By Siti Amini at 22.21 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Makanan larangan untuk penderita asam urat. Asam urat sebenarnya normal terdapat dalam tubuh kita, tapi dalam jumlah yang sedikit dan akan di  buang oleh tubuh melalui air kencing. Penyakit asam urat ditandai oleh kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Penyakit asam urat di dalam bahasa medis kita menyebutnya sebagai gaut atau pirai.


makanan larangan untuk penderita asam urat

Penyebab Asam Urat

Sobat tahu nggak apa sih yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh kita menjadi tinggi? Ada beberapa hal yang mempengaruhi tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Mulai dari gaya hidup kita yang tidak sehat dan ada beberapa penyakit yang bisa membuat kadar asam urat dalam tubuh kita tinggi, beberapa penyebabnya antara lain:

Gangguan pada ginjal

Ginjal yang terganggu fungsinya tidak mampu membuang asam urat dari tubuh mellui air kencing, hal ini akan membuat asam urat tertimbun pada tubuh kita dan akan menyebabkan penyakit asam urat ini.

Tekanan darah tinggi dan Kencing manis

Obat – obatan sejenis aspirin, diuretic, levodopa, diazoksid, asam nikotinat, aseta zolamid dan etambutol akan mengurangi pembuangan asam urat di dalam tubuh. Hal ini juga akan memicu tingginya asam urat dalam tubuh kita.

Dehidrasi atau kekurangan cairan

Saat tubuh kekurangan cairan semua konsentrat dalam darah akan menjadi tinggi, termasuk juga asam urat. Selain menyebabkan naiknya kadar asam urat, kekurangan cairan juga bisa menyebabkan kita menjadi susah BAB, kalau terjadi demikian pasti menyakitkan kan kita lihat yuk solusinya di cara mengatasi sembelit dengan bahan alami.

Alkohol

Alkohol ternyata juga bisa membuat kadar asam urat yang tinggi pad tubuh. Jadi mulai sekarang hindari deh yang namanya alkohol, nggak ada manfaatnya kan malah merugikan tubuh.


Pantangan Makanan Bagi Penyakit Asam Urat

Untuk menghindari asam urat yang kian memburuk, ada beberapa makanan yang harus dihindri oleh penderita asam urat. Makanan larangan untuk penderita asam urat yang perlu dihindari diantaranya adalah:

Makanan yang mengandung banyak purin

Makanan ini misalnya jeroan, hidangan laut (kan sarden, ikan teri, ikan salmon, kerang, bayam, kacang – kacangan, udang, semua yang berhubungan dengan melinjo. Makanan tersebut mengandung tinggi purin yang jika dimakan akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Minuman dengan pemanis buatan, krim dan es krim

Hindari minuman yang mengandung pemanis buatan.

Kopi

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, maksimal 2 gelas per hari.

Alkohol

Hindari mengkonsumsi minuman berakohol, karena hal tersebut dapat memicu tingginy asam urat.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Makanan yang dianjurkan untuk penderitaa asam urat  agar asam urat yang di derita tidak semakin memburuk antara lain:
Pisang
Buah buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, strobery
Susu dan yogurt
Alpukat
Kentang
Teh hijau, brotowali, sidaguri, habbatussauda juga mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

itulah beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala dari asam urat dan jenis makanan larangan untuk penderita asam urat, mau tahu lebih lengkap makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat baca saja di sini sayuran untuk penderita asam urat.  Buat sobat hati hati mengkonsumsi obat radang asam urat yang di jual bebas. hidup sehat tanpa asam urat, keep healthy.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar:

  1. Sakit di betis atas sebelah lutut apakah itu juga asam urat, kadang bangun tidur skit gak bisa di takut

    BalasHapus