By Siti Amini at 21.14 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi masuk angin. Masuk angin seringkali sangat mengganggu aktivitas kita kan sobat, bahkan sakit yang satu ini terkadang terasa sangat menyiksa. Masuk angin bisa disebabkan oleh berbagai faktor, untuk menyembuhkan masuk angin ini juga nggak sulit – sulit banget. Ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi masuk angin.

Masuk angin disebabkan oleh karena di dalam tubuh kita terkumpul gas yang tidak merata dan gas tersebut tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Biasanya masuk angin ini dikarenakan suhu udara yang terlalu dingin, terlalu lama kehujanan, terlambat makan, kurang istirahat, dan pergantian musim.
cara mengatasi masuk angin
Gejala masuk angin biasanya ditandai dengan perasaan perut penuh, mual sampai muntah, perut kembung, keringat dingin, kepala pusing. Masuk angin itu sendiri merupakan sekumpulan gejala yang di akibatkan karena kelelahan fisik, stresss, telat makan sehingga dalam lambung terbentuk gas yang membuat lambung menjadi penuh dan timbullah perasaan mual.

Udara yang sangat dingin pun dapat menyebabkan masuk angin, hal ini karena pada saat udara terlalu dingin tubuh akan berkompensasi untuk membuat pembuluh darah menyempit agar kalori atau panas dala tubuh tidak banyak yang keluar sehingga tubuh tidak terjadi hipotermi. Karena hal tersebut asam laktat dalam tubuh akan mengumpul. Asam laktat yang terlalu banyak itu akan menimbulkan rasa pegal dan linu.


Cara Mengatasi Masuk Angin Parah

Sebenarnya masuk angin bisa hilang sendiri. Namun bila tidak segera di atasi masuk angin ini akan sangat mengganggu si penderita. Salah satu cara mengatasi masuk angin antara lain:

Minum Teh Hangat Atau Jahe Hangat

Minuman hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah akan kembali lancar dan asam laktat dalam tubuh akan menghilang. Jahe selain bisa meredakan masuk angin juga mampu mengurangi rasa mual pada ibu hamil, bagaimana jahe mengurangi mual sobat bisa baca di cara mengatasi mual saat hamil dengan bahan alami.

Minum Teh Peppermint

Peppermint bermanfaat untuk dekongestan, ekspektoran dan anti virus yang mampu mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan dan meredakan batuk.

cara mengatasi masuk angin

Makan Sup Hangat

Dokter menganjurkan untuk makan supp ayam karena bermanfaat untuk anti radang yang dapat mengurangi gejala masuk angin.

Digosok dengan Minyak Urut atau Kerokan

Kerokan dipercaya mampu mengurangi masuk angin karena pada saat dikerok tubuh akan menghasilkan zat alami yang disebut thiamin. Zat ini berguna untuk meredakan nyeri.

cara mengatasi masuk angin

Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat alicin yang diketahui berguna sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Minum Jus Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C berguna untuk antioksidan dan mengganti sel tubuh yang rusal akibat sakit.

Penderita yang sudah mulai membaik biasanya ditandai dengan bersendawa dan flatus atau kentut. Kadang penderita juga muntah namun hanya sekali atau dua kali bukan terus menerus. Hati – hati dengan rasa masuk angin yang di tandai dengan keringat dingin disertai nyeri dada tumpul di sebelah kiri dan tembus sampai belakang punggung menjalar ke lengan kiri. Hal tersebut merupakan tanda dari gangguan pada jantung. Jika sobat mengalami nyeri yang seperti itu segera hubungi tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan. Semoga bermanfaat.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: