By Siti Amini at 12.27 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi sakit pinggang. Sakit pinggang biasanya berhubungan erat dengan gangguan pada susunan syaraf dan tulang belakang. Kita tahu baahwa tulang belakang ini terbentuk oleh beberapa ruas tulang yang menyusun menjadi sebuah tulang belakang. Sakit pinggang ini bisa dialami oleh siapa saja terlebih mereka yang dalam kesehariannya jarang sekal melakukan olahraga.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

cara mengatai sakit pinggang

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan atau bahkan memperburuk sakit pinggang. Penyebab dari sakit pinggang ini wajib kita ketahui agar kita dapat menghindari penyebab – penyebab dari sakit pinggang ini. Hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya sakit pinggang tersebut antara lain:



Mengandung atau hamil
Saat sedang hamil, janin yang semakin besar akan membuat sang ibu lebih condong untuk memajuan tubuhnya. Hal ini akan membuat tulang belakang tertarik kedepan atau lordosis dan akan membuat tulang belakang menjadi sakit.

Menstruasi
Saat menstruai terlebih hari pertama, perut akan terasa nyeri. Bahkan tidak hanya perut nyeri pun akan menjalar keseluruh tubuh dan termasuk juga ke punggung sehingga akan terjadi nyeri pada punggung. Untuk mengatasi nyeri pada saat haid atau menstruasi bisa sobat baca di cara mengatasi nyeri haid pertama secara alami.

Pemakaian sepatu dengan hak yang terlalu tinggi
Memakai sepatu dengan tumit yang tinggi akan membuat semua berat badan kita bertumpu pada ujung kaki, hal ini akan membuat kita cepat lelah dan pinggang juga akan kesulitan untuk tegak sehingga pinggang melengkung kedepan. Hal inilah yang menimbulkan sakit pinggang.

Alas tidur yang terlalu empuk
Alas tidur yang terlalu empuk atau lentur akan membuat tulang kita mengikuti lengkungan alas tidur ketika kita membaringkan tubuh. Hal ini akan membuat tulang menjadi melengkung sehingga akan timbul sakit pinggang.

Gangguan pada fungsi tulang
Terjadinya suatu penyakit dapat menyebabkan tulang belakang menjadi sakit. Peregangan tulang belakang yang tiba – tiba juga akan menimbulkan nyeri pada tulang belakang.

Kurang olahraga
Kurangnya kebiasaan olahraga akan membuat tubuh menjadi kaku, kelenturan sendi dan otot juga akan terganggu. Jika terjadi gerakan yang tiba-tiba terutama di daerah pinggang hal ini juga dapat membuat tulang belakang menjadi sakit.



Cara Mengatasi Sakit Pinggang atau Punggung

Ada beberapa tips cara mengatasi sakit pinggang yang bisa sobat lakukan di rumah. Caranya cukup  mudah nggak ribet-ribet banget jadi bisa langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa tips tentang cara mengatasi sakit pinggang itu antara lain:

Cara mengatasi sakit pinggang dengan kompres
Kompres yang bisa sobat lakukan disini adalah kompres hangat atau kompres dingi, untuk hasil yang maksimal lebih baik sobat memilih kompres hangat. Caranya taruh air hangat di dalam botol. Rasa panas bisa disesuaikan dengan selera. Taruh botol yaang telah terisi air panas tadi taruh di punggung yang sakit. Agar tidak melepuh saat digunakan untuk mengompres, sobat bisa melapisinya dengan kain tipis sehingga botol tidak langsung menempel dikulit.

Cara mengatasi sakit pinggang dengan perbaiki posisi tidur
Perbaiki posisi tidur agar kelengkungan tulang belakang yang mebuat punggung menjadi sakit tidak bertambah parah.  Jika sobat ingin tidur mirng caranya tidur miring, jika sobat miring kanan tarik kaki kiri keatas, berikan bantal diantara kaki. Posisi tidur seperti memeluk bantal. Jika sobat tidur telentang,  letakkan bantal di bawah lutut untuk memperbaiki kelengkungan tulang belakang atau punggung bagian bawah.

Cara mengatasi sakit pinggang dengan relaksasi
Relaksasi seperti menarik nafas panjang dapat membantu meringankan rasa sakit. Sobat juga bisa memberikan pijatan lembut pada daerah punggung untuk melancarkan peredaran darah agar rasa nyeri dan lelah dapat berangsur-angsur menghilang.

Cara mengatasi sakit pinggang dengan olahraga teratur
Olahraga teratur membantu melancarkan peredaran darah, meregangkan sendi dan otot yang kaku sehingga tubuh akan sehat dan bugar kembali. Selain itu buat sobat yang mempunyai perut yang buncit, ada beberapa jenis olahraga yang bermanfaat untuk mengecilkan perut. seperti apa itu, selengkapnya baca ya di cara mengatasi perut buncit alami daan cepat

Itu tadi beberapa tips tentang cara mengatasi sakit pinggang secara mudah. Ingat ya sobat, gaya hidup yang sehat merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan seperti sakit pinggang. Jangan malas olahraga, sayangi tubuhmu. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar:

  1. Ayo cegah penyakit degenaratif dengan makan yang bergizi dan herbal bawang daya, daun afrika, temulawak dll. Terbukti herbal lebih murah dan hasilnya jauh lebih baik dr obat kimia. Hub kami chasiapro@gmail.com

    BalasHapus