By Siti Amini at 16.09 , have 53 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati herpes. Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh virus. Virus herpes ini menyerang saraf tepi,maka dari itu janganheran kalau rasanya sakit sekali. Selain menimbulkan sakit saat masih terdapat luka, rasa sakit juga masih akan tetap  di rasakan oleh penderita walaupun luka sudah kering dan sudah sembuh.


cara mengobati herpes

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah sekali untuk menular, jadi hati-hati dan jaga kontak fisik dengan penderita herpes. Herpes itu sendiri juga di bedakan menjadi beberapa macam, sesuai dengan penyebabnya yaitu herpes simplek yang ditandai dengan luka seperti melepuh dan berisi air, herpes zoster merupakan jenis herpes yang terjadi karena penyakit varisella yang kambuh lagi,  herpes genital yang berada di daerah alat kelamin, herpes labialis jika herpes terdapat pada bibir.

Cara Mengobati Herpes Secara Alami

Herpes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, maka dari itu antibiotik seperti amoxcilin, ampicillin dan sodara-sodaranya nggak akan mempan untuk meredakan herpes. Karena herpes merupakan penyakit yang di akibatkan oleh virus, obatnya pun yang harus untuk membunuh viru bukan antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri. Ada beberapa tips yang bia kita lakukan sebagai cara mengobati herpes. Seperti apa caranya, kita lihat yuk.

Cara Mengobati Herpes

Beberapa jenis obat-obatan anti virus yang bisa digunakan untuk mengatasi herpes antara lein seperti asyclovir, valasiklovir, famsiklovir. Obat-obatan tersebut khusus untuk mengobatii segala jenis penyakit yang berasal dari virus. Jadi jangan selalu berasumsi semua penyakit bisa sembuh dengan antibiotik. Karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik justru akan sangat merugikan tubuh karena tubuh akan resisten dengan antibiotik tersebut. Sama halnya dengan pilek, pilek atau flu merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, jadi pemberian antibiotik sebenarnya kurang begitu berarti untuk sakit pilek.



Cara mengobati herpes zoster

Jika luka terasa nyeri sekali, untuk mengurangi rasa nyerinya kita bisa memberikan obat penghilang hyeri ang tergolong pada obat NSAID atau non steroid anti inflamantory dissease.  Yang termasuk dalam obat ini antara lain asam mefenamat 500mg, indometasin 25 mg, atau ibuprofen 400mg semua obat tersebut dipilih salah satu untuk diminum sebanyak 3 kali per hari. Gunakan bedak kalamin atau phenol zinc lotion. Sobat juga bisa menggunakan obat asyclovir atau obat virus yang lain seperti famsiklovir atau valasiklovir.

Jika teradi sensasi rasa terbakar atau rasa nyeri pada bekas herpes yang sudah sembuh, sobat bisa memberikan obat fenol 3-5% dalam bentuk krim atau salep selama 2-6 kali per hari. Amitriptilin 10-25 mg per hari setiap malam hari atau gabapentin 100-300 mg per hari.

Cara mengobati herpes simplek


Herpes labial atau bibir
Kumur dengan air yang telah dicampur dengan antiseptik seperti klorheksidin 3 – 4 kali per hari, tambahkan juga pemberian salep asiklovir sebanyak 5 kali dalam satu hari.

Herpes genital
Sudah pernah lihat PK? Bukan pemandu karaoke tapi permanganat kalium, itu tuh serbuk yang warnanya agak item terus kalo di kasih air nanti warnanya berubah jadi merah. PK itu tadi di larutkan dalam air kemudian di kasih betadin nah gunain tuh air tadi untuk berendam, berendamnya nggak usah seluruh tubuh cukup area kelaminnya tadi bisa kleleb sama air atau istilah kerennya rendam duduk.

Tambahkan juga terapinya dengan minum asiklovir yang tablet, kalau masih basah kasih asiklovir yang 200 mg sebanyak 5 kali per hari (5 x 200 mg/hari) atau 400 mg x 3 kali per hari selama 7 hari. Untuk herpes yang kambuhan berikan dengan dosisi yang sama namun cukup 5 hari saja.

Itu tadi beberapa cara mengatasi herpes yang bener – bener saya dapat dari hasil kuliah mata pelajaran kulit yang di ampu oleh dosen seorang dokter spesialis kulit. haha sombong dikit yak. Selain melakukan cara diatas ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika sobat terkena herpes ini. Beberapa hal tersebut yaitu:

Jangan garuk area herpes

Herpes umumnya rasanya emang gatal pakai banget, tapi nget ya jangan sekali-kali menggaruk apalagi yang masih berbentuk gelembung. Karena kalau di garuk gelembungnya nanti akan pecah dan bisa menyebarkan virus herpes ke bagian kulit yang lain.

Jangan menggosok dengan handuk

Sama halnya seperti menggaruk, menggosok luka herpes dengan handuk juga akan menyebabkan gelembung menjadi pecah sehingga virus akan menyebar. Selembut apapun handuk yang digunakan jangan pernah menggosok kulit yang terkena herpes dengan handuk.

Menjaga pola makan

Bagi sobat yang alergi terhadap beberapa jenis makanan, untuk sementara hindari dulu ya. Jangan dimakan sampai herpes benar – benar sudah sembuh. Tap tetap perhatikan menu gizi seimbang.

Gunakan dettol antiseptik

Ini bukan karena saya nyeponsorin atau ngiklanin dettol ya. Tapi karena pengalaman pribadi. Aneh sih, tapi sembuh. Pas adek saya kena herpes di usap usap pake kapas sama dettol yang antiseptik. Rasanya jangan ditanya, panas, perih persis kaya terbakar. Tapi setelah 4 hari, herpesnya kering jadi sembuh.


Istirahat cukup

Usahakan untuk cukup istirahat, dengan stirahat yang cukup tubuh akan merasa segar kembali dan kita tentu akan terhindar dari stress. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghindari stress, selengkapnya baca di cara mengatasi pikiran stress dengan mudah.

Itu tadi larangan dan cara mengobati herpes yang tepat. Selamat mencoba ya, semoga lekas sembuh. Bila sakit berlanjut hubungi dokter.

baca juga : cara mengatasi jerawat secara cepat, mudah dan murah.


share ya, jika di rasa info ini membantu :)
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

53 komentar:

  1. Apakah penderita herpes di perbolehkan mandi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, dijaga jangan sampai terlalu lembab.

      Hapus
    2. jika bentol" di pecahkan apakah akan sembuh?

      Hapus
  2. klo salep bisa beli di apotik ato harus dgn resep dokter? klo beli di apotik nama salepnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyclovir bisa,,
      tapi pengalaman baru saya kemarin pas adek kena erpes dikasi dettol yang antiseptik. dioles olesin, beberapa hari sembuh kering tanpa obat dan salep. Tapi rasanya panas banget

      Hapus
    2. Mbak apa herpes kelamin menyerang wanita yg masih virgin??
      PK itu nyari nya dimana mbak? Diapotek ada? Nama salepnya apa mbak? Mohon bantuannya mbak

      Hapus
    3. asyclovir biasanya yang sering diresepkan oleh dokter. Di apotik banyak dijual bebas. Bisa jadi menyerang wanita yang masih virgin. Kan dia bisa tertular dari misalnya saja peralatan mandi. Dikasih dettol yang antiseptik (beli di apotik) bisa lebih cepet kering

      Hapus
    4. Saya malah alergi dgn detol mbak, stiap saya pke detol dan cebok pke rendaman detol, badan saya gatal, perih dan merah trz dokter spesialis kulit blg saya gak blh pke itu lg.

      Hapus
    5. Saya malah alergi dgn detol mbak, stiap saya pke detol dan cebok pke rendaman detol, badan saya gatal, perih dan merah trz dokter spesialis kulit blg saya gak blh pke itu lg.

      Hapus
  3. Kena gedhe bgt di bawah hidung bibir ama pipi T.T

    BalasHapus
  4. Herpes itu swmbuhnya rata rata setelah berapa hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung tingkat keparahannya. bisa satu minggu atau lebih. Dikasih dettol antiseptik ( belinya di apotik) nanti cepet kering. Tapi rasanya perih banget

      Hapus
  5. Untuk pk ,air,dan betadine takarannya berapa ya...efek sampingnya apa

    BalasHapus
  6. Mba dettol antiseptik yg mana ya yg dipakek, ? aku udh beli tp dettol laruatan buat di air,

    BalasHapus
  7. Mba dettol antiseptik yg mana ya yg dipakek, ? aku udh beli tp dettol laruatan buat di air,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul yang itu mbak, langsung dioles saja. Tapi rasanya perih banget

      Hapus
    2. Mbak Siti, dettolnya dilarutkan di air atau langsung dipakai?

      Hapus
  8. Mba, sy sudah 2 minggu lebih kok belum sembuh2 juga ya.

    BalasHapus
  9. mba saya pakai salep cinolon-n apa bisa buat nyembuhin herpes??

    BalasHapus
  10. brp kali sehari olesin dettol nya

    BalasHapus
  11. Ba..kl dibersihkan pake revanol boleh g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh langsung pake dettol jg gpp

      Hapus
    2. kalo bayi boleh ga pake dettol

      Hapus
    3. bayi boleh pake dettol ga. make nya gemana ke air untuk mandi apa di oles

      Hapus
    4. kalo bayi boleh ga pake dettol

      Hapus
    5. gak apa2 si pak, tapi kasian dedeknya soalnya perih banget plus panas,

      Hapus
    6. Mba cuci muka boleh gak mba kalo herpesnya dekat mata

      Hapus
    7. Gimana kalau bayi usia 10bln.
      Ada herpes di bagian belakang.
      Cara pengobatannya gimana..???
      Obat apa yg akurat buat bayinya.

      Hapus
  12. Minum obar gatel saja,cepat mengering

    BalasHapus
  13. mba kalo udah minum acyclovir sama pake salep nya tp reaksi nya malah tambah keluar banyak kayak gelembung2 gitu itu gmn yah ??

    BalasHapus
  14. Mba kalo herpes dimana apa boleh cuci muka

    BalasHapus
  15. Mba itu di olesin na sehari brapa kali ..dettol antiseptuk nya

    BalasHapus
  16. Mba..klo handuknya dipake barengan ma orang lain berarti ada kemungkinan tertular lewat handuk ya?

    BalasHapus
  17. Ya Allah, ternyata banyak ya yg kena herpes,, aku juga gak tau kenapa tiba2 aku kena herpes, berhubungan badan juga egk, pergi kmna mana juga egk, aku heran tertular siapa dan dimana ? Awalnya di dengkul, dengkul sembuh pindah ke pinggangm pinggang sembuh pindah ke leher,,, itu jenis herpes apa ? Bisa sembuh total gak ?

    BalasHapus
  18. Klu gelembungnya boleh dipecah bisa ceput sembuh gk..tpi dengan hti2.gk smpai kena kulit laennya.efeknya gmn

    BalasHapus
  19. Mbak.. klo Hsv 2 brp bulan hasil Labor igM nya bisa negatif.. ? Udah 6bln tp hasi mci positif.
    Klo sering pke pk+betadin apa bisa sembuh dan igM nya bisa berubah negatif ya..?

    BalasHapus
  20. Mbak ibu saya.kena herpes sudah 8 hari.yang lama udah kering.tapi kok yg baru masih tumbuh lagi ya.padahal udah dikasi obat minum acyclofir sama salepnya juga.

