By Siti Amini at 16.47 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati sakit  tenggorokan. Sakit tenggorokan biasanya merupakan tanda awal pilek atau influenza. Sakit tenggorokan ini lebih sering disebabkan oleh virus. Biasanya kalau kita sakit pada daerah tenggorokan di ikuti dengan gejala umum pilek seperti hidung meler, hidung tersumbat, rasa linu atau meriang, suara serak, badan panas dan terkadang disertai dengan batuk.


cara mengobati sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan yang umum terjadi adalah tonsilitis atau peradangan pada amandel. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengatasi amandel bisa sobat baca di cara mengobati amandel dengan bahan alami. Amandel merupakan suatu sistem kekebalan tubuh. Jika tenggorokan sakit karena sesuatu hal maka itu berarti daya tahan tubuh kita sedang jelek. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan mengangkat amandel kita. Lebih baik ita berusaha untuk mengobati amandel yang sering meradang.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Bayi

Pada bayi yang sedang mengalami batuk daan pilek pun juga akan merasa sakit di daerah tenggorokan. Untuk mengobatinya tentu tidak boleh sembarangan dan tidak sama dengan pengobatan pada orang dewasa, pengobatan peda bayi harus benar-benar diperhatikan dalam pemberian dosisnya karena organ tubuh pada bayi yang belum terbentuk sepurna seperti orang dewasa. Cara mengobati batuk pilek pada bayi lebih lengkapnya bisa dibaca di cara mengatassi batuk pilek pada bayi dengan aman.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Ada beberapa tips cara mengobati sakit tenggorokan secara alami, cara alami bisa sobat pilih jika sobat tidak suka minum obat ( seperti saya, hahahaha => senyum licik). Mengobati dengan cara alami sebaiknya juga dilakukan sebelum memilih pengobatan medis, karena terlalu banyak obat itu juga nggak baik bagi tubuh (khusus untuk sakit yang nggak berat ya,). Tips cara mengobati sakit tenggorokan secara alami antara lain:

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, kita tahu bahwa vitamin C sangat baik untuk menggantikaan sel tubuh yang rusak saat kita sakit. Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai cara mengobati sakit tenggorokan peras jeruk nipis lalu tambahkan madu atau gula aduk bersama air hangat lalu minum. Ingat ya, air hangat bukan air panas. Terlebih dahulu campurkan air dingin dengan air panas, jangan langsung menyeduh dengan air panas lalu di campur air dingin. Jika tidak suka dengan asamnya jeruk nipis, sobat bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah jeruk.


Cara mengobati sakit tenggorokan dengan teh jahe

Sebelumnya siapkan dulu tehnya, lalu memarkan jahe dan rebus sampai mendidih kemudian campurkan kedalam teh untuk di minum. Jahe mempunyai kandungan anti bakteri yang cukup baik untuk melawan kuman.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan air dan garam

Siapkan garam secukupnya dan 200 ml air putih matang. Campurkan garam dengan air tadi. Lalu gunakan untuk berkumur, jika perlu sobat bisa menambahkan dengan sedikit kunyit.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan sup ayam

Saat tenggorokan sakit, kita pasti akan kesulitan untuk menelan makanan, hal ini dapat kita siasati dengan mengkonsumsi sup ayam. Natrium yang terkandung di dalam sup ayam akan membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan. Selain itu makanan seperti sup ayam memudahkan kita untuk menelan dan mengurangi ketidaknyamanan saat makan.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan air putih

Banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari, agar semua racun yang ada di dalam tubuh dapat terbuang bersama dengan air kencing dan keringat yang dibuang ke luar tubuh.

Itulah beberapa tips cara mengobati sakit tenggorokan. Ingat sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dan virus itu tidak bisa di basmi menggunakan antibiotik, jadi lebih baik tetap pertahankan gaya hidup sehat dengan memperhatikan asupan nutrisi. Sekarang bukan lagi makanan 4 sehat 5 sempurna. Tapi makanan dengan gizi seimbang. Semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: