By Siti Amini at 13.17 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati batuk. Batuk merupakan gangguan pada sistem saluran pernafassan, sebenarnya bukan gangguan karena bbatuk merupakan suatu kompensasi tubuh untuk mengeluarkan benda asing di dalam tubuh, terlebih di dalam paru-paru. Batuk itu sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu batuk kering dan juga batuk berdahak. Dua jenis batuk ini berbeda dan tentu beda pula cara mengatasinya.

Cara Mengobati Batuk Berdahak

cara mengatasi batuk
Batuk umumnya disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernafasan misalnya saat pilek atau flu. Batuk tentu sangat mengganggu karena selain tenggorokan gatal, batuk sering membuat dada terasa sakit, terlebih batuk kering. Batuk kering maupun batuk berdahak bisa disebabkan oleh karena infeksi saluran pernafasan, asam lambung meningkat, efek samping dari obat, penyakit misalnya TBC.

Batuk kering dan batuk berdahak mempunyai ciri tersendiri, jika batuk berdahak maka di paru-paru terkumpul dahak hal ini juga kadang membuat hidung ikut menjadi tersumbat. Cara mengatasi batuk berdahak sudah pernah kita bahas sebelumnya, selengkapnya bisa sobat baca di cara mengatasi batuk berdahak cepat, mudah dan aman.

Cara Mengatasi Batuk Kering

Selain batuk berdahak, batuk kering juga sangat mengganggu, orang yang menderita batuk kering biasanya suaranya akan serak, saat batuk tenggorokan dan dada terasa sakit. Jika sobat sedang mengalami batuk kering, ada beberapa tips yang wajib sobat ketahui agar dapat terhindar dari keadaan yang lebih buruk. Apa sajaa tipnya, simak yuk.

Tips meringankan gejala batuk.
  • Sebisa mungkin hindari tempat yang berdebu dan tempat yang bersuhu sangt dingin
  • Jaga tubuh tetap hangat, sobat dapat mengenakan pakaian hangat seperti sweater ataupun jaket untuk menjaga agar suhu tubuh tetap hangat.
  • Usahakn untuk mandi menggunakan air hangat
  • Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja keras agar tubuh tidak semakin drop
  • Tingkatkan konsumsi ai putih minimal 8 gelas per hari.

Setelah tahu tips meringankan batuk, sekarang kita cari tahu bagaimana cara mengobati batuk, simak ya:



Cara mengobati batuk dengan jahe dan kencur

Jahe mengandung zat antibiotik yang dapat membantu membunuh kuman ditubuh, selain itu jahe juga menghangatkan.  Cara menggunakan ramuan ini sobat cukup memotong kecil-kecil sampai lumat jahe dan kencur. Kemudian reus bersama dengan air, air rebusan tersebut didinginkan dan diminum setiap 1 kali per hari.

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan madu

Ambil 1 buah jeruk nipis yang sudah matang, kemudian potong menjadi 2 bagian. Peras jeruk nipis dan tambahkan sedikit madu, perbandingan madu dengan jeruk nipis 1:1, 1 sendok jeruk nipis dicampur dengan 1 sendook madu murni. Minum 2 sampai 3 kali per hari.

Selaian menggunakan campuran madu, kecap juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk. Caranya sama dengan madu, campurkan 1 sendok jeruk nipis dengan 1 sendok kecap. Minum 2 sampai 3 kali per hari.

Disamping untuk mengatasi batuk, jeruk nipis jugaa bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Baca yuk tipsnya cara mengatasi ketombe di rambut dengan mudah.

Cara mengobati batuk dengan belimbing wuluh

Belimbing wuluh cukup terkenal dengan rasanya yang sangat asam. Walaupun asam, belimbing wuluh ternyata juga berfungsi sebagai pilihan cara mengobati batuk. Caranya cukup mudah, pertama sobat siapkan duli 10 buah belimbing wuluh. Cuci sampai bersih kemudian haluskan. Tambahkan sedikit air dan garam. Aduk sampai merata kemudian sariing. Minum air saringan tadi setiap pagi dan sore hari.

Cara mengobati batuk dengan obat

Jika sobat memilih obat untuk mengatasi batuk, kalau jenis batuk sobat adalah batuk kering yang tidak berdahak pilih abat batuk dengan kandungan antitusif, jangan memilih yang mengandung ekspektoran. Antitusif akan membantu menekan batuk, sehingga batuk tidak terus terjadi. Sedangkan ekspektoran dapat membuat batuk semakin sering karena bertujuan untuk menghilangkan dahak yang ada di dalam paru-paru.

Demikian tadi beberapa tips cara mengobati batuk, selamat mencoba semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: