By Siti Amini at 13.04 , have 5 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi ngantuk. Mengantuk adalah penyakit yang menular, pernah denger statment itu? Sebenernya pernyataan itu nggak sepenuhnya salah tapi juga nggak sepenuhnya benar. Mengantuk itu bukanlah suatu penyakit, melainkan respon tubuh karena penurunan oksigen di otak. Dan mengantuk disebut menular karena kalau temen kita ngantuk, pasti bawaannya kita juga akan ikut ngantuk, jadi sebenarnya bukan tertular ngantuk melainkan respon tubuh kita sendiri.

Melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi terlalu lama misal saat belaja, bekerja atau mengendarai motor ngantuk selalu menjadi masalah utama.rasa ngantuk yang timbul disaat-saat seperti itu tentu sangat mengganggu terlebih saat berkendara, mengantuk sangat membahayakan. Bahkan pak polisi pun sudah memberikan himbauan agar beristirahat sejenak saat mengantuk karena mengantuk merupakan penyebab utama dari kecelakaan.

cara mengatasi ngantuk

Cara Mengatasi Ngantuk Berlebihan

Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi ngantuk, nggak ada salahnya kalau kita juga mencari tahu hal – hal apa saja yang dapat menyebabkan kantuk ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kantuk:

Kurang olahraga
Olahraga yang cukup akan membuat badan menjadi segar dan juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Tubuh yang lemas, tidak berenergi bisa juga disebabkan karena kurangnya olahraga, namun melakukan olahraga terlalu berat pun juga akan menjadikan tubuh kelelahan yang akan memicu rasa kantuk.

Terlalu kenyang
Terlalu banyak asupan karbohidrat juga bisa menyebabkan kantuk, setiap kali sobat makan kekenyangan sudah dipastikan sobat akan merasa ngantuk.

Konsentrasi dan kegiatan yang monoton
Berkonsentrasi dan juga melakukan kegiatan yang monoton akan membuat otak merasa jenuh, sealin itu konsentrasi yang berlebih jjuga bisa membuat kadar oksigen dalam darah ikut turun.

Anemia
Penyakit yang satu ini juga dapat mempengaruhi rasa ngantuk. anemia merupakan suatu penyakit dimana zat besi kurang dari normal sehingga oksigen yang diankut oleh sel darah merah tidak cukup untuk menyuplai otak, hal ini juga bisa memicu timbulnya rasa ngantuk.


Diabetes
Penyakit diabetes atau kemcing manis ini juga dapat memicu timbulnya rasa ngantuk. pada orang yang menderita diabetes, akan cenderung merasa lemas dan mengantuk karena kekurangan energi. Hal ini terjadi karena gula yang merupakan sumber energi tidak bisa diserap oleh tubuh. Diabetes merupakan penyakit yang belum ditemukan obatnya, namun kita tetap bisa hidup sehat dengan diabetes, seperti apa caranya baca yuk di cara mengatasi diabetes alami tanpa obat.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

Setelah tahu penyebab mengantuk, sekarang kita cari tahu cara mengatasi ngantuk tersebut. Yang pertama kita bahas adalah cara mengatasi ngantuk saat belajar.

Cara mengatasi ngantuk sambil ngemil

Agar otak tidak monoton selalu terpusat konsentrasinya pada buku pelajaran yang kita hadapi, selingi dengan sedikit camilan. Dengan mengkonnsumsi sediikit camilan akan membuat otak tidak terfokus hanya pada buku pelajaran.

Cara mengatasi ngantuk dengan belajar tidak monoton

Jangan hanya belajar satu mata pelajaran untuk waktu yang cukup lama karena akan membuat otak merasa bosan. Ganti dengan pelajaran baru yang lebih ringan.

Cara mengatasi ngantuk dengan olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan dengan berjalan-jaln keluar sebentar sambil melihat pemandangan yang hijau. Hal ini akan membuat otak kembali rileks.

Cara mengatasi ngantuk mengatur posisi

Atur posisi dan ubah posisi senyaman mungkin agar sobat tidak merasa lelah dan bosan.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Bekerja

Mengantuk saat bekerja juga dapat mengganggu, pekerjaan tidak selesai karena kita selalu merasa ngantuk. Bagaimana mengatasinya, lihat yuk.


Cara mengatasi ngantuk dengan olahraga ringan

Lakukan sedikit olahraga ringan saat sobat mulai merasa mengantuk dan bosan dengan rutiitas kerjaan agar sobat tidak merasa ngantuk. gerakan olahraga bisa sobat lakukan misalnya dengan berjalan kecil, meregangkan badan.

Cara mengatasi ngantuk dengan melihat pemandanagan hijau

Sobat bisa melihat pemandangan hijau yang ada di luar jendela. Dengan melihat pemandangan hijau diluar akan membuat pikiran kembali menjadi fresh.

Cara mengatasi ngantuk dengan minum cukup air

Dehidrasi dapat menyebabkan rasa ngantuk, karena itu minum cukup air putih akan membantu mengatasi rasa ngantuk. sobat juga bisa menggganti dengan makan buah yang mengandung banyak air.

Cara mengatasi ngantuk minum kopi

Tentu sudah tidak aneh dengan hal yang satu ini, cafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kerja jantung. Hal ini dapat membantu kita mengurangi rasa ngantuk.

Nah itu tadi beberapa tips cara mengatasi ngantuk. selamat mencoba semoga berhasil.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

5 komentar:

  1. Good. sangat bermanfaat :)
    ka tolong bantu komen blog sya dong buat penilaian sekolah. makasih:)

    BalasHapus

































































































































































































































































































































































































  2. Bermangpat banget ni.....al'y saya kerja'y mlm terus.....mks ea buat tips'y. Sukses selalu..










    BalasHapus