    BalasHapus
  21. Aku kena herpes pindah pindah,dada sembuh pindah ke punggung,sembuh pindah di leher belakang,biar ga tumbuh lg herpesnha gmn ya?

    BalasHapus
  22. Kalo saya udh kena herpes 3 kali dan setiap tahun kena mulu di tempat yg berbeda apalagi kalo badan ga fit. Gimana cara buat bener bener sembuhin tanpa kambuhan lg yah mba. Cape euy huhuhu

    BalasHapus
  23. Saya udah kena herpes tiga kali dalam arti kambuhan sekali dalam setahunnya dan berbeda beda tempat kalo lagi kecapean. Gimana yah cara bener bener ngilangin tanpa kambuhan mba? .cape euy huhuhu

    BalasHapus
  24. Mbak.. Badan saya kayak cacar gtu... Tpi ga terlalu kelihatan cacar merah nya dan tidak menggelembung... Tpi ada satu titik yg menggelembung, di bagian punggung saya, yg laen nya cuma bercak merah gitu... Apakah itu herpes jg mbak... dan penanganan nya gimana....
    Kasi solusi donk... Saya dihantui rasa takut beberapa hari ini...

    BalasHapus
  25. Mbak.. Badan saya kayak cacar gtu... Tpi ga terlalu kelihatan cacar merah nya dan tidak menggelembung... Tpi ada satu titik yg menggelembung, di bagian punggung saya, yg laen nya cuma bercak merah gitu... Apakah itu herpes jg mbak... dan penanganan nya gimana....
    Kasi solusi donk... Saya dihantui rasa takut beberapa hari ini...

    BalasHapus
  26. Mba saya mau nnya cara cepat menghilangkan Herpes bagaimana selain pake detol

    BalasHapus
  27. Mba saya mau nnya cara cepat menghilangkan Herpes bagaimana selain pake detol

    BalasHapus
  28. Ibu saya kena dipanggang dan banyak sekali hampir rata muterin pinggang .... Seperti kebakar byk air nya ... Gmn solusinya nya ya

    BalasHapus
  29. Mba gmna sih cara ngobatin nya, di bibir sya ada seperti kaya sariawan tpi dia ngisi cair aneh kental kaya lendir klau sya pecah kanga bnyak sih cuman 1 tpi udah lama mba ada nya ,

    BalasHapus
  30. Mba sya kurang paham sma apa yg ada di bibir sya di bagian dalam, dya seperti sariawan tpi ada gelembung ngisi cairan mba,.. itu udah lama mba udah skitar 4 bulan tpi masih seperti ini mba,.
    Minta solusi ama resep nya mba

    BalasHapus
  31. Saya lagi kena herpes banyak banget di selangkangan dsn burung jugs, pantat kanan sampai paha kanan belakang penuh banysk sekali, dikadih dr vlorovil salep ssma clorovil tablet sekarang sudah sebulan dan kering, tapi madih perih walau ud dikasih salep hilang sebentar perih lagi, lagi cari kbat yg ampuh belum ketemu

    BalasHapus
  32. Mbak kalo Herpes dibagian leher trus Biasa kena baju itu Klo udah sembub + pake baju itu lagii bisa nular nggak klo do baju?

    BalasHapus
  33. Ane share pengalaman ya.. ke dokter d ksh salep dan tablet valaciclovir.. berkurang dan hampir sembuh,eh tumbuh lagi.. lalu ke dokter lg d ksh salep dan aciclovir.. uda abis obat, masi ada tp uda agak kempes. Baca di web ini tentang dettol, ane coba mlm hari, eh besoknya ilang. Ane pake tiap mandi pagi dan mlm 4 hari. Herpes ilang tp kulit jg ngelupas.. ganti kulit gt. Skrg lg tunggu ilang semua kulit lama nya. Mudah2an beres habis ini. Kulup ane buka kalo malem biar cepet kering.

    BalasHapus
  34. Berapa kali sehari di usap pakai dettol ka

    BalasHapus