By Siti Amini at 07.45 , have 3 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi sakit maag. Sakit maag atau gastritis merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan. Bagian yang terganggu adalah lambung. Maag terjadi karena peningkatan asam lambung. Hal ini bisa terjadi karena sobat terlambat makan atau bisa juga karena bakteri. Rasa sakit pada maag biasanya terdapat diarea lambung yaitu perut kanan atas. Rasanya agak mulas, perih dan sakit sekali.

Cara Mengatasi Maag Kambuh

cara mengatasi sakit maag
Ada beberapa pilihan yang dapat kita lakukan untuk mengobati maag kita saat kambuh atau sekedar mencegah agar maag kita tidak kambuh lagi. Kita dapat memilih cara mengatasi sakit maag dengan menggunakan obat atau mengatasi maag dengan bahan alami. Dua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika menggunakan obat kimia sakit yaang sobat rasakan akan segera sembu, praktis tinggal minum tapi yang namanya obat jika di minum terlalu sering dan dalam jangka waktu yang cukup laama bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Kalau pakai bahan alami tradisional, penyembuhan emang agagk lama dan juga pasti ribet untuk mempersiapkannya tapi kalau bahan alami cukup aman di konsumsi untuk waktu yang lama.

Sebelum kita tahu cara mengatasi sakit maag, kita juga perlu tahu apa saja yang dapat menimbulkan maag ini. Beberapa hal penyebab sakit maag antara lain:


  • Saat sobat sedang sakit kepala jangan langsung memilih obat untuk meredakan sakitnya. Karena obat analgetik atau penghilang nyeri terutama aspirin, dapat mengerosi lapisan dinding lambung, sehingga lapisan lambung dapat terluka. Hal ini dapat memicu munculnya penyakit maag. Saat sakit kepala menyerang sobat dapat melakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit, selengkapnya baca ya di cara mengatasi sakit kepala alami tanpa obat 

  • Bahan kimia misalnya rokok, alkohol, kafein yang terkandung di kopi, bahan – bahan ini juga dapat memicu mtimbulnya sakit maag.

  • Terlambat makan, asam lambung akan meningkat produksinya jika perut kosong. Gerakan meremas lambung pun akan terus dilakukan walaupun perut kosong. Saat lambung tidak ada makanan dan asam lambung tetap terbentuk, gerakan meremas lambung akan memicu gesekan antar dinding lambung, hal ini akan menimbulkan luka lecet pada lambung sehingga perut terasa perih dan menimbulkan sakit yang dinamakan maag ini.

  • Stress dan kurang istirahat juga dapat mempengaruhi timbulnya sakit maag. Untuk itu sobat perlu menjaga hati dan pikiran agar tidak stress. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stress, selengkapnya baca di cara mengatasi stress pikiran dengan mudah

Itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya atau kambuhnya sakit maag. Jika tidak segera di obati sakit maag yang terjadi lama kelamaan akan menjadi kronis. Jika tetap di biarkan maag yang terjadi akan menimbulkan luka pada dinding lambung bahkan bisa menyebabkan dinding lambung menjadi berlubang atau dalam bahasa medis dikenal dengan penyakit ulkus peptikum.


Setelah mengetahui penyebab sakit maag kita juga harus tahu tanda dan gejala dari sakit maag tersebut dan bagaimana cara mengatasi sakit maag. Tanda dan gejala dari sakit maag yang harus kita kenali antara lain:


  • Tidak nafsu makan
  • Mual, muntah
  • Nyeri pada daerah lambung yaitu kiri atas
  • Perdarahan saluran cerna jika maag sudah parah


Setelah tahu penyebab dan tanda gejalanya sekarang kita cari tahu bagaimana cara mengatasi sakit maag.

Cara Mengatasi Maag Tanpa Obat

Ada 2 cara mengatasi sakit maag, yaitu dengan menggunakan obat dan tanpa menggunakan obat. Beberapa obat yang bisa di pakai untuk mengatasi sakit maag antara lain:



  • Simetidin
  • Antasida
  • Ranitidine
  • Proton pump inhibitor
  • Ctorotective agent

Kalau sobat tidak suka minum obat dan memilih untuk mengatasi maag dengan cara alami antara lain:

Cara mengatasi maag dengan kunyit

cara mengatasi sakit maag
Siapkan kunyit sekitar 2 jari tangan, lalu cuci sampai bersih kemudian parut. Tambahkan air matang secukupnya, saring air kunyit tadi diamkan selama satu malam. Ambil air yang bening untuk di minum. Air kunyit tadi juga bisa langsung diminum. Minum 2 kali per hari setiap pagi sebelum sarapan dan malam hari menjelang tidur.


Cara mengatasi sakit maag dengan makan teratur

Terapkan pola makan yang teratur, hal ini akan mencegah lambung kosong. Pola makan teratur akan membuat lambung terbiasa dengan jam kerja yang tepat saat lambung harus bekerja keras dan saat lambung harus bekerja lambat. Hindari juga terlambat makan karena lambung akan kosong.

Cara mengatasi sakit maag dengan menu makan yang baik

Hindari makanan yang terlalu pedas, terlalu panas dan makanan yang bersantan serta asam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kenaikan asam lambung.

Cara mengatasi sakit maag dengan manjauh alkohol, rokok

Jauhi mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda dan juga rokok. Karena akan menyebabkan iritasi pada dinding lambung.

Hindari makanan yang sulit dicerna

Saat maag kambuh, hindari memakan makanan yang terlalu sulit di cerna hal ini akan mengakibatkan lambung yang terluka bekerja semakin keras sehingga lambung akan semakin bertambah parah. Hindaari makan agar-agar karena mengandung serat yang tinggi, keju dan ssate kambing.

Itu tadi beberapa cara mengatasi sakit maag secara alami maupun dengan menggunakan obat. Jaga pola makan agar teratur dan biasakan dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Selamat mencoba semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

3 komentar: