By Siti Amini at 04.32 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi susah tidur. Hem aneh ya kayaknya kalau ada yang bilang susah tidur di malam hari atau biasa kita sebut insomnia. Karena kebanyakan orang biasanya susah melek di malam hari. Tapi inilah adanya, susah tidur atau insomnia biasnya emang di alami beberapa orang dan ini sangat mengganggu sekali. Sebenernya gangguan tidur itu nggak Cuma insomnia saja tapi  nggak kita bahas semua ya.

cara mengatasi susah tidurSusah tidur di malam hari sungguh menyiksa, apalagi kalau kita besoknya masih ada kegiatan yang penting banget pasti bikin stress, lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur ini. Buat kita orang deasa kan tidur normal 6 – 8 jam dalam satu hari, kalau kurang dari itu nggaak usah di tanya lagi pasti ngantuk berat, kecuali pada sobat yang emang punya jam tidur kurang dari 6 jam, biasanya sih bisa tahan hehe.



Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi susah tidur, kita juga harus tahu apa penyebab kita menjadi susah tidur. Ternyata ada beberapa hal yang sepertinya sepele, tapi ampuh membuat kita menjadi susah untuk memejamkan mata saat malam hari. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

Makan larut malam

Saat kita makan terlalu malam dan menjelang tidur, sistem pencernaan kita akan terganggu, lambung tidak dapat bekerja dengan maksimal. Saat posisi kita tidur dengan keadaan lambung yang penuh makanan, gerakan meremas lambung akan mendorong makanan atau asam lambung ke atas. Hal itu akan memicu kita seperti tersedak. Dan akan mengakibatkan kita saat bangun tidur mulut terasa pahit.

Stress

Stress merupakan pemicu utama kita kesulitan untuk tidur. Stress bisa karena berbagai hal misal karena hubungan dengan teman atau pacar yang bermasalah, masalah kantor atau yang lain. Saat kita sedang stress pikiran menjadi tidak tenang. Hal ini akan membuat kita menjadi sulit untuk tertidur.


Kelelahan

Jangan salah, ternyata kelelahan juga bisa mengakibatkan kita susah tidur. Kita pasti berfikir kalau msalnya kita kelelahan akan membuat kita tertidur pulas, yap itu memang nggak salah, tapi kalau kelelahan kita berada dalam tahap sedang. Tapi kalau kelelahan kita berada pada tahap yang berat, dan kita merasakan sangat lelah sekali hal itu justru akan membuat kita menjadi susah tidur.

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Redupkan lampu saat tidur

Cahaya yang terang akan membuat kita kesulitan untuk tidur, selain kesulitan tidur jika kita tidur dengan keadaan cahaya yang terang kita biasanya akan terbangu di tengah malam.  Maka dari itu, agar lebih mudah untuk tidur kurangi cahaya yang ada di  kamar kita, tidur di tempat yang agak gelap rasanya tampak tenang dan nyaman.

Batasi jam tidur siang

Tidur siang yang terlalu panjang akan mengakibatkan kita jadi susah tidur saat malam hari, sebisa mungkin batasi jam tidur siang cukup 1 jam.

cara mengatasi susah tidur

Hindari minum kopi

Kopi mengandung cafein yang akan meningkatkan kerja jantung, jika jantung bekerja dengan cepat maka kita pun akan sulit untuk tertidur. Sebisa mungkin hindari minum kopi 9 jam sebelum waktu tidur untuk menghindari insomnia atau susah tidur.

Jauhkan jam dari pandangan mata

Mungkin sangat sepele, tapi dengan kita melihat terus ke arah jam piiran akan semakin stress karena menghitung sisa jam tidur kita, jika perlu ganti jam dinding yang ada di kamar dengan jam beker yang bisa di taruh di atas meja.

Minum susu hangat

Minum susu hangat terlebih susu coklat mampu membuat kita nyaman dan memudahkan kita untuk tidur, nggak percaya? Yuk cobain.

Itulah beberapa tips cara mengatasi susah tidur, selain dengan mengunakan cara – cara tersebut alangkah baiknya temen – temen mengatur jadwal tidur sehari – hari sehingga akan terpola dan membuat kita menjadi mudah untuk tidur.

mau tahu seputar info kesehatan dan kecantikan yang lain baca yuk:
1. cara mengatasi kulit kering secara alami dan mudah
2. cara menghilangkan bekas jerawat cepat dan mudah

semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar