By Siti Amini at 05.34 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi pilek. Pilek atau biasa disebut dengan influenza merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh virus. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, jadi antibiotik tidak mempan untuk mengatasinya. Influenza atau pilek ini merupakan penyakit yang mudah sekali menular melalui udara. Jika sobat dekat dengan orang yang pilek, batuk atau bersin jika daya tahan tubuh sobat tidak kuat sudah bisa dipastikan tidak lama lagi sobat juga akan tertular pilek ini.

Cara Mengatasi Pilek pada Bayi Baru Lahir

Pilek pada bayi tentu sangat meresahkan karena akan memmbuat tidak nyaman pada si kecil maupun orang tua.Walaupun sama-sama pilek, namun pengobatan pilek pada bayi membutuhkan perhatian yang lebih mengingat organ tubuh bayi belum terbentuk dengan sempurna. Mengena bagaimana cara mengatasi pilek pada bayi bisa sobat lihat di cara mengatasi batuk pilek pada bayi.

Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi pilek, nggak ada salahnya juga kita cari tahu bagaimana penularan virus influenza ini agar kita dapat menjaga kesehatan.

Penularan lewat udara
Virus influenza ini sangat mudah menular melalui udara. Saat sobat dengan orang yang menderita pilek, hanya dengan berbicara dengan jarak yang dekat bisa membuat sobat tertular dengan virus yang satu ini. Apalagi kalau orang tersebut bersin atau batuk. Kalau daya tahan tubuh llagi drop nggak lama setelah itu sobat juga akan terserang influenza.

Makan dengan alat yang sama
Hindari makan atau minum menggunkan alat yang juga digunakan oleh orang yang menderita influenza karena hal ini bisa menyebabkan virus yang berada di alat makan berpindah ketubuh sobat.


Cuaca ekstrim
Cuaca yang ekstrim seperti cuaca yang terlampau panas atau saat musim hujan virus akan mudah menyebar, ditambah lagi jika imunitas sobat lagi nggak baik gejala meriang juga akan muncul.

Cara Mengatasi Pilek dan Batuk

cara mengatasi pilekBatuk dan pilek merupakan gejala yang seringnya datang bersamaan, walaupun kadang meraka juga datnag sendiri-sendiri nggak berbarengan. Pada prinsipnya mengobati pilek pada orang dewasa dan pada anak-anak itu sama. Yang membedakan hanya dosisnya saja. Nggak perlu lama-lama sekarang saatnya kita cari tahu bagaimana cara mengatasi pilek dan batuk ini secara alami.


Cara mengatasi pilek dengan jeruk nipis dan madu

Jeruk nipis merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Sobat cukup mengambil 1 buah jeruk nipis yang sudah tua. Lalu peras airnya kemudian tambahkan air hangat. Yang terakhir tambahkan madu lalu aduk rata. Minum selagi masih hangat. Ramuan ini sangat efektif untuk mengatasi pilek dan juga sakit tenggorokan yang merupakan awal dari sakit flu atau pilek ini. Tentang cara mengatasi sakit tenggorokan bisa sobat lihat selengkapnya di cara mengobati sakit tenggorokan secara almi.

Cara mengatasi pilek dengan cukup minum air putih

Dengan menambahkan asupan air putih kurang lebih 1,5 liter atau sekitar 8 gelas per hari akan membantu untuk menjaga dayan tahan tubuh sobat. Air putih akan mengeluarkan sisa-sisa hasil metabolisme yang berupa racun.

Cara mengatasi pilek dengan jahe

Ambil jahe secukupnya, kemudian bersihkan dan tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit merica bubuk dan madu. Seduh dengan segelas air hangat, dan segera minum selagi masih hangat.

Cara mengatasi pilek dengan mandi air hangat

Saaat flu sebisa mungkin pakailah air hangaat dan hindari mandi menggunakan air dingin. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak menggigil kedinginan.

Cara mengatasi pilek dengan makan makanan pedas

Alam cabai mengabdung senyawa capsaicin, senyawa ini sangat baik untuk membersihkan rongga hidung. sobat juga bisa mengkonsumsi sup hangat yang ditaburi cabai atau lada dengan tujuan agar hidung menjadi meler.

Cara mengatasi pilek dengan inhalasi sederhana

Inhalasi sederhana dengan menggunakan air panas. Caranya letakkan air panas dalam sebuah wadah, sobat bsa menambahkan dengan minyak kayu putih. Hirup uap  yang keluar dari air panas tersebut. Agar uap tidak kemana-mana sobat bisa menutupnya dengan menggunakan handuk.

Nah demikianlah beberapa tips tentang cara mengatasi pilek, selamat mencoba semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar