By Siti Amini at 21.35 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi sakit gigi. Sakit gigi apalagi karena gigi berlubang hampir semua orang mengalami, dari yang besar sampi yang kecil, tua muda, laki – laki ataupun perempuan kalau giginya sudah berlubang sangat rentan terkena sakit gigi. Dan gigi berlubang merupakan penyebab paling utama sakit gigi. Kalau sudah sakit gigi, duh sakitnya tuh di sini (nunjuk pipi).

Cara Mengatasi Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang


cara mengatasi sakit gigi

Tau nggak sih kenapa gigi kita kok berlubang, padahal kita sudah rajin gosok gigi secara rutin dua kali sehari bahkan lebih. Kita lihat yuk apa saja yang bisa mrnyebabkan gigi kita menjadi berlubang.


Penyebab gigi berlubang:

• Cara menyikat gigi yang salah

Sudah berapa tahun ya kita sikat gigi, tapi cara kita sikat gigi benar nggak ya. Cara sikat gigi yang benar prinsipnya mengikuti arah tumbuhnya gigi, sehingga kotoran di gigi bisa keluar dan tidak  menempel di sela sela gigi.

cara mengatasi sakit gigiJika kamu menyikat gigi atas maka gerakan sikat harus kebawah dan jika kamu menyikat gigi bawah gerakan harus ke atas, begitu pula dengan gigi bagian dalam. Dan pada gigi geraham jangan lupa sikat yang bagian atas juga ya. Makanan yang tertinggal di sela gigi akan di ubah oleh bakteri menjadi asam, nah zat asam inilah yang membuat email gigi kita rusak sehingga menjadi berlubang.

• Frekuensi menggosok gigi

Berapa kali biasanya kamu menggosok gigi? Terus pas waktu apa kamu menggosok giginya? Menggosok gigi yang di anjurkan dua kali sehari, yaitu sehabis makan dan sebelum tidur. Kenapa sih kita harus menyikat gigi setiap habis makan dan sebelum tidur. Temen – temen tahu nggak kalau bakteri itu akan mengubah sisa makanan di mulut kita yang mengandung gula menjadi asam.

Nah maka dari itu kita di anjurkan untuk menyikat gigi sehabis makan, terlebih sarapan pagi. Dan kita juga harus menyikat gigi sebelum tidur, karena pada saat kita tidur bakteri akan berkembang pesat mengubah eluruh sisa makanan dalam mulut kita. Makanya kalau pas kita kelupaan nggak gosok gigi sebelum tidur, mulut kita akan terasa pahit kan?

• Makanan yang manis

Makanan yang manis merupakan makanan kesukaan bakteri, jadi sebisa mungkin jangan terlalu sering makan makanan yang terlalu manis. Nggak mau kan giginya berlubang.

Cara Mengobati Sakit Gigi

• Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Bakteri akan tinggal dan berkembang biak dengan cepat pada mulut yang tidak di jaga kebrsihannya. Jaga kebersihan gilut dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari.

• Kumur dengan air hangat

Saat gigi temen - temen sedang kambuh sakitnya, cobalah untuk berkumur dengan air hangat. Air hangat  mampu meredam rasa ngilu dan sakit yang ada di gusi, namun jika sakit yang di rasakan sangat hebat segera ambil obat untuk mengatasi sakit gigi. Selain menggunakan air hangat, temen - temen juga bisa mengompres gigi yang sakit dengan es batu. Sebelum di gunakan untuk mengompres es batunya di lapisi kain dulu ya.


• Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis ternyata juga bermanfaat sebagai cara mengatasi sakit gigi. Caranya dengan memeras jeruk nipis, nah hasil perasa itu tadi teteskan ke gigi yang sakit setiap 10 menit.

Selain berfungsi untuk mengatasi sakit gigi, jeruk nipis juga berfungsi untuk mencerahkan wajah loh. Mau tau bagaimana cara menggunakannya? yuk baca pemutih wajah alami dari bahan tradisional. Selain dua manfaat itu, ternyata putih telur juga mempunyai manfaat yang lain dan nggak kalah penting bagi kecantikan wajah kita, yaitu untuk menghilangkan bekas jerawat. Penasaran mau tau caranya? yuk baca di cara menghilangkan bekas jerawat alami dan mudah.

• Menggunakan garam

Kandungan yodium pada garam mampu meredakan ngilu pada gigi, caranya dengan melarutkan garam yang tentu harus mengandung yodium pada satu gelas air hangat, habis itu gunakan larutan garam tadi untuk berkumur selama 30 sampai 60 detik. Tapi temen – temen nggak boleh langsung nelan garam utuh utuh, karena kan gak rata tuh penyebarannya di dalam mulut.



• Bawang putih


cara mengatasi sakit gigi
Bawang putih mempunyai sifat yang dapat membunuh bakteri, sifat inilah yang berguna untuk mengatasi gigi yang sedang sakit, untuk menggunakan bawang putih sebagai cara mengatasi sakit gigi, cukup ambil 1 siung bawang putih lalu haluskan, tambah dengan sedikit garam dan oles langsung pada gigi yang sakit. Lakukan perawatan ini hingga gigi temen - temen sembuh.



• Minyak cengkeh

Cengkeh mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengatasi sakit gigi. Cara menggunakan minyak cengkeh ini cukup basai sedikit kapas dengan minyak cengkeh lalu tempel pada gigi yang berlubang. Minyak cengkeh ini dapat di peroleh di apotik.

• Obat – obatan

jika dengan cara alami tidak ampuh dan kurang mempan mengatasi sakit gigi, cara mengatasi sakit gigi yang lain adalah dengan menggunakan obat. Obat yang bisa digunakan adalah obat yang tergolong dalam golongan NSAID seperti ibuprofen, aspirin, asam mefenamat. Jika semua sudah dilakukan tapi nggak juga sembuh, segera kunjungi dokter ya.

Beberapa tips sebagai cara mengatasi sakit gigi sudah tak kasihkan, ingat mencegah lebih baik daripada mengobati, jangan lupa sikat gigi dua kali sehari tiap sehabis makan dan sebelum tidur tentu harus dengan pasta gigi. Keep healthy.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar