By Siti Amini at 00.01 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi mimisan. Tiba – tiba dari hidung sobat mengeluarkan darah atau biasa di sebut mimisan. Atau misalnya saja adik sobat tiba – tiba mimisan dengan darah yang mengucur deras dari hidung. Jangan panik, karena mimisan dapat segera di hentikan dengan beberapa langkah sederhana.


Cara Mengatasi Mimisan yang Terus Menerus

Mimisan dalam bahasa medis disebut epistaksis yang mempunyaipengertian sebagai perdarahan lewat hidung. Mimisan lebih sering terjadi pada anak walaupun pada orang dewasa kadang juga di temukan ada yang mengalami mimisan. Mimisan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Polusi

Udara yang kotor dan terkontaminasi misal oleh asap rokok, asap kendaraan dapat mengiritasi selaput lendir anak – anak, karena selaput lendir pada anak lebih tipis dan lebih mudah untuk robek.

Trauma atau benturan

Trauma hidung pada anak bisa terjadi saat anak jatuh dan terbentur, mengorek hidung yang terlampau keras, atau terkena benda keras yang lain.

Udara yang terlalu ekstrim

Temperatur yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan lapisan hidung kering dan mudah sekali untuk pecah, hal ini juga bisa memicu mimisan.

Peradangan atau penyakit

Bisa disebabkan karena leukimia (kanker darah), hemofilia (darah sukar membeku), tekanan darah tinggi.

Cara Mengatasi Mimisan yang Terus Menerus

Jika sobat atau adik sobat mengalami mimisan, ada beberapa tips yang bisa sobat gunakan untuk mengurangi atau menghentikan mimisan tersebut. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Pecet cuping hidung 

Dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk pencet cuping hidung anak sambil di pijat dengan lembut, jangan terlalu keras saat menekan. Tahan sekitar 3 sampai 5 menit. Hindari menidurkan atau menundukkan kepala karena akan membuat aliran darah semakin deras. Hindari pula menengadahkan kepala karena darah akan kembali, dan kemungkinan darah akan masuk ke sinus dan akan membahayakan.

2. Menggunakan daun sirih

Ambil daun sirih yang telah di cuci bersih. Gulung dan sumpalkan kehidung anak, tunggu selama 15 sampai 20 menit.

cara mengatasi mimisan

3. Penggunaan es batu

Bungkus es batu yang telah di balut dengan handuk. Kompres pada daerah hidung dan sekitar hidung. kompres juga daerah antara kening dan hidung. lakukan sampai perdarahan terhenti.

cara mengatasi mimisan


4. Minta anak untuk duduk tegak dengan kepala agak ke depan

Hal ini bertujuan untuk mencegah darah kembali masuk ke lambung bila anak ditidurkan. Apabila darah masuk kelambung anak akan muntah darah yang berasal dari mimisan tersebut. Darah juga bisa mengiritasi dinding lambung.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cra mengatasi mimisan. Bila mimisan belum juga berhenti, segera ke tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar