By Siti Amini at 05.41 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi batuk pada bayi. Bayi bunda mengalami batuk pilek yang membuat sang buah hati jadi rewel, nangis terus, susah kalau di kasih makan. Batuk pilek merupakan penyakit yang hampir semua bayi pernah mengalaminya. Pilek termasuk pada penyakit ISPA atau infeksi saluran pernafasan atas.

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi 6 bulan

cara mengatasi batuk pada bayi
Buat bunda yang buah hatinya kini sedang batuk pilek nggak usah khawatir. Jangan buru – buru di kasih obat ya bun apalgi antibiotik. Penggunaan antibiotik yang sembarangan justru akan merugikan. Dari pada menggunakan obat yang notabene mengandung bahan kima bunda mungkin lebih baik menggunakan cara tradisional dengan meramu bahan alami karena pasti lebih aman dan tidak mengandung bahan kimia.

1. Jeruk nipis dan madu

Bahan yang perlu disediakan antara lain:
• Air jeruk nipis 3 sdm
• Air matang 4 sdm
• Madu murni 4 sdm

Cara membuat:
• Campur semua bahan hingga merata, lalu kukus kurang lebih 10 sampai 15 menit
• Berikan obat yang telah bunda ramu tadi sesuai dengan umur bayi bunda, jika si kecil berumur 7 – 11 bulan berikan 2- 3 kali per hari. Setiap pemberian sebanyak 1 sendok teh.

2. Jeruk nipis dan kecap

Bahan yang perlu dipersiapkan:
• Jeruk nipis
• Kecap

Cara membuat:
• Peras jeruk nipis sebanyak 1 sdm, setelah itu campur dengan sedikit kecap
• Minumkan ramuan.

3. Kompres air hangat

Jika si kecil badannya panas, bunda segera kompres si kecil dengan air hangat. Kompres pada kening, leher lipat paha dan ketiak. Jika si kecil panas jangan pernah menyelimuti si kecil dengan selimut tebal karena hal tersebut akan membuat badan si kecil menjadi semakin panas. Selimuti si kecil dengan selimut yang tipis saja sehingga suhu tubuh si kecil dapat menurun.

4. Berikan paracetamol

Hanya berikan paracetamol jika suhu tubuh si kecil lebih dari 38,5 derajat celcius agar sikecil tidak kejang.

5. Bawa ke tenaga kesehatan

Jika si kecil tidak juga sembuh, bunda sebaiknya segera membawa ke tenaga kesehatan untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.



Cara mengatasi batuk pada bayi baru lahir

Jika bayi bunda baru lahir atau berumur kurang dari 6 bulan, ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan antara llain:


  • Tetap berikan ASI dan jangan dan jangan dikurangi. Asi mempunyai semacam zat kekebalan tubuh untuk bayi. Hindari pemberian menggunakan botol, saat bayi menghisap melalui botol saluran eustachius akan tetap terbuka, hal ini beresiko terjadi penyebaran bakteri ke telinga. Hati - hati saat bunda menyusui bayi bunda, karena salah tekhnik menyusui dapat membuat bayi menjadi cegukan. Lalu bagaimana teknik menyusui yang benar baca yuk bun teknik cara menyusui yang benar. Lalu bagaimana jika bayi sudah cegukan, jika tidak segera di atasi kasian kan si kecil, pasti tidak nyaman dan rewel untuk mengetahui cara mengatasi cegukan yuk bun baca cara mengatasi cegukan pada bayi aman dan mudah.

  • Jemur bayi saat pagi. Sinar matahari terlebih sebelum jam 9 pagi sangat baik, sekali waktu jemur si kecil di bawah matahari pagi.

  • Jika hidung si kecil tersumbat, hal yang bisa bunda lakukan untuk mengatasinya dengan cara tepuk perlahan punggung bayi, letakkan si kecil di pangkuan bunda dengan posisi menelungkup

  • Bawa ke petugas kesehatan bila setelah satu minggu batuk tidak reda.

Nah itulah beberapa tips cara mengobati batuk pada bayi bunda. Selama si kecil sakit, tetap berikan asupan caira dan makanan yang bergizi tinggi. Kaena selain dari obat, tubuh juga perlu nutrisi yang tinggi untuk melawan bakteri, virud dan jamur yang ada di dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar