By Siti Amini at 07.30 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi biang keringat pada bayi. Gangguan pada kulit bayi yang paling umum dan paling sering terjadi adalah biang keringat. Biang keringat ini bentuknya seperti bintil kecil-kecil berisi air, berwarna merah dan tersebar banyak di area kulit yang biasanya lembab banyak berkeringat serta tertutup seperti dahi, leher, punggung, lipatan paha, ketiak. Biang keringat ini terasa panas dan gatal, maka dari itu bayi akan rewel jika muncul biang keringat ini.

Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

cara mengatasi biang keringat pada bayi
Biang keringat akan muncul umumnya ketika bayi sedang sakit panas seperti pilek. Hal ini tejadi karena suhu tubuh panas sehingga bayi akan berkeringat yang membuat tubuhnya menjadi lembab. Biang keringat ini muncul karena kelenjar keringat pada bayi tersumbat sehingga keringat tidak dapat keluar dengan bebas. Sebelum mengatasi biang keringatnya, kalau bayi bunda sakit seperti batuk dan pilek, lebih baiknya bunda mengatasi batuk dan pileknya terlebih dahulu. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi batuk pilek pada bayi bisa bunda baca selengkapnya di cara mengatasi batuk pilek pada bayi dengan aman.

Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Cara mengatasi biang keringat pada bayi ataupun balita pada prinsipnya sama. Ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi biang keringat  pada bayi bunda. Cara mengatasi biang keringat pada bayi yang dapat bunda praktekkan antara lain:

Cara mengatasi biang keringat pada bayi dengan minyak telon

Pilih minyak telon yang kandungan minyak kelapanya sekitar 60%. Hal ini bertujuan agar bayi tidak terlalu merasa panas. Oleskan minyak telon merata ke kulit bayi yang muncul biang keringatnya.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi dengan bedak

Bunda dapat menggunakan bedak salicyl atau bedak tabur untuk di oleskan di kulit bayi yang terdapat biang keringat. Untuk bedak salicyl bunda dapat mencampurnya dengan sedikit air seperti penggunaan bedak dingin.



Hindari pakaian yang terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat akan menyulitkan keringat untuk keluar, selain itu pakaian yang terlalu ketat membuat bayi tidak nyaman untuk bergerak.

Perhatikan sirkulasi udara

Usahakan kamar bayi dalam keadaan sejuk dan tidak pana agar kulit bay tidak kepanasan sehingga mengeluarkaan keringat berlebih, berikan juga pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi dengan mandi teratur

Mandikan bayi bunda sebanyak 2 kali dalam sehari. Hal ini untuk menyegarkan tubuh kembali dan menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh bayi.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi biang keringat pada bayi. Kesalahan dalam tekhnik menyusui kadang juga menyebabkan air susu tumpah ke pipi bayi sehingga menimbulkan bintil-bintil merah seperti biang keringat. Agar hal itu tidak terjadi bunda perlu mengetahui teknik menyusui yang benar. Untuk mengetahui teknik menyusui yang tepat, selengkapnya dapat  bunda baca di teknik cara menyusui yang tepat pada bayi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semoga si kecil cepat sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar