By Siti Amini at 05.18 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi bau mulut. Bau mulut bkin kita nggak percaya diri, betul banget kan. Mau ngomong berhadapan sama orang takut kalau bau mulut kita mengganggu orang tersebut. Jadinya ngomong sambil berpaling muka. Duh pasti dikira sombong. Padahal alasan sebenernya karena mulut kita yang bau jadi takut buat ngomong deket – deket ma orang.

Bau mulut emang ngeselin kan, terus bagaimana cara menghilangkan bau mulut itu? Ada nggak sih cara mengatasi bau mulut agar kita jadi merasa percaya diri dan nggak minder lagi. Yuk kita cari tahu bagaimana cara mengatasi bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cara Alami

cara mengatasi bau mulut
Bau mulut dapat timbul karena bakteri dalam mulut kita berkembang dengan sangat cepat, bakteri merubah sisa makanan yang banyak mengandung glukosa dan menghasilkan asam. Asam dalam mulut kita ini selain menimbulkan bau pada mulut karena sisa makanan yang telah di ubah oleh bakteri menjadi membusuk juga berpotensi membuat gigi kia berlubang, gigi berlubang merupakan penyabab utama dari sakit gigi. Kalau sobat penasaran bagaimana cara mengobati gigi yang sakit yuk baca di cara mengatasi sakit gigi dengan cepat dan aman.

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasi bau mulut, kita juga perlu tahu apa saja penyebab bau mulut. Ada beberapa hal yang membuat  mulut kita menjadi bau, yuk kita lihat.

Kebersihan mulut yang tidak di jaga

Pola hidup bersih terutama kebersihan mulut sangat mempengaruhi timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Setelah sobat sarapan pagi dan tidak menggosok gigi atau saat sebelum tidur sobat juga tidak menggosok gigi, bakteri di mulut akan membusukkan sisa – sisa makanan yang ada di sela – sela gigi dan mulut kita, hal itulah yang memicu timbulnya bau mulut.

Memakan makanan yang berbau tidak sedap

Makanan yang mempunyai bau tajam seperti jengkol atau petai juga memicu timbulnya bau mulut. Bau mulut yang di timbulkan karena makan makanan jenis ini mempunyai bau yang khas.

Rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol dapat menghambat produksi air liur dalam mulut kita. Hal ini akan membuat mulut menjadi kering sehingga mulut menjadi bau karena bakteri menyukai lingkungan mulut yang kering sehingga cepat tumbuh.


Bawang putih

Jika terlalu banyak mengkonsumssi bawang putih akan membuat mulut kita mengeluarkan bau yang tidak sedap. Karena bawang putih mengandung sulfur yang telah diketahui menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Selain bau mulut yang tidak sedap, bawang putih juga membuat keringat kita menjadi bau sehingga menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap bisa sobat baca di cara menghilangkan burket secara alami dan mudah.

Gigi berlubang

Kalau gigi sobat berlubang, nggak bisa di tawar lagi pasti bau mulut juga ikut menyertai. Pada gigi yang berlubang, kuman akan tumbuh dengan bebas dan sejahtera di gigi yang berlubang, sehingga bau mulut tidak terelakkan lagi.

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Cepat

Setelah tahu apa saja penyebab timbulnya bau mulut yang tidak sedap, sekarang waktunya kita cari tahu cara mengatasi bau mulut. Kita lihat lagi yuk bagaimana caranya.

Cara menngatasi bau mulut dengan perilaku hidup bersih

Cara paling ampuh mengatasi bau mulut yaitu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau biasa di singkat PHBS. Perilaku hidup bersih dan sehat di sini lebih di titik beratkan pada menjaga kebersihan mulut, yaitu dengan menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi setiap sehabis sarapan dan sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri yang cepat.

Cara menngatasi bau mulut dengan  mengurangi makanan yang memicu bau mulut

Makanan seperti petai, jengkol, bawang putih merupakan penyebab timbulnya bau mulut, kurangi konsumsi makanan tersebut terlebih jika sobat mau menghadiri sebuah acara penting.

Cara menngatasi bau mulut dengan memperbanyak asupan buah buahan

Konsumsi buah yang mengandung banyak air, karena dapat mengatasi produksi air liur yang rendah sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut kita.

Cara menngatasi bau mulut dengan  permen karet

Mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur yang banyak, dengan mengunyah permen karet bakteri dalam mulut akan mati.

Cara mengatasi bau mulut dengan berkumur

Berkumur dapat mengatasi bau yang tidak sedap dari mulut, caranya sobat bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih karena telah diketahui bahwa daun sirih mengandung anti septik yang dapat membunuh bakteri, selain menggunakan daun sirih sobat juga bisa berkumur menggunakan air yang sudah dicampur dengan garam.  Sekarang  di toko – toko sudah banyak di jual mouthwash yang bisa sobat gunakan untuk berkumur tanpa perlu repot – repot membuatnya.

Konsultasi dengan dokter gigi

Konsultasikan dengan dokter gigi jika bau mulut yang timbul karena gigi berlubang, lakukan perawatan gigi agar di tambal atau di cabut.

Itulah beberapa tips cara mengatasi bau mulut dan hal apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya bau mulut. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar