By Siti Amini at 11.27 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi depresi. Di jaman modern ini, salah satu penyakit psikologi yang dikenal dengan depresi banyak diderita oleh manusia. Apa sobat salah satunya? Semoga saja tidak ya. Namun, banyak sekali artis-artis dari artis dalam negeri, Hollywood, bahkan sampai artis korea yang terkena penyakit depresi ini. Sebut saja, penyanyi kondang Whitney Houston dan aktor ternama Robbin Williams. Sebenarnya apa sih depresi itu sobat? Menurut ilmuwan yang bernama Phillip L. Rice, depresi adalah gangguan mood, kondisi emosional yang berkepanjanga yang mewarnai seluruh proses mental, yaitu berpikir, berperasaan, dan berperilaku seseorang. Pada umumnya, mood yang secara dominan muncul adalah perasaan yang tidak berdaya dan seperti kehilangan harapan.

Cara Mengatasi Depresi dan Stress

cara mengatasi depresi
Depresi bisa dialami oleh siapapun. Entah dari kalangan menengah kebawah, kalangan menengah sedang, maupun kalangan menengah keatas. Penyebab depresi sangatlah bermacam – macam. Namun, yang banyak terjadi depresi mulai muncul ketika kehilangan seseorang yang sangat berarti bagi dirinya, bisa ibu, bapak, kakak, adik, bahkan kekasih. Perasaan yang dirasakan bagi seseorang penderita depresi biasanya seperti merasa tidak memiliki harapan hidup lagi setelah orang yang berarti itu tiada. Bagaimana dengan stress? apakah stress sama dengan depresi, dan bagaimana trik mengatai stress ini. Temukan jawabannya di cara mengatasi stress pikiran dengan mudah. Selain itu, penyebab depresi lainnya dapat dilihat dari beberapa faktor, antara lain:

1. Faktor Biologis
Misalnya, seseorang yang mempunyai penyakit serius, beranggapan umurnya tidak akan lama lagi, banyak dari mereka mengalami depresi. Faktor biologis lainnya juga akibat pengaruh hormonal, pasca melahirkan, dan penurunan berat badan yang drastis.

2. Faktor Psikososial
Faktor psikososial ini meliputi konflik individual, masalah eksistensi dirinya, masalah pribadi, dan masalah keluarga. Banyak sekali akibat faktor psikososial, misalnya seseorang menyalonkan dirinya sebagai anggota legislative dengan modal yang sangat besar, ia menjual aset keluarganya dengan yakin akan terpilih menjadi anggota legislatif. Namun, ketika hasil akhir keluar dirinya ternyata kalah. Seketika, sekeluarganya mengalami krisis ekonomi, dan dirinya menjadi depresi memikirkan kelanjutan hidupnya.

Mengatasi Depresi Berat

Gejala yang ditimbulkan apabila seseorang terkena depresi juga sangat banyak. Namun, secara umum depresi biasanya disebabkan oleh menurunnya produktifitas kerja, mudah merasa lelah, susah konsentrasi, kehilangan rasa percaya diri, sensitive, merasa dirinya tidak berguna, perasaan terbebani dan gangguan pola tidur. Karena pola tidur yang terganggu lama-lama akan menyebabkan depresi, ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gangguan tidur buat sobat yang sering mengalaminya, trik dan tips cara mengatasi susah tidur bisa sobat baca di cara mengatasi susah tidur alami dan aman. Dalam beberapa kasus, depresi lebih banyak dialami oleh para wanita, namun lebih banyak lelaki yang mengakhiri depresi mereka dengan cara bunuh diri. Jangan terburu-buru melakukan hal negatif jika sobat sedang mengalami depresi, karea banyak sekali cara mengatasi depresi yang bisa kita lakukan. Caranya, mari kita baca yang dibawah ini:


Cara mengatasi depresi dengan rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga, dapat membantu tubuh kita lebih sehat, terutama bila berolahraga di pagi hari dapat menghirup udara segar, dapat pula menyegarkan pikiran kita, dan membuat hari kita menjadi lebih positif.

Cara mengatasi depresi dengan berjalan-jalan

Tentu hampir semua manusia di dunia ini sangat senang jika berjalan – jalan. Maka, ada baiknya bila sobat pergi berjalan – jalan, bis ke pegunungan, pantai, ataupun danau. Lebih baik lagi jika, udara di tempat yang kita tuju masih sejuk, dan kita dapat menghirup udara segar disana.

Cara mengatasi depresi dengan tersenyum dan tertawa

Segala masalah yang ada di dunia ini pasti terdapat jalan keluarnya. Oleh karena itu, tersenyum dan tertawalah atas segala masalah yang dihadapi.

Cara mengatasi depresi dengan berfikir positif

Ya memang sulit untuk berpikir positif bila kita sedang dihantui perasaan tidak tenang dan dihantui depresi. Namun, tidak ada salahnya untuk kita belajar beroikir positif selalu.

Cara mengatasi depresi dengan meditasi

Sebuah penelitian dilakukan tentang meditasi, didapat bahwa meditasi dapat mencegah depresi. Meditasi memberikan dampak tenang bagi diri yang melakukannya.

Cara mengatasi depresi dengan yoga

Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh, yaitu dapat mengatasi gangguan emosi, depresi berat, mengurangi stress, dan meningkatkan kualitas diri.

Cara mengatasi depresi dengan kunyit

Tanaman yang berwarna kuning ini, mempunya banyak sekali kegunaannya. Selain sebagai pewarna makanan alami, ternyata kunyit juga sama efektifnya dengan Prozac dalam mengurangi gejala depresi.

Cara mengatasi depresi dengan bercerita

Jika sobat punya masalah ada baiknya berceritalah ke orang terdekat. Ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi depresi. Karena, masalah yang dihadapi pasti akan terasa lebih ringan lagi bila ada orang terdekat yang mengetahui. Bukan tidak mungkin, jika mereka memberika saran dan nasehat yang baik untuk masalah yang kita hadapi.

Cara mengatasi depresi dengan berserah diri pada Tuhan YME

Cara yang satu ini tentu cara yang paling ampuh, dengan berserah diri pada Tuhan YME meyakinkan kita bahwa semua sudah digariskan oleh NYA. Untuk orang islam dengan beristigfar dan membaca ayat-ayat al Qur'an akan membantu mendamaikan hati. Begitu pula dengan agama yang lainnya. Dengan melakukan kebaikan dan berserah diri akan membuat hati damai dan jauh dari depresi.

Demikian tadi mengenai depresi dan cara mengatasi depresi, semuanya kembali lagi pada diri kita masing – masing. Cobalah selalu berpikir positif ya sobat, jangan sampai depresi ini menyerang kita semua. Bahkan, beberapa peneliti memprediksi bahwa beberapa tahun yang akan mendatang, penyakit depresi ini akan semakin mewabah di masyarakat luas.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar