By Siti Amini at 12.33 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Mengatasi mual saat hamil. Mual saat hamil muda biasanya terjadi pada kehamilan di trimester pertama atau 3 bulan pertama dan biasanya terjadi pada pagi hari sehingga disebut morning sickness. Pada beberapa ibu hamil rasa mual ini tidak begitu mengganggu dan para ibu masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa, namun untuk sebagian ibu hamil mual ini bisa sangat mengganggu bahkan sang ibu tidak mampu beraktivitas seperti biasa. Mual yang mengganggu seperti ini biasanya disertai dengan muntah, dehidrasi karena kehilangan banyak cairan dan penurunan berat badan, mual yang seperti ini dalam istilah kedokteran disebut hiperemesis gravidarum.

meengatasi mual saat hamil

Morning sicknes yang terjadi pada ibu hamil disebabkan  oleh karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Bila morning sickness  ini sudah sampai tahap hiperemesis gravidarum maka tindakan medis sangat diperlukan. Karena bila muntah berlebih pada ibu selain berbahaya untuk sang ibu itu sendiri juga berbahaya untuk sang bayi yang berada dalam perut ibu.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami
Ada beberapa cara mudah tanpa menggunakan obat untuk mengatasi mual saat hamil yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah. Beberapa cara tersebut antara lain:

1. Makan dalam jumlah sedikit dengan frekuensi sering.
Bila sobat mual hindari makan dengan porsi yang banyak karena hal tersebut akan menambah buruk mual yang terjadi. Makan dengan porsi yang sedikit akan mengurangi rasa enek pada sobat, dan makan dengan frekuensi sering akan membantu mencukupi kebutuhan kalori sobat. Makanlah saat sobat sudah merasa ingin makan, usahakan makanan masih tersaji dalam kondisi yang hangat karena makanan hangat mampu meningkatkan nafsu makan.

2. Hindari langsung berdiri saat bangun tidur
Saat bangun tidur hindari untuk langsung berdiri dan beranjak dari tempat tidur. Usahakan untuk sejenak duduk di tepi tempat tidur sampai tidak merasa pusing. Jika sobat sering merasa mual sediakan makanan kecil seperti biscuit di tepi tempat tidur untuk dimakan saat bangun.

3. Makan makanan tinggi karbohidrat dan protein
Konsumsi buah dan sayuran cukup membantu untuk mengurangi mual, karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit dapat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat yang berfungsi sebagai zat tenaga.

4. Hindari makanan pedas, berlemak dan berminyak
Makanan pedas, berminyak dan berlemak dapat menambah buruk rasa mual sobat.


5. Pemberian vitamin
Vitamin kehamilan sejenis asam folat biasanya dapat menyebabkan mual, tapi kandungan folat tersebut tetap di perlukan oleh ibu hamil.  Vitamin yang bisa di berikan untuk ibu hamil antara lain vitamin B1 dan B6.

6. Pengobatan dengan jahe
Jahe dipercaya mampu mengurangi rasa mual. Sobat dapat minum jahe hangat atau sekedar ngemil permen jahe.

7. Istrahat cukup
Istirahat yang cukup sambil mendengarkan musik dapat merelaxkan pikiran dan membantu mengurangi mual.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi mual saat hamil. Jika mual semakin parah yang disertai dengan muntah yang berlebih segera konsultasikan dengan dengan tenaga kesehatan untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar