By Siti Amini at 17.59 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat anak cerdas. Anak merupakan generasi muda yang memegang tumpuan besar untuk kesejahteraan di masa depan. Presiden, menteri, pejabat tinggi, pengusaha, wiraswata dan lain sebagainya bermula dari anak kecil yang mungkin tidak pernah menyangka bahwa kelak suatu ketika mereka akan menjadi orang hebat seperti sekarang ini. Anak – anak merupakan aset terbesar bagi suatu bangsa. Dimulai dari masa anak, pembentukan karakter dan kepribadian bisa dilakukan. Walaupun dirasa sulit  untuk melakukannya, namun hal ini penting demi masa depan mereka.

Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

cara mencerdaskan anak
Otak mulai berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan. Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi terlahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun. Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda – beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya.


Cara Membuat Anak Cerdas dan Pintar

Untuk menstimulasi agar otak anak dapat berkembang, adabeberapa tips yang bisa bunda lakukan antara lain dengan memilih mainan yang tepat. Beberapa jenis mainan yang bisa menjadi pilihan bunda antara lain:

Mainan Edukatif untuk Stimulasi Otak

Kecerdasan otak anak bisa dirangsang melalui mainan edukatif. Mainan diberikan berdasarkan kategori usia dan perkembangan kemampuannya. Pemberian mainan edukatif sedini mungkin sesuai dengan usianya diharapkan untuk menstimulasi otak dengan optimal dan meningkatkan kreativitas anak. Biarkan anak berkreasi dengan mainan yang dimilikinya. Biasanya orang tua membatasi anak dalam hal pembelian mainan, asalkan masih dalam jumlah wajar sesuai keadaan keuangan serta mempunyai manfaat yang baik untuk perkembangan kecerdasan anak maka tidak ada salahnya.

Jenis mainan edukatif yang bisa dipilih untuk menstimulasi otak anak seperti puzzle, lego, balok bangun ruang, model rakitan (mobil, pesawat rakit, dan lain sebagainya) bisa berfungsi untuk melatih motorik halus, motorik kasar, kesabaran, kemampuan spasial dan koordinasi antara mata dengan tangan. Ada pula permainan yang bisa untuk meningkatkan daya ingat anak seperti kartu bergambar yang mempunyai keterangan di belakangnya, buku cerita bergambar, catur.

Kemampuan bahasanya juga bisa dilatih dengan memberinya permainan dimana terdapat rangkaian beberapa huruf yang dipasang acak namun diantaranya terdapat kata yang bisa terbaca. Permainan semacam scrable juga bisa diberikan, dimana anak diminta untuk menyusun kata seperti pada permainan teka – teki silang. Selain kecerdasan IQ, kecerdasan EQ juga perlu untuk distimulasi. Berikan permainan berupa alat musik kepada anak seperti gitar atau piano mainan untuk melatih konsentrasi dan kecerdasan EQ.

Mencerdaskan Anak Sejak dalam Kandungan

        Dalam berbagai kajian ilmiah, pada usia beberapa minggu janin telah mampu merasakan getaran suara. Musik yang didengar itu mampu diterima sebagai getaran vibrasi. Pada kondisi ini otak juga sudah mulai berfungsi walaupun masih dalam taraf yang sederhana. Jika musik yang didengar ibu bernuansa lembut, maka vibrasi suara yang dialami janin akan terkesan lembut dan otak akan menginterpretasikan kelembutan vibrasi tersebut. Sebaiknya pada periode kehamilan ibu sering mendengarkan musik lembut guna memberi pengaruh kelembutan janin.

Cara mencerdaskan anak dengan mendengarkan musik klasik
        Pada usia kehamilan 20 minggu bayi hendaknya diperdengarkan berbagai jenis musik. Mozart, sejenis musik klasik disarankan nuntuk diperdengarkan kepada bayi dalam kandungan karena iramanya yang rileks dan tenang. Bayi akan merasa tenang jika didengarkan musik yang biasa didengar saat masih di kandungan. Bayi juga akan menunjukkan kapasitas belajar yang tinggi, memiliki IQ yang lebih tinggi dan lebih kreatif, serta bayi lebih percaya diri. Nantinya bayi ini akan menjadi bayi yang dinamis, rileks, dan penuh  inisiatif. Dia juga akan  mudah menyesuaikan diri secara sosial, serta memiliki koordinasi fisik yang baik

Ketika seorang anak mendengar musik, sel dan saraf otak sibuk bekerja untuk mengirimkan data suara. Ketika musik dihentikan, otak sibuk melakukan proses pencaman serta inkubasi. Dalam proses pencaman, otak merekam notasi – notasi suara yang pernah didengar, sedangkan proses inkubasi otak mengolah data suara dan mengaitkan data tersebut secara asosiatif dengan pengalaman – pengalaman yang lain. Melalui proses ini akan terbentuk simbol – simbol bunyi yang dikaitkan dengan pengalaman tertentu. Aktivasi otak yang tidak pernah berhenti ini semakin giat jika perangsangan musik diberikan secara terus – menerus. Kondisi ini akan mengacu perkembangan otak menjadi lebih cepat dan potensi otak semakin terangsang. Oleh sebab itu perangsangan musik cenderung meningkatkan fungsi kerja otak.

Cara mencerdaskan anak dengan mengajak komunikasi
Sebaiknya sejak dalam kandungan janin mulai diajak untuk berkomunikasi. Berikan stimulasi berupa sentuhan di perut ketika janin melakukan gerakan dan mengajaknya berbicara ketika usia kehamilan 23 minggu. Meski pada usia demikian kemampuan bayi untuk menanggapi terbatas namun janin bisa membedakan antara suara ayah dan suara ibu. Setelah bayi lahir, bayi juga perlu diajak bicara. Walaupun bayi belum mengerti apa yang dibicarakan oleh orang tua namun stimulasi ini baik untuk perkembangan bayi. Berikan kasih sayang yang hangat kepada bayi dan hindarkan bayi dari kondisi stress.

Berikan Nutrisi yang Baik

Konsumsi makanan yang berkualitas tidak hanya diberikan kepada bayi setelah dilahirkan, namun ketika masih di dalam kandungan. Ibu hamil dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati (ayam, ikan, daging, telur, susu, kacang – kacangan), makanan sumber vitamin A (hati, telur, sayuran dan berwarna kuning, sayuran berwarna hijau, minyak), zat besi (daging berwarna merah, unggas, ikan, kacang – kacangan, daun sayuran berwarna hijau, makanan yang difortifikasi) dan asam folat (hati, sayuran hijau, kacang – kacangan). Setelah dilahirkan bayi diberikan asi eksklusif hingga usia 6 bulan. Selama menyusui pun ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak. Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi yang baik dan seimbang maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya, selain itu akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal – hal baru. Berikan anak makanan yang mengandung asam lemak omega-3, asam folat, vitamin B6, antioksidan dan serat untuk stimulasi, kerja dan perkembangan otak yang lebih baik.

Beberapa jenis makanan baik yang mengandung nutrisi bagus untuk otak diantaranya adalah :

Kacang-kacangan
Kacang kenari, kacang almond, kacang pecan, kacang hijau, buah berry, telur, ikan, daging sapi bebas lemak.

Buah berry
Buah berry (strawberry, blueberry, blackberry) berfungsi untuk menambah daya ingat,

Telur
Telur mengandung kolin pada kuning telurnya yang membantu perkembangan otak, Jika si kecil alergi pada suatu jenis makanan tertentu hal ini pasti akan mempengaruhi asupan nutrisi. Tentang bagaimana mengatasi alergi pada si kecil bisa bunda baca di solusi tepat dan mudah cara mengatasi alergi pada bayi.

Ikan
Salah satu komponen yang terkandung dalam ikan yang berperan dalam mencerdaskan otak adalah DHA, omega 3. Kedua komponen tersebut merupakan asam lemak esensial yang memiliki khasiat untuk membantu perkembangan otak dan menjadi stimulant positif dalam menguatkan daya ingat.

Jangan biasakan anak untuk makan makanan cepat saji atau junk food. Makanan yang seperti ini kaya karbohidrat tapi rendah akan nutrisi lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI hingga 6 bulan kemudian dilanjutkan dengan pola makan sehat hingga usia 2 tahun memiliki nilai IQ 2 poin lebih tinggi saat mereka berusia 8 tahun. Para peneliti juga menemukan bahwa makanan siap saji bayi akan memiliki efek negative terhadap kecerdasan jika diberikan saat usia 6 bulan.

Masa golden age, yaitu masa 1000 hari pertama kehidupan bayi merupakan masa penting. Pemenuhan nutrisi yang tepat dan seimbang serta stimulasi yang baik selama periode ini akan membantu kerja jaringan saraf sehingga semakin banyak jaringan saraf yang tersambung dan semakin cepat anak menangkap informasi. Perkembangan bayi menjadi sempurna dan anak akan tumbuh menjadi cerdas.

baca juga:

cara mengatasi anak susah makan nasi dan sayur


Semoga bermanfaat untuk bunda dan buah hati.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar