By Siti Amini at 08.10 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati darah tinggi. Darah tinggi atau dalam bahasa medis disebut hipertensi adalah suatu gangguan pada jantung sehingga jantung bekerja diatas normal. Darah tinggi tidak hanya menyerang pada orang tua, namun orang yang masih muda pun juga bisa terkena serangan darah tinggi. Seseorang bisa disebut mempunyai tekanan darah tinggi jika mempunyai tensi lebih tinggi dari 130/90 mmHg, pada orang yang sudah lanjut usia bisa dikatakan mempunyai tekanan darah tinggi jika mempunyai tensi lebih tinggi atau sama dengan 160/90 mmHg.

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati darah tinggi, ada baiknya kita ketahui dulu apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya darah tinggi ini. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi tersebut, diantaranya adalah:



Keturunan
Orang yang terlahir di keluarga yang sudah mempunyai riwayat darah tinggi akan cenderung mempunyai tekan darah yang tinggi juga. Hal ini karena darah tinggi termasuk jenis penyakit yang diturunkan. Tapi nggak semua sih, yang penting jaga pola hidup saja. Seperti diabetes, orang dengan keturunan darah tinggi 6 kali lebih berpotensi mempunyai darah tinggi juga.

Pola makan yang tidak sehat
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak akan menimbun lemak jenuh di dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Terlalu banyak mengkonsusi garam juga akan menyebabkan kerja jantung menjadi meningkat.

Gaya hidup yang tidak sehat
Merokok dan juga minum alkohol juga akan berdampak buruk pada tubuh. Nikotin dan kandungan alkohol juga bisa membuat peningkatan beban jantung dalam memompa darah.

Obesitas
 Orang dengan obesitas atau berat badan berlebih akan cenderung mempunyai tekanan darah yang relatif tinggi. Hal ini terjadi karena penimbunan lemak di dalam tubuh kita bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Penyakit
Penyakit seperti gagal ginjal dan diabetes pun juga dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi. Orang yang terkena diabetes militus atau lebih dikenal dengan kencing manis akan mempunyai tekanan darah yang tinggi karena darah di dalam tubuh mengental sehingga beban jantung meningkat untuk memomppa darah. Hal ini terjadi karena gula dalam darah tidak bisa di serapoleh tubuh sehingga gula tetap ikut beredar di dalam darah.

Cara Mengobati Darah Tnggi Secara Tradisional

Sebenarnya darah tinggi tidak bisa diobati, pengobatan darah tinggi hanya bisa dilakukan dengan proses bedah vaskuler. Namun buat sobat atau keluarga sobat yang menderita darah tinggi tidak perlu khawatir karena kita dapat melakukan beberapa cara yang bisa membuat kita bisa tetap sehat walaupun mempunyai darah tinggi. Beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain:

Cara mengobati darah tinggi dengan diet sehat

Jika sobat mempunyai darah tingg, atur pola makan sobat. Hindari makanan yang banyak mengandung garam, makanan yang terlalu banyak mengandung minyak misalnya gorengan, kopi, hindari merokok dan minum minuman beralkohol.

Cara mengobati darah tinggi dengan semangka

Seperti hasil penelitian dari Florida State University bahwa semangka mempunyai kandungan asam amino yang di sebut L-citrulline atau L-arganine sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sobat bisa langsung mengkonsumsi semangka atau pun membuatnya manjadi minuman segar seperti jus.



Cara mengobati darah tinggi dengan mentimun

Buat sobat yang gemar makan mentimun, ternyata si mentimun ini sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan potasium yang ada pada mentimun sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi mentimun mempunyai manfaat lain yang cukup banyak diantaranya untuk menghilangkan jerawat selengkapnya bisa sobat baca di cara mengatasi jerawar murah, mudah dan cepat. Manfaat mentimun yang lain juga bisa di gunakan untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah, selengkapnya baca yuk di cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah cepat dan mudah.

Cara mengobati darah tinggi dengan pisang

Pisang mengandung kalium yang juga baik untuk kesehatan jantung. Selain untuk menyehatkan jantung, pisang juga berfungsi mengurangi rasa nyeri pms atau premenstrual syndrom. Mau tau caranya baca yuk di cara mengatasi nyeri haid hari pertama secara alami.

Cara mengobati darah tinggi dengan jus sledri
Daun seledri mempunyai kandungan kalium, mineral dan anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh, kandungan 3-n-butil-phthalide dalam seledri juga sangat baik untuk jantung. Kandungan 3-n-butil-phthalide mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dari jantung akan lancar.

Cara membuat:
Ambil seledri secukupnya lalu cuci sampai bersih. Blender daun seledri dengan air matang 1 gelas. Minum satu kali per hari. Cek tensi jika sudah normal hentikan minum jus daun seledri ini.

Itulah beberapa tips cara mengobati darah tinggi. Ingat lebih bak mencegah daripada mengobati. Olahraga teratur juga akan membuat jantung kita menjadi sehat. Jaga pola hidup dan pola makan yang sehat, sayangi jantungmu. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar