By Siti Amini at 02.37 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi anemia. anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin kurang dari normal yaitu 10-12 g/dl. Anemia ini jika tidak segera di atai dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kita tahu bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan di gunakan untuk metabolisme tubuh. Jika seseorang dalam keadaan anemia yang mana hemoglobin (Hb) kurang dari normal akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari pusing, mengantuk, pingsan bahkan sampai kematian. Oleh karena itu anemia perlu segera di atasi untuk mencegah gangguan pada kesehatan tubuh.

Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya anemia ini. Sobat harus mengenali faktor – faktor yang dapat menyebabkan terjadinya anemia, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit yang satu ini. Ingat kan ada pepatah yang mengatakan kalau mencegah lebih baik dari pada mengobati.

cara mengatasi anemia

Cara Mengobati Penyakit Anemia

Bagaimana cara mengatasi anemia ini. Sebelum kita tahu apa saja tips untuk mengobati penyakit anemia, baiknya kita juga harus tahu penyebab apa saja yang memicu terjadinya anemia ini. Beberapa penyebab anemia antara lain:

Hamil atau mengandung
Saat kondisi hamil, jantung ibu akan memberikan sirkulasi pperedaran darah untuk ibu dan janin. Oleh karena itu tubuh berkompensasi untuk menambah volume darah. Hal ini menyebabkan kadar Hb menjadi turun sehingga terjadi anemia.

Perdarahan
Perdarahan yang terus menerus dan tidak segera di hentikaan akan menyebabkan volume darah menjadi banyak yang hilang. Hal ini juga menyebabkan kadar Hb menurun sehingga menimbulkan anemia. Wanita yang berada di usia subur juga beresiko terkena anemia karena setiap satu bulan sekali mendapatkan menstruasi.

Penyakit
Penyakit seperti thalasemia juga dapat menyebabkan anemia, talasemia merupakan penyakit kelainan darah di mana produksi hemoglobin sangat sedikit.

Itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya anemia. Setelah kita tahu penyebab anemia, sekarang kita cari tahu bagaimana cara mengatasi anemia.



Cara Mengatasi Penyakit Anemia

Ada beberapa cara mengatasi anemia yang bisa sobat praktekkan dan lakukan di rumaah untuk menghindari anemia yang lebih berat. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada beberapa gejala anemia yang wajib sobat ketahui agar dapat mengenali secara dini penyakit anemia ini. Tanda dan gejala anemia antara lain:

  • Mudah lelah
  • Lemah
  • Letih
  • Lesu
  • Pucat
  • Sering mengantuk
  • Konjuntiva terlihat pucat, cara untuk memeriksa nya adalah dengan menekan kebawah kelopak mata sehingga terlihat bagian dalam, jika warnanya pucat kemungkinan besar sobat menderita anemia.

Cara mengatasi anemia:

Cara mengatasi anemia dengan sayuran

Tingkatkan konsumsi sayuran hijau terutama yang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin. Contoh sayuran yang mengandung banyak zat besi antara lain bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis. Tapi sobat juga perlu berhati-hati karena mengkonsumsi brokoli atau kol dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kembung, bagaimana cara mengatasinya silahkan baca di cara cepat mengatasi perut kembung dan masukk angin.

Cara mengatasi anemia dengan buah-buahan

Selain meningkatkan asupan sayuran, sobat juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain apel, anggur, semangka, aprikot., kismis dan buah pulm.

Cara mengatasi anemia dengan konsumsi daging dan seafood

Daging dan seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

Cara mengatasi anemia dengan daun bawang merah

Rebus daun bawang merah bersama dengan sebutir telur. Makan telur dan rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali dalam sehari agar anemia dapat segera sembuh.

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil

Untuk ibu hamil, perhatikan gizi seimbang. Makan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, periksakan kandungan secara rutin, jika perlu asam folat dan tablet tambah darah mungkin diperlukan.

Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi anemia. khusus buat sobat yang setiap bulannya masih mendapatkan tamu, jaga asupan nutrisinya ya, jangan sampai kondisi tubuh menjad drob hanya gara-gara anemia.

baca juga: cara mengatasi bibir hitam dan kering secara alami

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar