By Siti Amini at 05.10 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara menghilangkan ketombe. Ketombe merupakan gangguan pada kulit kepala yang paling sering terjadi. Ketombe bisa di bilang sangat mengganggu, karena selain ketombe menghasilkan serbuk putih yang bisa rontok kemana – mana, ketombe juga menimbulkan rasa yang sangat gatal sehingga membuat kita sering menggaruk kulit kepala.

Menggaruk kulit kepala selain sangat mengganggu dan cukup membuat malu, juga bisa membuat kulit kepala terjadi iritasi dan malah bisa menimbulkan infeksi. Sebenarnya kenapa sih ketombe bisa terjadi?

Cara Mengatasi Ketombe Membandel

Sebelum kita tahu cara mengatasi ketombe, kita cari tahu dulu yuk bagaimana ketombe bisa terjadi dan apa saja yang menyebabkan timbulnya ketombe pada kulit kepala.sebenarnya ketombe merupakan hal yang wajar terjadi, karena ketombe merupakan hasil dari pengeupasan sel kulit tanduk di kepala untuk meregenerasi sel baru. Ketombe yang membuat kita gatal adalah jenis ketombe yang tidak normal, ketombe yang seperti ini bisa terjadi karena beberapa hal antara lain kulit kepala yang kotor, kulit kepala yang berminyak, keringat berlebih terutama pada kulit kepala, kebersihan kulit kepala yang tidak terawat, salah produk shampoo.

Cara Mengatasi Ketombe pada Rambut

Setelah kita tahu pennyebab ketombe muncul di kepala kita, sekarang kita cari tahu cara mengatasi ketombe di rambut. Beberapa cara mulai dari yaang menggunakan bahan alami sampai menggunakan produk dari pabrik akan kita bahas di sini. Untuk menggunakan bahan alami sebagai pilihan cara mengatasi ketombe memang cukupp diminati, di sampng ramah di kantong tapi juga ramah lingkungan tapi kekurangannya memang lebih ribet. Yuk kita lihat bagaimana cara mengatasi ketombe.

Cara mengatasi ketombe dengan jeruk nipis

Jeruk nipis yang kaya dengan vitamin C ini juga bermanfaat sebagai cara mengatasi ketombe. Caranya cukup mudah, pertama ambil 2 buah jeruk nipis. Lalu cuci bersih kemudian potong di tengahnya. Gunakan potongan jeruk nipis tadi untuk menggosok kulit kepala secara menyeluruh. Saat di gosokkan pijat perlahan kulit  kepala. Diamkan sekitar 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Jeruk nipis selain berfungsi menghilangkan  ketombe ternyata juga berfungsi untuk mencerahkan wajah secara alami, bagaimana caranya baca yuk di pemutih wajah alami dari bahan tradisional.

Cara mengatasi ketombe dengan lidah buaya

``Lidah buaya, si tanaman yang kaya manfaat ini juga berguna untuk mengatasi ketombe yang membandel. Caranya yaitu ambil lidah buaya yang masih segar secukupnya. Cuci sampai bersih lalu patahkan lidah buaya dan pencet sampai keluar jel lidh buaya. Gunakan jel tersebut untuk mengoles kulit kepala. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu 2 – 3 kali.


Cara mengatasi ketombe dengan merang
Pernah dengar merang sebagai salah satu cara mengatasi ketombe. Merang merupakan tangkai dari bulir padi. Padi mengandung banyak protein, lemak, kalsium, vitamin B dan fosfor. Untuk menggunakan merang sebagai cara mengatasi ketombe bahan yang perlu sobat persiapkan antara lain 1 genggam merang, 2 gram daun pegagan. Cara embuatnya yaitu  merang dibakar kemudian direndam dalam air, remas merang sampai hancur lalu diamkan selama 1 malam. Daun pegagan di haluskan kemudian campurkan dengan air merang tadi, gunakan aiir campuran itu untuk keramas dan tidak perlu menggunakan shampo.

Cara mengatasi ketombe dengan daun pandan
Untuk menggunakan daun pandan sebagai cara mengatasi ketombe, bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:
Daun pandan 7 lembar
Air matang 100ml

Cara membuat:
Cuci bersih daun pandan lalu haluskan, perlahan – lahan tambahkan air matang. Kemudian usapkan air pandan tersebut kekulit kepala secara menyeluruh sambil di pijat perlahan, diamkan sekitar 30 menit dan yang terakhir bilas dengan keramas menggunakan shampoo.

Ganti shampoo
cara mengatasi ketombe
Jika ketombe timbul karena salh produk shampo, segera ganti shampoo sobat. Karena dengan memakai shampoo yang tidak cocok dengan jenis kulit kepala akan memperparah terjadinya ketombe. Sebaiknya pilih shampoo yang khusus anti dandruff atau anti ketombe. Jika di rasa perlu menggunakan konditioner jangan usapkan konditioner ke kulut kepala karena hal ini akan memicu kulit kepala menjadi lembab sehingga ketombe akan kembali muncul.

Itulah beberapa tips cara mengatasi ketombe. Selain ketombe kadang kita juga bermasalah dengan rambut kering dan kusam, untuk mengatasi rambut kering dan kusam bisa sobat baca di cara mengatasi rambut kering dan kusam dengan mudah.

Baca juga:

Cara Mudah Merawat Rambut Rebonding Agar Tahan Lama

9 Cara Alami Merawat dan Mengatasi Uban Dengan Mudah

Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar