By Siti Amini at 06.37 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi penyakit jantung. Saat ini penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Perubahan gaya hidup yang diiringi oleh perubahan pola makan, dimana pada zaman modern seperti sekarang ini telah banyak tersedia aneka jenis makanan cepat saji yang dapat dijumpai dimana saja dan kapan saja. Makanan berlemak, gorengan, daging – dagingan, seafood, sangat menggiurkan untuk dimakan bukan? Hampir setiap hari, setiap orang pasti tidak luput menyantap berbagai olahan makanan tersebut. Sehingga terkadang tanpa mereka sadari mereka telah menabung untuk datangnya berbagai penyakit, terutama penyakit jantung.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

cara mengatasi penyakit jantung koroner
Penyakit yang sering terjadi pada jantung adalah penyakit jantung koroner (PJK). Penyakit ini disebabkan karena terhalangnya aliran darah di pembuluh arteri koroner (arterosklerosis) yang menyuplai oksigen dan nutrisi untuk menggerakkan jantung atau dengan disertai atau tanpa adanya kejang (spasme) pada jantung. Terdapat beberapa klasifikasi penyakit jantung coroner:

1. Asimtomatik (Silent Myocardial Ischemia)
Pada jenis ini penderita tidak pernah mengeluh adanya nyeri dada pada saat beraktivitas maupun beristirahat

2. Angina pectoris
Jenis PJK ini terdapat dua macam, yaitu angina pectoris stabil dan angina pectoris tidak stabil. Pada angina pectoris stabil terdapat nyeri dadasaat melakukan aktivitas berlangsung selama 1 – 5 menit dan hilang saat istirahat. Nyeri dada berlangsung lebih dari 2 bulan, rasa nyeri seperti tertekan benda berat atau terasa panas menjalar ke lengan kiri, leher, dagu, punggung dan jarang menjalar ke lengan kanan. Hampir sama dengan angina pectoris stabil, namun pada angina pectoris tidak stabil lebih bersifat progresif dengan frekuensi meningkat dan sering terjadi pada saat istirahat.

3. Infark miokard akut
Nyeri dada seperti tertekan, teremas, berat dan terasa panas. Hal ini berlangsung > 30 menit atau bahkan bisa berjam – jam.

Faktor pemicu penyakit jantung antara lain:
1. Hipertensi
Meningkatnya tekanan darah dapat menjadi beban kerja bagi otot jantung. Selain itu hipertensi dapat mempermudah terjadinya penyumbatan pembuluh darah (arterosklerosis) arteri koronaria. Hal ini memicu terjadinya angina pectoris dan infark miokardium. Untuk sobat yang sudah terlanjur mempunyai tekanan darah tinggi ini nggak perlu khawatir, karena gejala hipertens dapat dikurangi. Bagaimana cara mengatasi hipertensi, baca saja di cara mengobati darah tinggi alami dan aman.

2. Kolesterol tinggi
Sering konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak memicu penebalan dinding pembuluh darah arteri. Penyempitan pembuluh darah menyebabkan aliran darah menjadi lambat sehingga suplai oksigen ke jantung menjadi berkurang. Kurangnya oksigen dalam jantung menyebabkan otot jantung menjadi lemah, sakit dada, serangan jantung bahkan kematian.


3. Merokok
Efek rokok adalah menyebabkan beban jantung bertambah akibat rangsangan oleh zat yang ada di dalam rokok dan menurunnya konsumsi oksigen karena masuknya karbondioksida ke dalam aliran darah pada saat seseorang menghisap rokok. Makin banyak jumlah rokok yang dihisap maka kolesterol baik di dalam tubuh menjadi turun.

4. Umur dan jenis kelamin
Kasus kematian akibat jantung sebagian besar dialami oleh laki – laki umur 35 – 44 tahun dan meningkat dengan bertambahnya umur. Kadar kolesterol laki – laki maupun perempuan akan meningkat setelah umur 20 tahun. Pada laki – laki kadar kolesterol akan meningkat sampai umur 50 tahun dan akan turun sedikit kadarnya setelah umur 50 tahun. Sedangkan pada perempuan kadar kolesterol perempuan sebelum menopous lebih rendah dibandingkan dengan laki – laki pada umur yang sama, namun setelah mengalami menopous kadar kolesterol perempuan akan meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan laki – laki. Tetapi secara keseluruhan laki – laki mempunayi resiko menderita penyakit jantung coroner (PJK) 2-3x lebih besar dibandingkan perempuan.

5. Makanan sehari – hari
Salah satu hal sepele namun susah untuk diatur adalah jenis asupan makanan setiap hari. Makanan berlemak, kolesterol tinggi hampir setiap hari dijumpai atau bahkan tanpa sadar kita sering mengkonsumsinya. Katakanlah makanan sejenis gorengan yang mengandung minyak yang terkadang apabila kita membeli makanan gorengan di luar kita tidak tahu sudah berapa kali minyak gorengnya dipakai untuk menggoreng.

Semakin sering dipakai maka semakin tinggi kadar kejenuhan minyak goreng tersebut dan jelas tidak baik untuk kesehatan jantung. Makanan dengan kadar lemak tinggi misalnya daging berlemak, daging bebek serta kolesterol tinggi seperti kepiting, udang, telor puyuh, jeroan (otak, hati, usus dan lain sebagainya) seharusnya tidak dikonsumsi terlalu sering. Jika seseorang sudah didiagnosis penyakit jantung atau mempunyai riwayat penyakit jantung maka sebaiknya makanan tersebut dihindari.

6. Obesitas 
Orang yang menalami obesitas biasanya juga didapati mengalami hipertensi, diabetes dan tingginya kolesterol. Risiko penyakit jantung meningkat bila berat badan melebihi 20% dari berat badan ideal.

7. Keturunan
Hipertensi dan kolesterol tinggi dipengaruhi juga oleh faktor keturunan. Seorang yang di keluarganya ada yang menderita hipertensi atau kolesterol tinggi maka akan sulit menurunkan kadar kolesterolnya walaupun dengan melakukan diet rendah kolesterol dan lemak jenuh. sedangkan sebagian kecil seseorang yang tidak mempunyai riwayat hipertensi atau kolesterol tinggi di keluarganya walaupun makanan sehari – harinya tinggi lemak jenuh dan kolesterol ternyata kadar kolesterol darahnya rendah.

Cara Mengatasi Penyakit Jantung Secara Alami

Pengobatan penyakit jantung secara alami banyak dilakukan dengan mengkonsumsi tanaman herbal yang berkhasiat. Ada beberapa tanaman yang digunakan untuk terapi pengobatan penyakit jantung, diantarnya adalah:

Cara mengatasi penyakit jantung dengan Kulit manggis.

Kulit manggis memiliki khasiat diantaranya yaitu mampu memperkuat dan melebarkan pembuluh darah, menurunkan kadar koleseterol jahat serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan daun sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan zat yang bekerja untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menekan aktifitas jantung. Daun sirsak dapat melebarkan pembuluh darah yang tersumbat.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan bawang putih

Bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu dapur di Indonesia. Konsumsi bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat batu yang membandel. Bagaimana caranya yuk baca di cara mengatasi jerawat batu secara mudah tanpa obat.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan mengkudu

Mengkudu memang mempunyai aroma dan rasa yang kurang sedap. Namun buah ini sangat berkhasiat untuk menurunkan hipertensi yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Mengkudu mengandung senyawa scopoletin yang berfungsi untuk menstabilkan dan mengoptimalkan tekanan darah.

Mengkudu dapat dikonsumsi berupa jus buah mengkudu. Jus buah mengkudu membantu menormalkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi jus buah mengkudu 1-2 kali dalam seminggu mampu menjaga kesehatan jantung dan mengoptimalkan tekanan darah dalam batasan normal.

Selain sebagai cara mengatasi penyakit jantung, meengkudu jug bisa digunakan untuk mengatasi diabetes atau kencing manis, selengkapnya baca saja di cara mengatasi diabetes secara alami.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan daun sukun

Daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan menghambat akumulasi dinding pembuluh aorta. Cukup sediakan 1 lembar daun sukun yang sudah tua dan 5 gelas air putih. Cuci bersih daun lalu rebus bersama dengan 5 gelas air putih. Biarkan air rebusan hingga tersisa setengahnya, angkat lalu saring. Ambnil setengah gelas ramuan lalu tambahkan air matang hingga menjadi satu gelas. Minum ramuan tersebut satu kali sehari.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan mahkota dewa

Mahkota dewa dikenal sebagai ramuan herbal untuk mengatasi jantung coroner. Cara membuat ramuan mahkota dewa adalah sebagai berikut: sediakan beberapa lembar daun mahkota dewa yang masih segar dan 200 ml air. Cuci daun mahkota dewa dan rebus ke dalam air hingga mendidih. Saring air rebusan dan tunggu hingga dingin. Minumlah 2 kali setiap hari.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan ikan

Ikan banyak mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan hjantung. Omega-3 mampu mengurangi peradangan dan risiko pembekuan darah. Selain itu omega-3 berfungsi untuk menjaga kolesterol dalam darah. Ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden yang dikonsumsi minimal 2 kali seminggu bagus untuk mengatasi penyakit jantung.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak tak jenuh pada kacang kedelai mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh nadi dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan bayam

Sayur bayam bisa dijumpai dimana saja. Bayam mengandung betaine yang baik untuk obat penyakit jantung. Selain bayam, konsumsi sayuran hijau lainnya sangat dianjurkan. Setidaknya makanlah sayuran hijau 2 jenis setiap harinya untuk memperkecil risiko penyakit jantung.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan buah-buahan

Untuk menjaga kesehatan jantung setiap harinya, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan seperi buah jeruk, alpukat, kacang almond, anggur, apel dan buah kiwi. Buah jeruk mengandung vitamin C dan hesperidin yang mampu menurunkan tekanan darah diastolic dan meningkatkan fungsi dindig pembuluh darah. Alpukat menfandung kalium dan natrium yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol darah. Kacang almond mengandung omega-3, vitamin E, magnesium, folat dan serta yang dapat menurnkan kolesterol darah. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam buah anggur merah dan ungu berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan sel – sel yang melapisi pembuluh darah.

Buah apel yang terkenal banyak mengandung antioksidan baik untuk jantung karena dapat menurunkan kolesterol jahat. Buah kiwi kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan elastisitas serta kekuatan pembukuh darah.

Cara mengatasi penyakit jantung dengan berolahraga

Olah raga sangat baik untuk kesehatan. Dalam menjaga kesehatan jantung lebih baik jika Anda melakukan jenis olahraga aerobic yang melibatkan cara kerja jantung. Ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Jalan kaki
Jalan kaki merupakan jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Luangkan waktu Anda untuk berjalan kaki setidaknya 20-30 menit sehari.

Jogging 
Melakukan jogging setiap harimembantu memelihara kesehatan tubuh. Jogging membuat organ jantung berdetak lebih cepat dalam memompa darah dan juga untuk melatih otot jantung menjadi lebih kuat. Jogginglah sebanyak 3-5 kali seminggu.

Berenang
Berenang secara rutin minimal tiga kali seminggu dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan jantung.

Bersepeda
Bersepeda 3 kali dalam seminggumembantu menjaga kebugaran tubuh dan kesehtan jantung.

Nah itu tadi beberapa tips cara mengatasi penyakit jantung, semoga bermanfaat.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar