By Siti Amini at 07.35 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi sakit kepala. Sakit kepala dapat menyerang siapa saja, nggak pandang bulu. Mau tua, muda, besar ataupun kecil juga pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala  atau pusing itu sangat menyakitkan bagi yang merasakan. Semua serba nggak enak, aktivitas juga akan terganggu karena sakit kepala ini.

Ada banyak obat yang di jual bebas untuk menghilangkan sakit kepala. Sebenarnya obat-obat tersebut hanya menghilangkan rasa nyerinya saja dan tidak menghilangkan penyebabnya. Sebaiknya sebelum memilih obat untuk menghilangkan sakit kepala, sobat lebih baik melakukan beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala seperti yang akan kita sampaikan disini.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Haid

Sakit kepala pun akan dirasakan ketika haid. Tidak hanya sakit kepala saja, perut juga akan terasa sangat nyeri dan badan akan terasa meriang, capek pokoknya serba nggak enak. Ini yang di sebut premenstrual syndrom atau PMS. PMS dapat membuat wanita berada di situasi yang nggak enak banget, perut nyeri, badan pegal semua, kadang disertai diare atau sembelit. Dan yang paling umum saat menstruasi wanita akan lebih mudah emosi dan sulit untuk mengendalikannya. Cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi sudah pernah kita bahas sebelumnya baca yuk di cara mengatasi nyeri haid hari pertama.

Cara Mengatasi Sakit Kepala atau Pusing

Beberapa tips yang bisa sobat lakukan di rumah untuk mengurangi sakit kepala sebelum meminum obat antara lain:

Cara mengatasi sakit kepala dengan pijatan lembut

Pijat lembut bagian leher belakang kepala, pelipis, dan pundak. Gunakan minyak urut atau minyak kayu putih untuk memijat. Billa perlu minta tolong pada orang lain untuk memijat kita. Pijatan lembut dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga aliran darah dan  oksigen ke otak akan lancar. Lakukan sampai badan terasa nyaman dan sakit kepala berkurang.



Cara mengatasi sakit kepala dengan istirahat cukup

Sakit kepala bisa timbul karena kita kurang tidur. Saat sakit kepala terasa cobalah untuk tidur sekitar 1 jam. Hal ini dapat membantu memulihkan otot yang tegang. Cari tempat yang nyaman dan tenang untuk tidur.

Cara mengatasi sakit kepala dengan tekhnik relaksasi

Teknik relaksasi yang akan kita gunakan adalah teknik nafas dalam. Caranya pejamkan mata sobat lalu tarik nafas panjang tahan sekitar 3 detik lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan teknik beberapa kali, saat menarik nafas letakkan tangan kiri di perut dan tangan kanan di dada. Biarkan aliran udara mengisi seluruh rongga perut, lalu hembuskan perlahan dengan tenang sehingga tercipta perasaan yang nyaman.

Cara mengatasi sakit kepala dengan minuman hangat

cara mengatasi sakit kepala
Minuman seperti teh hangat atau jahe hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah. Minuman hangat juga dapat memberikan sensasi rasa nyaman, nikmati segelas teh hangat di tempat yang tenang dan sejuk sambil mendengarkan lagu favorit sobat.

Cara mengatasi sakit kepala dengan kompres dingin atau hangat

Basahi handuk menggunakan air hangat lalu tempelkan ke bagian yang sakit dan leher bagian belakang, lakukan berulang-ulang. Jika memilih menggunakan es batu, taruh es batu di handuk kering alu kompreskan di leher bagian belakang.

Cara mengatasi sakit kepala dengan minyak urut

Gunakan minyak urut atau minyak kayu putih dengan menggosokkan di bagian kepala yang sakit, dan sekitar leher belakang. Gosokkan sambil di pijit lembut. Jika ada gunakan minyak yang beraroma peppermint.

Cara mengatasi sakit kepala dengan minum air putih

Dehidrasi dapat membuat kepala menjadi pusing, dengan cukup minum air akan membantu menjaga tubuh tidak sampai dehidrasi sehingga tidak sakit kepala.

Itulah beberapa tips cara mengatasi sakit kepala yang bisa sobat lakukan sebelum sobat menggunakan obat. Jika sakit kepala tidak segera sembuh, segera datang ke petugas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan yang lebih lanjut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar