By Siti Amini at 18.32 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi beser. Beser merupakan suatu kondisi dimana kita tidak dapat mrenahan hasrat ingin berkemih sehingga membuat kita sering bolak balik ke kamar mandi. Beser ini tentu sangat mengganggu kan? Terlebih bila kita berada di kendaraan umum, masak bis nya harus berhenti terus gara gara kita nggak bisa nahan kencing.

Cara Mengatasi Beser Secara Alami



Ada beberapa hal yang mempengaruhi teradinya beser ini, beser di dalam bahasa medis sendiri disebut inkontinensia urine. Hal hal yang dapat mempengaruhi terjadinya beser antara lain:

• Terlalu banyak minum air putih

Air kencing yang di produksi oleh tubuh kita bergantung pada jumlah asupan air yang kita konsumsi, semakin banyak air yang kita minum tentu semakin banyak pula air kencing yang di produksi oleh tubuh. Namun hal ini masih dalam tahap wajar dan normal, meminum air putih dalam jumlah yang banyak akan membantu tubuh mengeluarkan racun, jadi tetap lanjutkan kebiasaan sehat ini ya.

• Kebiasaan mengkonsumsi kopi atau teh

Kita tahu bahwa teh dan kopi mempunnyai kandungan zat diuretic yaitu zat yang merangsang tubuh untuk selalu berkemih, sebisa mungkin kurangi atau batasi asupan kopi dan teh, terlebih pada malam hari. Selain kopi minuman bersoda dan beralkohol juga mengandung zat semacam ini. Hindari minuman beralkohol karena selain merangsang kencing alkohol juga akan merusak ginjal sobat. Nggak mau kan setiap 2 kali dalam satu minggu berbaring di ruang hemodialisa untuk melakukan cuci darah, jadi mulai sekarang stop yang namanya minum minuman beralkohol.

• Ibu hamil

Pada ibu hamil terlebih hamil tua, beser merupakan hal yang wajar karena kandung kemih tertekan oleh uterus (rahim) yang semakin lama semakin membesar sehingga kapasitas kandung kemih akan semakin berkurang, hal inilah yang membuat ibu hamil sering mengalami beser. Selain beser, masalah pada ibu hamil yang baru bulan awal atau trimester pertama pasti sering ngalamin mual, untuk mengatasi mual pada ibu hamil atau morning sickness bisa sobat baca di cara mengatasi mual saat hamil dengan bahan alami dan aman.

• Usia Lanjut

Pada orang yang sudah berusia lanjut pasti sering dijumpai yang namanya beser, hal ini terjadi karena otot otot yang menahan atau mengontrol saat kita ingin BAK kemampuannya sudah menurun, sehingga pada orang tua akan sering ngompol


Cara Mengatasi Beser Buang Air Kecil

Itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan beser, sekarang udah tahu penyebabnya giliran cari tahu bagaimana cara mengatasi beser ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi beser, baca sampai selesai ya tips tentang cara mengatasi beser secara alami.

Latihan Kegel

Dulu pas kuliah sistem perkemihan pernah diajarin senam kegel, katanya bu dosen sih bisa melatih otot otot perkemihan agar bisa berfungsi dengan baik untuk mengendalikan hasrat ingin pipis sehingga tidak beser lagi.

Caranya cukup mudah kok, sobat cukup fokus, kendorkan otot panggul dan otot perut pada waktu bersamaan. Kalau sobat bingung dengan gerakan senamnya, gerakannya itu seperti saat sobat lagi pipis terus sobat tahan selama 5 detik dipipiskan lagi, di tahan lagi begitu seterusnya. Latihan ini juga bisa dilakukan kapan saja misal saat duduk, berdiri, berjalan atau saat tiduran. Latihannya nggak perlu  lama - lama, cukup beberapa menit saja.

kalau masih bingung sobat lihat saja video ini sampai selesai, gerakan senam kegel terangkum dalam video dibawah ini:



Menggunakan daun Jamblang atau daun duwet

bahan yang perlu di sediakan antara lain:
3 lembar daun jamblang atau daun duwet
2 jari tangan kulit pohon jamblang
1 jari tangan kunyit

cara membuat:
cuci bersih semua bahan yang sudah dipersiapkan tadi. potong kecil kecil semua bahan lalu rebus dengan 5 gelas air, rebus hingga tersisa 3 gelas saja. minum 3 kali dalam sehari cukup 1/2 gelas setiap selesai makan.

Lakukan rutin selama satu minggu, jika belum ada perubahan hentikan pengobatan dan segera konsultasikan ke dokter, mungkin ada hal yang lebih serius mengenai sistem perkemihan sobat.

baca juga: cara mengatasi burket dengan alami dan mudah.

Semoga bermanfaat,

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: