By Siti Amini at 07.26 , have 2 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi anak susah makan. Jika si kecil susah sekali di suruh makan, para orang tua terlebih para ibu pasti sangat khawatir dan mencari cara bagaimana agar si kecil mau makan. Karena kekurangan nutrisi bagi si kecil akan berpengaruh pada proses pertumbuhannya.

Di usia yang mulai menginjak usia tahun, si kecil akan mulai memilih – milih makanan yang dia suka. Biasanya anak akan cenderung menghindari sayur yang justru baik untuk pertumbuhannya dan akan lebih menyukai jajanan yang di jual di warung. Lalu bagaimana tips cara mengatasi anak susah makan agar asupan nutrisinya cukup untuk tubuh.

cara mengatasi anak susah makan


Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

Ada beberapa hal yang membuat anak menjadi malas makan diantaranya seperti :

anak sedang cemas

anak mungkin sedang merasa cemas, bisa karena dia sedang sakit atau hal lain seperti berada di lingkungan yang baru yang membuatnya kurang nyaman. Pilek atau batuk bun bisa mempengaruhi nafsu makan anak, sehingga harus segera di atasi, cara mengatasi batuk pilek pada anak sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya baca yuk di cara mengatasi batuk pilek pada bayi dengan aman.

Anak sudah merasa kenyang

Karena anak terlalu sering jajan di warung, hal ini bisa saja membuat anak sudah merasa kenyang dan tentu anak tidak akan nafsu untuk makan. Jajanan yang telah di konsumsi anak dan membuatnya kenyang jangan lantas membuat bunda tenang, karena jajanan di luar belum tentu mempunyai nilai gizi yang sangat di butuhkan anak untuk proses tumbuh kembang.

Rasa ingin tahu yang besar

Rasa ingin tahu anak terhadap dunia luar yang sangat besar akan membuat anak lupa untuk makan. Anak akan lebih menyukai mencari pengalaman baru di lingkungan sekitar yang membuatnya tidak mengingat jam makan.

Itu adalah beberapa hal yang dapat membuat anak menjadi susah makan. Untuk itu bunda perlu suatu cara yang kreatif sebagai langkah cara mengatasi anak susah makan, hal – hal  yang bisa bunda lakukan ada beberapa hal, simak yuk.


Cara Mengatasia Anak Susah Makan

Inilah beberapa tips cara mengatasi anak susah yang makan yang bisa coba bunda praktekkan di rumah.

Cara mengatasi anak susah makan dengan menyajikan makanan dalam porsi kecil

Bunda bisa mencoba untuk menyajikan makanan dalam porsi sediki tapi sering. Mengingat lambung anak yang masih kecil untuk menerima makanan dalam porsi besar. Makanan dengan porsi sedikit akan membuat anak tidak malas untuk makan dan mengurangi rasa jenuh saat makan dan makanan yang di sajikan sering akan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh anak.

Selain untuk mensiasati makan anak, cara ini juga sangat berguna sekali untuk para ibu yang hamil muda karena selalu mual terlebih saat akan makan, sehingga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu dan anak rasa mual harus segera di atasi, bagaimana cara mengatasinya yuk lihat di cara mengatasi mual saat hamil dengan bahan alami.

Cara mengatasi anak susah makan dengan membuat variasi makanan

Bunda bisa mencoba menyajikan makanan dalam banyak pilihan, dan membiarkan anak untuk memilih makanan yang di inginkan dan di sukai. Tentu makanan yang bunda sediakan harus mencukupi gizi seimbang.

Cara mengatasi anak susah makan dengan menyajikan dalam bentuk menarik


cara mengatasi anak susah makan

Sajikan makanan buat anak dalam bentuk yang semenarik mungkin untuk mengambil perhatian anak dan membuat anak mau makan. Makanan bisa bunda letakkan di wadah yang di sukai si kecil, nasi bisaa di cetak menggunakan bentuk yang di sukai si kecil dan bunda juga bisa menambah hiasan agar makanan menjadi semakin menarik.


Cara mengatasi anak susah makan dengan mengurangi jajan di luar

Sebisa mungkin kurangi anak untuk selalu jajan di luar, karena terllalu  banyak jajan akan membuat anak menjadi kenyang sehingga anak akan kehilangan nafsu untuk makan.

Cara mengatasi anak susah makan dengan mengurangi asupan air saat makan

Saat si kecil makan, kurangi frekuensi anank untuk minum, karena lambung si kecil akan penuh oleh air dan membuat anak menjadi tidak nafsu makan.

Buat waktu makan menjadi menyenangkan

Buat agar waktu makan merupakan waktu yang menyenangkan, jangan ancam atau sakiti anak agar mau makan, karena hal itu justru membuat anak berfikir bahwa makan merupakan sesuatu yang menakutkan. Dan juga jangan memberi janji untuk anak agar mau makan.

Buat jadwal makan yang teratur

Dengan membuat jadwal makan ang teratur, akan membuat anak mengetahui waktu untuk makan, dan proses pencernaan anak pun  akan baik. Saat jam makan perut sudah akan merasa lapar sehingga anak mempunyai nafsu untuk makan.

Itulah beberapa tips cara mengatasi anak susah makan. Ingat ya bun makanan di rumah tetap lebih sehat dari pada harus jajan di luar. Jika anak tidak menyukai nasi, buat nasi memnjadi bentuk lain yang dapat di nikmati anak, misal dengan membuatnya menjadi arem – arem, karena nasi tetap lebih baik daripada anak harus mengkonsumsi mie instan. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Arem2 itu dari nasi dikepal isi daging ayam biasanya,dan dibungkus daun pisang. Arem2 yg enak dibuat dengan menanak beras terlebih dahulu dengan santan.

      Hapus