By Siti Amini at 06.58 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi perut kembung. Perut kembung atau begah membuat rasa tidaknyaman pada yang bersangkutan. Terlebih jika selalu membuat orang tersebut kentuk. Duh pati malu kan? Perut kembung biasanya disebabkan karena terlalu banyak udara yang terperangkap dalam sistem pencernaan sehingga menimbukan rasa yang tidak enak di dalam perut.

Perut kembung biasanya selalu di identikkan dengan masuk angin, padahal belum tentu kalau perut kembung itu masuk angin. Walaupun berbeda tapi cara mengatasinya tidak jauh berbeda. Bagaimana cara mengatasi masuk angin yuk baca di cara mengatasi masuk angin dengan cepat dan aman.

Cara mengobati perut kembung

cara mengatasi perut kembung
Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung, sebelumnya kita juga harus tahu apa saja penyebab perut menjadi kembung, sehingga nanti kita dapat menghindari hal-hal yang dapat membuat perut menjadi kembung. Beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung antara lain:


Udara yang masuk kelambung

Udara yang ikut tertelan bersama makanan akan menyebabkan perut menjadi kembung. Terlebih jika pada bayi, saalah posisi menyusui akan menyebabkan bayi menelan bayak udara bersamaan dengan menelan air susu ibu. Tentang teknik cara menyusui yang benar sudah pernah kita bahas sebelumnya, baca ya di teknik tepat cara menyusui yang pada bayi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas

Ada beberapa jenis makanan yang sulit di cerna oleh tubuh, sehingga akan di proses oleh bakteri saat di usus besar. Hasil metabolisme ini bisa berupa gas yang membuat perut menjadi kembung. Contoh makanan yang banyak mengandung gas diantaranya durian, sayuran seperti brokoli, kembang kol, tauge, kol, mentimun, paprika. Minuman bersoda dan gorengan.



Susah buang air besar

Susah buang air besar atau sembelit dapat menyebabkan perut terasa begah, namun biasanya tidak di sebabkan oleh gas. Lebih lanjut tentang sembelit baaca ya di cara mengatasi susah buang air besar dengan bahan alami.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Ada beberapa tips cara mengatasi perut kembung yang bisa coba untuk sobat praktekkan di rumah, berikut tipsnya:

Cara mengatasi perut kembung dengan air putih

Dengan memperbanyak konsumsi air putih semua zat racun dalam tubuh akan ikut terbuang. Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan menahan air, hal ini bisa membuat perut terasa penuh. Oleh karena itu minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Cara mengatasi perut kembung dengan menjauhi minuman bersoda

Minuman yang berkarbonasi akan memperbanyak tumpukan gas di dalm tubuh, hal ini akan memperparah kembung di perut.

Cara mengatasi perut kembung dengan jahe

Jahe dapat di gunakan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Jika tubuh hangat tubuh akan mengeluarkan keringat dan membuat perut menjadi tenang dan nyaman.

Itulah beberapa tips tentang cara mengatasi perut kembung. Jika perut kembung tidak segera sembuh bahkan semakn parah segeera kunjungi tenaga kesehatan untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar