By Siti Amini at 08.28 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi darah rendah. Darah rendah atau hipotensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah atas (sistolik) kurang dari 100 mmHg dan darah bawah (diastolik) kurang dari 60 mmHg. Tekanan darah rendah berbeda dengan kondisi kurang darah, walaupun gejala yang timbul hampir sama seperti lemah, letih , lesu mudah mengantuk.


Cara mengatasi darah rendah
Tekanan darah rendah sama halnya dengan tekanan darah tinggi, merupakan gangguan dalam proses pemompaan jantung. Sama seperti pada tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah juga harus segera di atasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari – hari. Sampai saat ini belum ada obat yang di gunakan untuk meningkatkan tekanan darah tinggi. Walaupun tidak ada obat untuk mengatasi hipotensi, namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hipotensi tersebut.

Ciri – Ciri Darah Rendah

Ada beberapa hal yang bisa kita kenali kalau misalnya tensi kita turun. Beberapa gejala tkanan darah rendah tersebut antara lain:


  • Sering pusing telebih daerah tengkuk atau leher belakang
  • Mata berkunang-kunang dan pusing saat tiba-tiba bangun dari duduk
  • Sering mengantuk
  • Berkeringat dingin, pucat
  • Mual, mudah lelah


Jika sobat mengalami gejala seperti diatas kemungkinan tekanan darah sobat lagi ngedrop. Segera periksa tensi darah sobat, kalau tensi darah sobat kurang daro 100/60 mmHg lakukan beberapa tips cara mengatasi darah rendah di bawah ini.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah rendah, hal ini tentu berkebalikan dengan cara mengatasi darah tinggi, untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi darah tinggi baca ya di cara mengobati darah tinggi alami dan aman:

Cara mengatasi darah rendah dengan daging dan hati ayam

Daging dan hati ayam mengandung protein hewani yang berguna meningkatkan tekanan darah, usahakan untuk menyajikan daging atau hati ayam dalam keadaan yang cuup asin. Karena garam juga berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah.

Cara mengatasi darah rendah dengan kopi

Kopi mengandung cafein yang berfungsi untuk meningkatkan kerja denyut jantung. Hal ini juga akan membantu untuk meningkatkan tekanan darah. Usahakan untuk minum kopi 1 cangkir per hari karena terlalu banyak minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Hindari minum kopi menjelang tidur karena akan membuat sobat jadi kesulitan untuk tidur, kalau hal itu sudah terjadi sobat harus tahu trik cara agar cepat tidur selengkapnya baca ya di cara mengatasi susah tidur alami dan aman

Cara mengatasi darah rendah dengan minum air putih

Dehidrasi akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan, hal ini bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Minum cukuo air putih untuk mencegah dehidrasi.

Kurangi konsumsi gula dan alkohol

Mengkonsumsi gula dan alkohol akan membuat tekanan darah sobat tiba-tiba naik. Tekanan darah yang tiba-tiba naik secara drastis akan membuat kepala sobat menjadi pusing dan berkunang-kunag bahkan bisa sampai pingsan. Hindari mengkonsumsi gula terlalu banyak dan alkohol karena bisa menimbulkan efek ang buruk bagi kesehatan.

Cara mengatasi darah rendah dengan lemak nabati

Lemak nabati juga membantu meningkatkan tekanan darah rendah. Konsumsi lemak nabati lebih di rekomendasikan dari  pada lemak hewani karena lemak nabati lebih rendah kolesterol. Di sini yang banyak mengandung lemak nabati antara lain kacang-kacangan dan gandum.

Cara mengatasi darah rendah dengan konsumsi garam

Seperti yang sudah diketahui, garam dapat meningkatkan tekanan darah karena sifat garam yang mengikat air.

Hindari makanan yang dapat menurunkan tekanan darah

Makanan yang dapat menurunkan darah, jika terus sobat konsumsi akan membuat tekanan darah mejadi ngedrop. Apa saja makanan yang bisa menyebabkan tekanan darah turun yuk baca di cara mengobati darah tinggi aman dan mudah.

Itu tadi tips cara mengatasi darah rendah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar