By Siti Amini at 07.47 , have 2 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi nyeri haid. Haid atau menstruasi normal di alami oleh wanita usia subur. Siklus menstruasi pada wanita tidaklah sama tapi rata – rata setiap satu siklus berjarak satu bulan. Masa haid paling pendek 1 hari dan paling lama 15 hari. Setelah 15 hari tapi menstrusai belum sembuh, segera hubungi tenaga medis untuk pertolongan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Hari Pertama

Nyeri haid atau dalam bahasa medis disebut disminore merupakan hal yang wajar di alami, mengingat saat haid terjadi perlukaan pada dinding rahim untuk mengeluarkan sel telur yang menempel pada dinding rahim.

Disminore atau nyeri haid pada seseorang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada yang hanya nyeri sedikit tapi ada juga yang merasakan nyeri begitu hebat bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari – hari. Saat haid nyeri yang di rasakan menjalar ke seluruh peruh, terlebih perut bagian bawah kadang di sertai mulas, dan ada beberapa wanita yang mengalami diare dan ada juga yang mengalami sembelit. Satu lagi yang pasti saat haid datang entah kenapa emosi wanita susah untuk di kendalikan, wanita akan mudah tersinggung dan cepat marah pada saat haid di banding saat – saat  hari biasa.


Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Nyeri haid memang mengganggu, tapi jangan buru – buru minum obat sebagai pilihan cara mengatasi nyeri haid ya. Nyeri pada saat haid terlebih hari pertama dapat di atasi dengan beberapa tips alami, tips – tips sebagai cara mengatasi nyeri haid antara lain:

Cara mengatasi nyeri haid dengan kompres hangat

Saat nyeri haid, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres hangat, taruh air hangat ( panas bisa di atur sesuai selera) di dalam botol lalu letakkan di bagian perut yang sakit. Tekhnik ini merupakan tekhnik relaksasi untuk mengatasi nyeri.

Cara mengatasi nyeri haid dengan pisang

Pisang mampu mengurangi nyeri saat haid, perbanyak konsumsi pisang menjelang hari – hai akan datang bulan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Cara mengatasi nyeri haid dengan diet

Diet yang dimaksud di sini bukan diet yang mengatur pola makan agar mendapatkan berat badan yang ideal, diet di sini lebih ditujukan pada pengaturan pola makan. Saat sedang haid usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung cafein, alkoho, gula dan soda. Saat haid perbanyak konsumsi buah terlebih yang banyak mengandung magnesium, kalsium dan zinc.



Perbanyak konsumsi zat besi

Saat menstruasi, darah akan banyak yang keluar, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari anemia. Makanan yang mengandung banyak zat besi diantaranya sayur bayam, kacang – kacangan, ubi rambat merah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi menstruasi, selain nyeri haid sebagian wanita pasti juga mngalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Lalu bagaimana cara mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur baca yuk di cara mengatasi haid tidak teratur dengan bahan alami.

Ceritakan pengalamanmu dalam menghadapi dissminore, biar temen – temen yang lain juga pada tahu. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

2 komentar:

  1. Artikelnya mantabh..
    Sekedar sharing, ketika sedang haid saya mengalami sakit perut atau disminore yang begitu hebat. Disertai dengan keringay dingin.
    Hal yang saya lakukan adalah dengan memijat jari jempol kaki secara bergantian. Alhamdulillah berkurang. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus