By Siti Amini at 12.19 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi varises. Varises merupakan salah satu gangguan pada sistem vaskularisasi. Varises itu sendiri merupakan pelebaran pembuluh darah vena. Varises bisa terjadi dimanapun, namun yang paling sering berada dikaki, mengapa demikian? Hal ini sesuai dengan hukum gravitasi. Sama seperti pelajaran fisika, semua benda yang dilempar keatas akan turun lagi kebawah, begitu pula dengan tubuh kita, vena berfungsi mengirim darah yang sudah digunakan untuk proses metabolisme. Setelah kita berdiri terlalu lama, berjalan terlalu lama atau habis berlari, darah tentu akan mengalir terlebih darea kaki karena kaki berada dibawah, setelah melakukan aktivitas seperti itu tadi sobat jangan langsung duduk menekuk kaki, sebisa mungkin dan harus bisa duduk dengan posisi kaki selonjoran.

Saat kaki di tekuk, darah yang berada di kaki tidak bisa dibawa vena kembali ke jantung karena pembuluh darah menyempit saat sobat menekuk kaki. Darah yang tidak dapat kembali keatas ini akan membuat pembuluh darah vena melebar. Hal inilah yang menyebabkan seringnya varises  terjadi di kaki.

Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

Selain karena olahraga tadi, kehamilan juga bisa menyebabkan terjadinya varises. Saat hamil, volume darah akan bertambah karena  jantung juga menyuplai kebutuhan darah untuk janin. Karena volume darah yang bertambah ini, tidak jarang bu hamil sering menderita anemia. adaa beberapa tips alami untuk mengatasi anemia saat hamil, selengkapnya bisa sobat baca di cara mengatasi anemia mudah tanpa obat. Volume darah yang bertambah tadi selain menyebabkan anemia, juga bisa menyebabkan varises muncul dikaki.

Volume darah yang bertambah tadi akan banyak yang meumpuk dibawah  sedangkan vena kesulitan untuk mengembalikan darah ke jantung. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah vena melepar sama seperti karena olahraga tadi. Umumnya varises karena kehamilan ini dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Penyembuhan varises ini agar aki menjadi mulus kembali memerlukan waktu yang relatif cukup lma yakni sekitar 3 bulan.

Usia yang sudah semakin menua juga dapat menjadi faktor penyebab timbulnya varises ini. Saat usia sudah tua kemampuan organ tubuh untuk melakukan tugasnya pun juga ikut menurun. Katup jantung yang bisa membuka saat vena mengalirkan darah ke jantung dan menutup agar darah yang ke jantung tidak kembali ke vena lagi juga ikut melemah. Katup jantung tidak mampu menutup dengan sempurna sehingga terjadi aliran balik darah ke vena, hal ini juga bisa menyebabkan pembuluh darah vena membesar.



Cara Mengatasi Varises di Kaki

Varises yang umunya mucul dikaki kadang tidak hanya tak sedap dipandang mata, namun terkadang juga bisa menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu sobat yang mengalai varises pada daerah kaki atau mana saja harus segera diatasi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat coba sebagai pilihan cara mengatasi varises.

Cara mengatasi varises dengan mengatur aktivitas

Atur aktivitas sobat, hindari duduk, berdiri atau berjalan terlalu lama. Jka berjaan dalam waktu yang lama usahaakan agar kaki tidak di tekuk agar peredaran darah tetap lancar.

Cara mengatasi varises dengan alas sepatu yang baik

Gunakan alas sepatu yang mempunyai hak tidak terlalu tinggi. Hak ang tinggi akan membuat berat badan semua di topang olh kaki terlebih telapak kaki. Hal ini tentu mempengaruhi peredaran darah, ke jantung. Jika profesi sobat mewajibkan memakai sepatu dengan hak tinggi, sering-seringlah melakukan peregangan terlebih pada daerah kaki.

Cara mengatasi varises dengan mengangkat kaki

Saat istirahat atau sedang tidur, usahakan agar kaki lebih tinggi daripada badan. Bisa dilakukan dengan cara memberi tambahan bantal pada daerah kaki dan mengurangi penggunaan bantal yang banya pada daerah kepala. Hal ini bertujuan agar darah dapat kembali lancar mengalir menuju jantung.

Cara mengatasi varises dengan menjaga berat badan

Obesitas atau berat badan berlebih dapat menjadi salah satu faktor penyebab varises. Jaga agar berat badan sobat tetap berada pada rentang berat badan ideal. Selain menyebabkan varises, obesitas juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Cara mengatasi varises dengan olahraga ringan

Olahraga ringan seperti berjalan membantu melancarkan sirkulasi darah, namun sobat tidak perlu melakukan olahraga ini secara berlebihan.

Cara mengatasi varises dengan kaos kaki anti varises

Sobat dapat menggunakan stoking kompressi atau stoking khusus untuk varises yang berguna untuk menekan pembuluh darah yang membesar.

Nah itu tadi beberapa tips mudah cara mengatasi varises. Baca juga cara mengatasi jerawat murah, mudah dan aman

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: