By Siti Amini at 16.19 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi uban. Uban merupakan suatu pertanda bahwa usia kita sudah semakin menua. Namun apa jadinya kalau si uban itu datang terlalu cepat, alias datang sebelum waktunya. Iyap, pasti sangat bikin malu  kan? Udah gitu pasti bikin rasa percaya diri kita jadi down. Nah biasanya kalau hal ini terjadi pada sobat, langkah apa yang sobat ambil untuk mengatasi tamu yang tak diundang ini. Apakah dengan mewarnai rambut?

Mewarnai rambut hanya akan menyelesaikan masalah uban untuk sementara saja, karena bukan penyebabnya yang diatasi. Jika sobat memilih semir rambut sebagai solusi, sobat juga harus mau berkonskuensi untuk rajin menyemir rambut jika nanti tumbuh rambut yang baru. Selain itu, semir rambut juga merupakan bahan kimia yang tidak begitu baik jika selalu di gunakan pada rambut kita. Lama kelamaan rambut yang selalu diberi pewarna akan rusak dengan sendirinya, awalnya rambut menjadi kering dan merah lama kelamaan rambut juga akan memutih menjadi uban jika tidak diwarnai lagi.

cara mengatasi uban

Cara Menghilangkan Uban Diusia Remaja

Uban umumnya baru akan muncul ketika seseorang berumur lebih dari 40 tahun. Karena pada umur yang semakin tua tersebut regenerasi sel akan terganggu sehingga sel yang mati tidak dapat segera tergantikan oleh sel yang baru. Namun akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai anak-anak remaja rambutnya sudah beruban. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan uban muncul di usia yang sangat dini ini.

Penyebab ubanan diusia remaja:
Stress
Stress ternyata bisa berakibat macam-macam ya, termasuk tumbuhnyaa uban di usia yang masih terbilang remaja. Stress akan menghambat produksi melanosit yang berfungsi juga untuk memberikan warna pada rambut, maka dari itu sobat perlu tahu bagaimana cara mengatasi stress agar tidak tumbuh uban diwaktu yang belum tepat, tentang cara mengatasi stress bisa sobat baca di cara mengatasi pikiran stress dengan mudah.

Rokok
Tuh kan, rokok emang penyebab berbagai sumber permasalahan. Udah deh stop aja merokok dari pada harus punya uban di usia yang masih muda. Merokok itu lebih banyak ruginya dari pada untungnya. Say no to rokok. Merokok Cuma bikin kantong kering.

Kekurangan vitamin
Kurangnya asupan vitamin dalam tubuh juga akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kalau asupan vitamin sobat kurang, terlebih vitamin B complek atau B 12 akan menyebabkan uban tumbuh lebh cepat.

Keturunan
Kalau yang satu ini, tentu sangat sulit sekali untuk diubah, soalnya gen nya udah nancep sejak sobat dilahirkan. Kalau dalam keluarga sobat ada yang mempunyai masalah dengan uban saat usia remaja, hampir dipastikan sobat juga akan mengalaminya.


Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan tumbuhnya uban di usia remaja, sekarang setelah tahu penyebabnya kita akan kasih tahu bagaimana cara mengatasi uban di usia remaja dengan bahan alami.

Cara  Mengatasi Uban Secara Alami

Dengan menggunakan bahan alami yang tentu ramah lingkungan dan juga ramah di kantong, beberapa bahan yang bisa kita gunakan sabagai pilihan cara mengatasi uban antara lain:

Cara mengatasi uban dengan biji pepaya

Nggak Cuma buahnya aja yang berguna dari pepaya ini, selain buahnya bisa digunakan untuk mengatasi komedo, ternyata biji pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan uban. Biar gak sia-sia, buah pepaya tadi kita gunakan untuk mengatasi komedo seperti apa caranya baca yuk di cara mengatasi komedo diwajah dengan cepat.

Untuk menggunakan biji pepaya ini caranya cukup mudah yaitu:
Ambil dan bersihkan biji pepaya dari buahnya, kemudian cuci dan rendam biji pepaya tersebut dengan menggunakan air bersiih. Sangrai biji pepaya tersebut seperti sobat menyangrai kopi. Tumbuk biji pepaya yang sudah disangrai tadi sampai halus. Tambahkansedikit minyak kelapa sesuai keinginan sobat, campur sampai merata lalu oleskan menyeluruh kerambut. Tutup menggunakan handuk dan diamkan selama kurang lebih 2 jam, lalu bilas sampai bersih.

Cara mengatasi uban dengan daun sepatu

Tanaman sepatu mengandung flavonid yang bermanfaat untuk mengatasi uban. Selain itu daun sepatu juga mengandung polifenol dan juga saponin seperti yang terkandung dalam teh.

Caranya cukup mudah, yaitu:
Siapkan daun sepatu secukupnya, kemudian cuci dengan air bersih. Daun sepatu yang sudah dicuci tadi kemudian dihaluskan, tambahkan sedikit air lalu saring dan simpan didalam botol, sobat juga bisa menambahkan dengan sedikit perasan air jeruk. Gunakan air perasan daun sepatu tadi untuk dioleskan dari akar sampai ujung  rambut, tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Biarkan kering secara alami jangan keringkan menggunakan hair dryer.

Cara mengatasi uban dengan bunga sepatu

Sama seperti daun bunga sepatu, bunganya pun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi uban. Caranya ambil beberapa helai mahkotaa bunga sepatu. Lalu haluskan. Panaskan minyak kelapa kurang lebih 200ml, campurkan bunga sepatu yang sudah dihaluskan tadi kedalam minyak kelapa. Tunggu sampai minyak menjadi dingin. Simpan ramuan dalam botol dan gunakan untuk mengolesi rambut dari akar hingga ujung. Lakukan setiap menjelang tidur dan bersihkan dipagi harinya, pastikan tidak ada minyak yang tersisa.

Cara mengatasi uban dengan teh

Teh mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Untuk menggunakan teh sebagai penghilang uban, sobat cukup menyeduh teh dengan air panas. Lalu diamkan selama semalaman, gunakan air rendaman teh tadi untuk membasuh kepala, lakukan secara rutin.

Cara mengatasi uban dengan cukup nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup selain menjaga tubuh tetap sehat juga bermanaat menjaga kesehatan rambut. Terlebih asupan protein yang  berguna sebagai zat pembangun.

Cara mengatasi uban dengan daun rambutan

Ambil beberapa lembar daun rambutan, cuci menggunakan air sampai bersih. Haluskan daun rambutan tadi lalu tambahkan sedikit air. Saring daun rambutan yang sudah dicampur dengan air tadi. Gunakan air perasan untuk mengoles rambut dari akar sampai ujung. Diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian bilas sampai bersih.



Cara mengatasi uban dengan minyak kelapa

Siapkan minyak kelapa secukupnya lalu campur dengan perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata dan gunakan untuk mengoles rambut dari akar hingga ujung. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara mengatasi uban dengan minyak kemiri

Pertama sangrai kemiri lalu haluskan sampai keluar minyaknya. Oleskan kemiri tadi pada rambut sampai merata. Biarkan kurang lebih sekitar 15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Selain untuk mengatasi uban minyak kemiri juga berfungsi untuk merawat kesehatan rambut. Baca tipsnya di cara mengatasi rambut kering dan kusam dengan mudah.

Berhenti mencabut uban

Uban yang muncul dirambut emang dirasakan cukup mengganggu karena merusak penampilan yang udah kita perfect-perfeckin. Tapi sobat jangan sampai nyabut tuh uban. Karena dikulit rambut terdapat cukup banyak saraf. Jika sobat mencabut si uban tadi tentu saraf yang lain juga ikut terganggu, nah hal itu dikhawatirkan akan menambah volume uban yang ada di sekitar rambut kita.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi uban yang tumbuh terlalu cepat diusia remaja. Selamat mencoba semoga uban yang nakal itu bisa segera pergi dari rambut sobat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar