By Siti Amini at 15.09 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi akibat penyempitan pada pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah dari otot ke jantung. Serangannya bisa terjadi secara tiba-tiba. Penyempitan ini bisa mengurangi kerja jantung dalam memompa darah, karena saat penyaluran darah tidak terjadi, maka jantung akan berkontraksi kuat dan menyebabkan dinding-dindingnya saling menempel. Pada saat ini jantung merasakan ketegangan yang dahsyat.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

cara mencegah penyakt jantung
Jantung merupakan organ vital dalam tubuh yang mesti dijaga kesehatannya demi mempertahankan daya tahan tubuh. Itu sebabnya hal preventiv perlu disiasati, diantaranya adalah menerapkan pola hidup sehat dalam diri kita, bagi ibu hamil bisa mengurangi konsumsi makanan berlemak, mengurangi rokok (bagi perokok), atau menggunakan masker demi menyaring asap dan debu masuk yang menyebabkan radikal bebas dalam tubuh. Mengurangi depresi/stress yang berlebihan, rutin berolahraga, mengkonsumsi glukosa/gula rendah kalori dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Kesemuanya merupakan langkah preventif mengurangi gejala penyakit jantung.

Berikut langkah cara mencegah penakit jantung secara alami yang bisa dilakukan tanpa merogoh uang banyak. Mari disimak dengan seksama.

1. Jalan kaki minimal 30 menit setiap harinya.

Rutinitas semacam ini bisa mengurangi 30 % kemungkinan serangan jantung, sebab   pada saat kita melakukan olahraga lemak-lemak dalam tubuh akan terbakar dengan    sendirinya. Selain dengan jalan kaki juga bisa dilakukan dengan melakukan aktifitas ringan yang membantu keluarnya keringat. Jalan kaki pulang pergi kan lumayan tuh, selain bisa ngurangi ongkos bensin atau biaya angkot.

2. Mengkonsumsi kacang-kacangan minimal seperempat kilo setiap harinya.

Protein dan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam kacang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi. Kalo dirasa terlalu boros, bisa tuh nanem kacang di pelataran depan kosan. Itung-itung nambah daerah resapan di Jakarta yang semakin gersang ini.

3. Mengkonsumsi saos tomat minimal 10 sendok makan setiap harinya.

Kalium yang terkandung dalam saus tomat mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Minimal saat jantung tidak menerima aliran darah dengan baik kontraksi yang terjadi tidak secepat saat sewajarnya jantung tidak menerima asupan darah. Tapi ingat jangan saus tomat murahan yang dijual botolan jumbo di pasaran.

4. Mengkonsumai strawbery

  Dalam strawbery terdapat kandungan anti peradangan yang bisa mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Agak mahal mungkin kalo yang satu ini. Tapi tidak masalah lah demi kesehatan yang lebih mahal pastinya.

5. Mengkonsumsi Air Rebusan Sukun 

   Dalam daun sukun terdapat flafonoid dan sitosterol yang mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu juga bisa membantu menurunkan kpleaterol dalam tubuh. Cara penggunaannya bisa dilakukan dengan merebus daun sukun dalam 5 liter air yang dibiarkan mendidih dan tersisa setengahnya kemudian tambahkan lagi 5 liter air dan biarkan ia mendidih sampai tersisa setengahnya. Barulah setelah disaring air rebusan bisa dikonsumsi. Bisa juga menggunakan daun sirsak atau manggis.

Itu tadi beberapa tips cara mencegah penyakit jantung. kalau diantara keluarga sobat ada yang sudah menderita penyakit jantung, sobat tidak perlu khawatir cari saja jawabannya di diagnosa dan cara mengobati penyakit jantung terdahsyat.

Sayangi jantungmu dengan pola hidup sehat.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar