By Siti Amini at 05.53 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati sariawan. Saat kita lagi sariawan semua jadi serba nggak enak dan itu nyakitin banget. Mau makan sakit, mau ngomong sakit, mau minum juga sakit akhire diam saja. Sebenarnya apa sih sariawan itu, kenapa sariawan bisa terjadi. Yuk lihat hal – hal apa saja yang menyebabkan sariawan dan bagaimana cara mengobati sariawan.

Cara Mengobati Sariawan di Mulut

cara mengatasi sariawan
Sariawan di dalam bahasa medis kita sebut stomatitis aptosa, sariawan ini ada yang kronis ada yang akut. Sariawan biasanya sering terjadi di daerah bibir berbentuk bercak putih dan rasanya sangat sakit apalagi bila di gunakan untuk makan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya sariawan ini. Beberapa penyab itu antara lain:

  • Kekurangan vitamin seperti B12, vitamin C juga bisa menyebabkan terjadinya sariawan

  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin

  • Kebersihan mulut yang tidak di jaga

  • Terkena benturan atau tergigit

  • Produk untuk gigi yang tidak cocok dengan kondisi mulut kita


Hal – hal tersebut di atas merupakan beberapa hal yang dapat menimbulkan sariawan. Setelah tahu penyebabnya, sekarang kita cari tau bagaimana cara mengobati sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Mulut

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengobati sariawan yang menyiksa. Berikut adalah beberapa cara mengobati sariawan,


Mengunakan air garam

Garam berfungsi untuk menarik air, saat kita berkumur menggunakan air garam luka sariawan akan terikat airnya oleh garam. Hal ini akan empercepat proses pengeringan luka sehingga sariawan dapat segera sembuh. Caranya adalah dengan melarutkan 3 sendok garam di dalam setengah gelas air hangat. Gunakan air itu untuk berkumur beberapa menit. Lakukan secara rutin.

Konsumsi vitamin

Vitamin yang perlu di konsumsi saat sariawan antara lain vitamin B, vitamin C dan zat besi. Kamu bisa makan jeruk untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, namun kandungan terbesar vitamin C sebenarnya tidak pada jeruk tapi vitamin C lebih banyak terdapat pada cabai. Jeruk selain mengandung vitamin C yang bermanfaat, jeruk ternyata juga bisa mencerahkan kulit wajah, penasaran? Yuk baca di pemutih wajah alami dari bahan tradisional, selain jeruk atau cabe yang bisa membuat perut jadi mules, kamu juga bisa mengkonsumsi buah tomat.

Minum yougurt

Yougurt mengandung bakteri yang baik untuk tubuh, minum yougurt dapat membantu menjaga keseimbangan bakkteri di mulut.

Pepaya dan bawang putih

Caranya dengan mengoleskan langsung bawang putih dan pepaya yang sudah di potong pada luka sariawan. Pepaya mempunyai serat yang tinggi dan kandungan vitamin yang tinggi, karena kandungan seratnya pepaya mampu mengatasi sembelit yang menyiksa. mau tahu caranya yuk baca cara mengatasi susah buang air besar dengan bahan alami.

Menggunakan obat sariawan

Kamu juga bisa mengoleskan  1 tetes abothyl ke luka sariawan, caranya kumur terlebih dahulu, ambil kapas atau cotton bud, basahi dengan abothyl lalu oleskan ke luka sariawan, hati – hati karena rasanya sangat perih.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan menggunakan obat. Alaupun sariawan rasanya sangat sakit namun sebisa mungkin jangan minum obat penghilang nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat atau obat penghilang nyeri yang lain. Nyeri sariawan hanya nyeri lokal yang tidak di perlukan pengobatan sistemin dengan meminum obat, selain terlalu banyak bahan kimia tidak baik obat penghilang nyeri juga dapat mengerosi lapisan dinding lambung sehingga akan menyebabkan perut menjadi sakit.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar