By Siti Amini at 08.41 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Makanan sehat untuk ibu hamil. Kehamilan adalah hal yang menggembirakan bagi semua orang khususnya ibu. Di usia kehamilan yang masih terbilang awal, terlebih buat calon ibu baru pasti masih bingung dengan hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan termasuk mengkonsumsi makanan. Banyaknya mitos yang beredar di masyarakat tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil membuat para calon ibu semakin bingung, karena semua ibu pasti ingin yang terbaik untuk anaknya.

makanan sehat untuk ibu hamil

Berbicara soal makanan, sebenarnya jenis makanan apa sih yang paling baik di konsumsi oleh ibu hamil itu. Makanan sehat untuk ibu hamil memang sangat perlu untuk diperhatikan, karena asupan nutrisi pada ibu langsung masuk juga ke dalam bayi. Apapun yang dimakan oleh sang ibu, itu pula yang dimakan oleh sang bayi. Jadi harus ekstra hati-hati.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Pada saat trimester pertama, bentuk janin di dalam rahim ibu masih berupa embrio dan besarnya hampir sama dengan biji selasih. Pada trimester ini asupan nutrisi untuk ibu hamil harus sangat ditingkatkan dan diperhatikan karena mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Pada saat usia kehamilan masih muda atau masih berada di trimester pertama (1-3 bulan), ibu akan sering merasakan mual bahkan muntah, ini disebut dengan morning sickness. Morning sickness tentu mempengaruhi asupan nutrisi pada ibu hamil karena setiap makan ibu pasti akan mual atau memuntahkan makanannya. Untuk mencegah kekurangan nutrisi bagi ibu hamil tentu kita harus mengatasi mual yang terjadi pada ibu hamil muda, tentang cara mengatasi mual pada ibu hamil bisa di baca di cara mengatasi mual saat hamil dengan bahan alami dan aman.

Makanan Yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil harus memperhatikan jenis makanan dan zat gizi yang di konsumsi, mengingat nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan janin. Beberapa makanan yang wajib ada dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil antara lain:

Makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung asam folat

Asam folat sangat penting untuk ibu hamil, karena asam folat berperan dalam penceggahan penyakit pada tulang belakang bayi yaitu tulang belakang tidak menutup sempurna. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat ini diantaranya kembang kol, kol, wortel, jagung, kedelai, brokoli, jeruk, alpukat, sereal yang terbuat dari gandum atau jagung.



Makanan sehat untuk ibu hamil dari buah dan sayur

Buah yang banyak mengandung vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu sayuran dan buah juga sangat diperlukan untuk meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh ibu untuk mencegah terjadinya anemia. sayuran yang paling bagus untuk di konsumsi ibu hamil adalah sayuran yang mempunyai warna hijau tua, misalnya bayam. Anemia dapat menimbulkan hal yang berbahaya pada janin maupun ibu jika tidak segera diatasi, bagaimana cara mengatasi anemia selengkapnya bisa dibaca di cara mengatasi anemia tanpa obat.

Makanan sehat untuk ibu hamil dari kacang-kacangan

Selain mengkonsumsi buah dan sayur, kacang-kacangan juga sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan protein nabatinya yang tinggi. Diantara jenis kacang buncis adalah kacang yang paling baagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena buncis mengandung kalsium dan olat yang tinggi.

Makanan sehat untuk ibu hamil dari ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Ikan salmon juga mengandung protein kualitas tinggi yang sangat baik untuk perkembangan bayi,salmon mengandung sedikit meerkuri namun untuk ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon dalam jumlah yang terlalu banyak, batas toleransi ikan salmon yang boleh di konsumsi oleh ibu hamil adalah 12 0ns per hari untuk mencegah penumpukan mercury mengingat ikan salmon mengandung mercury walaupun Cuma sedikit.

Makanan sehat untuk ibu hamil dari telur

Telur mengandung prootein dan mineral yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Telur juga mengandung kolin yang tinggi, kolin ini berguna untuk meningkatkan kesehatan otak bayi. Telur merupakan makanan yang sangat dianjurkan karena mengandung hampir 12 vitamin dan dalam sebutir telur terdapat sekitar 90 kalori yang terkandung.

Makanan sehat untuk ibu hamil dari pisang

Pisang mengandung vitamin B 6, serat, vitamin C, potasium dan juga asam folat. Zat-zat yang terkandung dalam pisang tersebut sangat penting untuk ibu hamil terlebih yang masih dalam trimester pertama karena pisang mampu mengurangi mual yang terjadi pada ibu hamil.

Makanan sehat untuk ibu hamil dari pepaya

Sama halnya dengan pisang, pepaya juga mengandung vitamin C, asam folat, potasium dan juga serat. Pepaya juga berguna untuk mengatasi sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil terlebih di trimester ke 3, cara mengatasi sembelit lebih lengkapnya bisa di baca di cara mengatasi susah buang air besar dengan bahan alami. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya yang belum matang, karena pepaya yang belum matang mengandung pepsin yang terdapat pada getahnya. Pepsin ini di ketahu dapat menyebabkan kontraksi.

Nah itu tadi beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, para calon ibu juga jangan lupa untuk memeriksakan kandungannya ke petugas kesehatan secara rutin untuk mengetahui perkembangan bayi dan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Selamat menanti kehadiran si kecil semoga si kecil lahir dalam keadaan selamat dan sehat walafiat. Amin.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar