendah dan selama mungkin ulangi beberapa kali. (kalau tidak tahu kuda" tanya teman atau kerabat).
    4. terakhir gaya andalan gue. Berbaring kemudian tekuk kedua kaki ke bawah, bisa juga menambahkan bantal/guling di bawah pinggang (kurang lebih seperti posisi persiapan kayang) lakukan beberapa kali kalau kuat, langsung agak lama tap jangan terlalu lama10-15 menit, jika sudah merasa sembuh bisa di luruskan kembali kakinya.
    5. Tetap pada posisi berbaring dan kedua kaki ditekuk kemudian suruh sesorang untuk menginjak / memijat paha menggunakan kaki jangan terlalu keras & jangan terlalu pelan, rasakan sensasinya Insay Allah tidak lama anyang"an akan cepat sembuh.

    Itu sedikit tips dari saya, saya tetap melakukan rutinitas saya futsal setiap hari rabu meski saya tahu setelah selesai futsal saya akan anyanga"an tp saya tahu solusi untuk mengatasinya.

    Jadi tetap lakukan aktivitas kalian, selagi itu bermanfaat dan menyehatkan. terimakasih

    Catatan Penting*****
    Ketika Anyang"an sudah mencapai klimaks
    Cara nomor 3 dan 4 adalah yg paling tepat, tapi ketika kalian melakukan beberapa kali buanglah air walau sakit karena ketika kalian melakukan gerakan menekuk kaki dengan berbaring, sisa" anyang"an akan keluar. Jadi buang dulu lalu lanjutkan kembali.

    Selamat mencoba, smoga membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas adik laki saya juga ngalami kayak gini.. berobat g da yg manjur ujung2 ke tukang urut katanya turun bero.anjlok.setelah diurut 1 minggu kemudian sembuh g pernah kambuh

      Hapus
    2. Cukup cepat atasi anyang a yangen.duduki benda yang agak panas,air panas bungkus plastik juga bisa,yang pe ting menganai bagian bawah saluran kencing
      2 dengan balsem ataw minyak angin

      Hapus
    3. Cukup cepat atasi anyang a yangen.duduki benda yang agak panas,air panas bungkus plastik juga bisa,yang pe ting menganai bagian bawah saluran kencing
      2 dengan balsem ataw minyak angin

      Hapus
  7. 4 hari ini saya anyang anyangan ...tapi selalu terjadi di malam hari...dan saya selalu mengikat jempol saya selama 4 hari itu..tapi cuma 2 jam - 1 jam...apa itu bisa menyebabkan kematian jaringan pada jempol kaki saya?...mohon bantuannya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama peredaran darah masih lancar kearea tersebut tidak apa apa, tp lebih baik jangan dilakukan

      Hapus
  8. Saya aja sudah terbiasa seperti itu setiap perjalanan saya buang air kecil belebihan

    BalasHapus
  9. Saya mau tanya nih ,, saya mengalami anyang"an sudah memasuki 2 harii dan gejala nya timbul di saat pagi hari , tapi bila saya berbaring , saya tidak merasakan anyang"an tapi jika saya melakukan aktifitas rumah atau berdiri saja itu sya langsung mengalaminya kembali ? Mohon bantuan nya. Trimakasih

    BalasHapus
  10. apa anyang anyangan berbahaya

    BalasHapus
  11. Saya juga sedang anyang anyangan nihh sekarang...tadinya nyeri sedikir aku biarin,lama" jadi ngilu di bawah pusar sampe ke pinggang..kenapa yaa??

    BalasHapus
  12. Klao tips saya.. kalo anyang anyangan mending senderan dan kaki di tekuk ke bawah... sambil main hp/nonton tv.. gk kerasa udh sembuh.
    (Pengalaman)

    BalasHapus
  13. Yang penting jangan keseringan nahan buang air kecil, itu juga alasan penyebab anyang-anyangan loh..

    BalasHapus
  14. Mba siti klo dipijat langsung ditelapak kaki.. Apa bisa membuat segar dan sembuh?

    BalasHapus
  15. Cukup jempol kaki kiri ditekuk ke atas tindih dengan kaki kanan selama 5 menit lakukan hal yg sma pda jempol kaki kanan hal ini bs melanjarkan peredarn darah pada ginjal

    Dijamin manjur

    BalasHapus
  16. Anyang anyang, menyiksa banger, kadang kalo malem perut bawah sakit banget.

    BalasHapus
  17. saya gak tau apakah saya Anyang Anyang tau gak karena ini pertama kali saya ngerasain sakit waktu buang air kecil sampe air kencing saya berwarna kemerahan dan berbau
    ada yang bisa bantu saya menjelaskan apakah penyakit saya termasuk Anyang Anyang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang minum obat atau tidak kak? Kalo tidak Segera periksa ke dokter saja, takutnya ISK. Kalau anyang anyangan biasa nggak sampai berbau.

      Hapus