By Siti Amini at 07.51 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi hidung mampet. Kebayang nggak saat hidung kita mampet, bernafas suah, suara jadi aneh udah gitu kadang walaupun mampet hidung masih tetap saja meler. Duh nyiksa banget yah. Masih mending kalau mampetnya Cuma sebelah. Kalau dua-duanya mampet itu bakal ngerepotin banget, yang pasti proses pernaasan kita harus digantikan oleh mulut. Jadinya kita hampir mirip kayak ikan yang mulutnya mangap-mangap. Lebih nyakitin lagi kalau pas tidur, mau posisi kayak apapun akan tetap menyusahkan untuk bernafas.

cara mengatasi hidung mampet
Hidung mampet biasanya sering terjadi saat kita sedang pilek. Saat pilek selain hidung kita mampet, umunya disertai dengan kepala pusing dan sakit tenggorokan. Dua gejala ini juga cukup menyiksa sama seperti kalau hidung kita mampet, untuk mengatasi sakit kepala yang sangat mengganggu aktivitas kita ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan selengkapnya baca di cara mengatasi sakit kepala alami tanpa obat. Sakit tenggorokan juga sama mengganggunya, karena kalau tenggorokan kita sakit semua jadi serba nggak enak termasuk makan, untuk mengatasi sakit tenggorokan ini bisa sobat baca di cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan aman.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Pada Anak atau Bayi

Pada anak atau terutama bayi hidung mampet biasanya terjadi saat pilek. Untuk mengatasi hidung mampet yang disebabkan oleh pilek pada bayi tentu memerlukan penanganan yang harus lebih cepat mengingat bayi belumbisa mengeluarkan ingusnya sendiri dan juga bayi belum bisa optimal saat bernafas menggunakan mulut. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung mampet pada bayi karena pilek bisa sobat baca selengkapnya di cara mengatasi batuk pilek pada bayi dengan aman.

Cara Mengatasi Hidung Mampet

Saat tidur atau saat beraktivitas hidung mampet sama-sama akan menyiksa. Untuk mengatasinya ada beberapa tips atau cara yng bisa sobat lakukan di rumah karena tipsnya cukup mudah untuk di praktekkan. Tips cara mengatasi hidung mampet:

Cara mengatasi hidung mampet dengan uap air panas

Cara mengatasi hidung mampet
Sobat bisa menaruh uap air panas di dalam mangkok atau wadah apapun, letakkan kepala sobat di dekat air panas tersebut. Tutup menggunakan haduk agar uap  tidak melebar kemana-mana. Hirup uap air panas sampai sobat merasa lega. Untuk hasil lebih optimal tambahkan miyak kayu putih.

Cara mengatasi hidung mampet dengan kompres hangat

Kompres menggunakan air hangat di daerah sekitar hidung. kompres mulai dari batang hidung kemudian turun ke pipi lakukan berulang-ulang. Gunakan handuk dengan air panas. Jika handuk mulai dingin basahi kembali dengan air panas. Kompres hangat akan membantu mengencerkan ingus yang ada di dalam.

Cara mengatasi hidung mampet dengan menghirup minyak angin

Minyak angi seperti minyak kayu putih dan juga inhaller mengandung menthol, eucalyptus, dan kamper yang bermanfaat untuk mengurangi hidung mampet.



Cara mengatasi hidung mampet dengan tidur posisi setengah duduk

Saat sobat tdur usahakan agar kepala lebih tinggi. Sobat bisa menambahkan 2 bantal untuk tidur agar posisi kepala bisa 45 derajat. Saat kepala lebih tinggi akan mengurangi penumpukan aliran darah di hidung sehingga mampu mengurangi hidung mampet. Sesuai dengan hukum gravitasi.

Cara mengatasi hidung mampet dengan makanan pedas

Makanan pedas akan membuat ingus menjadi encer sehingga mudah untuk dikeluarkan. Tapi sobat juga harus berhati-hati karena makanan yang pedas akan memicu peningkatan gerak peristaltik usus sehinggga dapat menyebabkan diare. Bagaimana kalau kita sudah terlanjur diare? Tips untuk mengatasi diare selengkapnya bisa sobat baca di cara mengatasi diare dengan aman dan mudah.

Jangan membuang ingus terlalu kuat

Saat pilek dan hidung tersumbat sobat pasti akan mengeluarkan ingus dengan kuat karena ingus susah keluar. Namun hal ini justru salah, karena saat sobat membuang ingus terlalu kuat lapisan dinding hidung akan terluka dan meradang. Peradangan ini dapat membuat lapisan hidung membengkak dan justru memperparah hidung yang mampet. Sobat cukup membuang ingus dengan lembut bergantian antara hdung yang satu dengan yang lain.

Cara mengatasi hidung mampet dengan minum jeruk hangat

Dengan minumjeruk hangat akan membantu mengencerkan ingus yang membuat hidung tersumbat. Selain itu jeruk mengandung vitamin C yang bik untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih cepat untuk kembali sehat lagi.

Nah itu tadi berbagai tips tentang cara mengatasi hidung mampet. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi air minimal 1,5 liter atau 8 gelas per hari. Selamat mencoba, semoga lekas sembuh. Jika sakit berlanjut hubungi dokter.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar