By Siti Amini at 08.00 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi cegukan. Cegukan atau dalam bahasa inggris kita menyebutnya hiccups merupakan gangguan pada proses pernafasan. Cegukan merupakan kontraksi dinding dada yang mengalami seperti kejang , hal ini menyebabkan pita suara tertutup sehingga menimbulkan suara hics.hics berulang – ulang.  Cegukan ini walaupun tidak berbahaya tapi harus segera diatasi karena akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

cara mengatai cegukan
Pada bayi biasanya cegukan terjadi karena posisi yang salah saat menyusui. Hal ini terjadi karena saat minum susu, udara akan ikut tertelan ke dalam lambung sehingga  menyebabkan bayi menjadi cegukan. Cara mengatasi cegukan pada bayi pun berbeda dengan cara mengatasi cegukan pada orang dewasa, mengingat umur bayi yang masih sangat kecil, reflek batuk bayi pun juga sangat lemah. Untuk mengatasi cegukan pada bayi selengkapnya bisa sobat baca di cara mengatasi bayi cegukan dengan mudah.

Cara Menyembuhkan Cegukan

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi cegukan, kita cari tahu dulu ya beberapa hal yang dapat menimbulkan cegukan.


Penyebab cegukan diantaranya:


  • Makan dengan porsi yang terlalu banyak
  • Makan terlalu cepat sehingga tersedak
  • Udara terlalu banyak yang masuk bisa karena makan sambil bicara
  • Rokok dan konsumsi alkohol
  • Perubahan suhu perut yang tiba-tiba


Itu tadi beberapa hal penyebab cegukan. Sekarang kita cari tahu yuk cara mengatasi cegukan.

Cara mengatasi cegukan:


  • Ambil kantong plastik, lalu pasang untuk menutupi mulut dan hidung.  Lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan didalam kantong lalu tarik nafas lagi kemudian hembuskan lagi. Lakukan secara berulang-ulang. Hal ini bertujuan agar CO2 di dalam tubuh dapat meningkat. Kekurangan kada karbon dioksida dalam darah dapat menyebabkan cegukan.



  • Minum air putih secara perlahan-lahan sedikit demi sedikit. Agar hasilnya lebih maksimal bisa dilakukan dengan menundukkan kepala

  • Kepala menengadah keatas, kemudian masukkan satu sendok teh gula pasir. Jangan langsung menelan gula tersebut, biarkan gula meleleh oleh air liur. Kemudian baru di telan.

  • Tarik nafas perlahan lalu tahan sekitar 10 detik, kemudian hembuskan seperti bernafas biasa. Lakukan sampai cegukan berhenti.

Itu tadi beberapa cara mengatasi cegukan yang bisa segera sobat lakukan kalau cegukan melanda. Selamat mencoba semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar