By Siti Amini at 08.17 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi diare. Diare merupakan suatu keadaan dimana kita buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi lembek sampai encer. Diare ini bisa di sebabkan karena bakteri, virus, jamur atau karena makan makanan tertentu misal makanan yang terlalu pedas.

Cara Mengobati Diare

Prinsip mengobati diare yang pertama merupakan pencegahan terhadap dehidrasi. Saat diare cairan tubuh akan banyak yang keluar bersama dengan feses karena konsistens feses yang cair. Dehidrasi bisa sangat berbahaya karena dapat menurunkan kesadaran atau pingssan bahkan bisa berujung kematian jika tidak segera di atas. Gangguan pencernan yang lain selain diare kadang kita juga merasakan sembelit, bagaimana cara mengatasi sembelit baca di cara mengatasi susah buang air besar dengan cara alami.


Bagaimana cara mengatasi diare yang tepat? Karena jika salah obat, diare bukannya sembuh tapi bahkan bisa berakibat penyakit lain. Kita lihat yuk tips tentang cara mengatasi diare.

Perbanyak asupan cairan

Sudah pasti kita harus memperbanyak asupan cairan saat diare melanda, terlebih yang mengandung elektrolit karena air putih biasa hanya mampu mengganti cairan yang hilang namun bukan elektrolit. Untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang kamu bisa menggunakan oralit, atau jika di rumah tidak tersedia oralit yang sudah siap pakai kamu bisa membuatnya sendiri, yaitu lgula dan garam di larutkan dalam air matang hangat kemudian diminum, biasanya disebut larutan gula garam.

cara membuat larutan gula garam

untuk membuat larutan gula garam sebagai pengganti cairan dan elektrolit cukup tambahankan 1/4 sendok teh garam , lalu tambahkan 4 sendok teh gula pasir, campur dengan 200 ml air hangat.

Cara mengatasi diare dengan jambu klutuk

Bahan yang perlu di persiapkan untuk membuat ramuan ini antara lain:
Pupus daun jambu klutuk yang masih muda 3 pupu
Garam secukupnya
Air matang 2 sdm

Cara membuat:
Cuci pupus jambu sampai bersih kemudian haluskan. Campurkan sedikit garam lalu tambahkan 2 sendok makan air matang. Ramuan ini dapat diminum setiap kali diare cukup 1 sendok makan.

Cara mengatasi diare dengan sawo muda

Bahan yang perlu dipersiapkan:
Buah sawo yang masih muda 1 biji
Garam
Air matang secukupnya

Cara membuat:
Cuci bersih buah sawo yang masih muda, kemudian haluskan. Tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur sempurna kemudian saring, minum ramuan ini hingga diare mulai berhenti.



Cara mengatasi diare dengan daun jambu biji

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:
Daun jambu biji muda 6 lembar
Air matang 1 gelas

Cara membuat:
Cuci bersih daun jambu biji tadi, kemudian haluskan. Tambahkan 1 gelas air matang. Peras ramuan yang sudah di campur tadi. Minum ramuan tersebut sampai diare berhenti.

Hindari makanan berserat

Sayuran memang baik, tapi selama diare hindari sayuran yang mengandung banyak serat seperti kol, brokoli, kacang - kacangan. Hindari juga makan agar – agar walaupun lembek, agar – agar mempunyai serat yang tinggi sehingga tidak baik di konsumsi saat diare. Hindari juga buah jeruk, karena jeruk juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat.

Hindari minum kopi dan alkohol

Kopi dan alkohl akan memicu pengeluaran cairan, hal ini dapat memperburuk diare. Untuk sementara waktu bisa di ganti dengan teh hitam, teh dapat membantu menenangkan pencernaan yang sedang bermasalah. Selama diare hindari juga minum susu. Minum kopi di malam hari juga harus di hindari, tidak hanya saat diare, karena minum kopi menjelang tidur akan membuat kita menjadi susah tidur. Mengapa demikian? bagaimana cara mengatasi  susah tidur baca selengkapnya di cara mengatasi susah tidur alami dan mudah.

Itulah beberapa tips cara mengatasi diare. Silahkan mencoba dan semoga lekas sembuh. Jika diare tidak segera sembuh segera datang ke tenaga kesehatan untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar