By Siti Amini at 03.19 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Kaki yang membengkak biasanya adalah masalah kehamilan yang paling sering terjadi pada si ibu. Sebenarnya wajar atau tidak sih bengkaka pada kaki ang terjadi pada ibu hamil? Sebenarnya bengkak pada kaki atau yang biasa di sebut dengan edema pada kaki adala hal yang normal selama pembengkakan atau edema tidak disertai dengan keluhan lain misalnya pusing yang berkepanjangan.

Cara mengatasi kaki bengkak ketika hamil. 

cara mengatasi kaki bengkak saat hamil
Ketika hamil, banyak sekali perubahan tubuh yang terjadi, salah satunya adalah pembengkakan pada kaki ini. Sebenarnya apa sih yang membuat kaki menjadi bengkak. Pembengkakan di kaki yang sering terjadi pada ibu hmamil biasanya disebabkan oleh  fisiologis kehamilan itu sendiri. Pada saat hamil, tubuh akan cenderung menahan air sekitar 30% didalam tubuh. hal ini di karenakan adaptasi tubuh untuk mencukupi peredaran sirkulasi cairan tubuh ke tubuh si ibu dan sang janin. Selain karena hal tersebut, pembengkakan pada kaki juga disebabkan oleh kondisi si ibu  yang perutnya semakin membesar. Karena keadaan perut yang semakin membesar, akan membuat pembuluh darah balik terencet sehingga dapat menyebabkan aliran darah menjadi tidak normal. Darah yang beradadi kaki akan tertahan dan tidak dapat kembali lagi ke atas karena pembuluh darah vena tergencet. hal tersebut membuat penumpukan cairan berlebih pada kaki karena letak kaki yang berada di bawah.

 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat hamil 8 bulan.

Bengkak yang terjadi pada ibu hamil ini seringnya terjadi pada kehamilan umur 7 bulan keatas, namun kadang kehamilan dengan usia 6 bulan pada sebagian ibu hamil sudah mengalaminya.

Beberapa tips cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa bunda lakukan dirumah antara lain:

Usahakan agar posisi kaki lebih tinggi dari pada jantung

Posisi ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah balik dari kaki dengan memanfaatkan gaya gravitasi, yaitu mengalir dari tempat tinggi ketempat yang lebih rendah. Dengan memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung, akan membuat kerja jantung lebih ringan saat menarik kembali cairan menuju ke jantung.

Usahakan tidak terlalu lama berdiri

Untuk bunda yang dalam keadaan hamil, terlebih hamil besar usahakan jangan berdiri terlalu lama. hal ini dapat membuat pembengkakan pada kaki menjadi semakin parah. Perahnya pembengkakan ini terjadi karena saat berdiri, jantun akan lebih mudah memompa darah ke arah kaki mengingat letak kaki yang ada di bawah dan jantung akan kesulitan menarik kembali cairan atau darah dari kaki karena pembuluh darah balik tergencet oleh si janin.

gunakan posisi miring ke kiri saat tidur

Saat tidur usahakan agar bunda untuk miring kekiri. hal ini dapat berpengaruh baik pada jantung bunda. Saat bunda tidur dengan posisi miring kekiri, selain karena tekanan pada jantung berkurang dengan tidur posisi seperti ini akan membuat bunda merasa nyaman terlebih saat usia kehamilan semakin tua.

Usahakan jangan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama juga akan membuat aliran balik darah terganggu sehingga kaki akan bengkak, saat bunda duduk usahakan agar posisi kaki lebih tinggi dari jantung.


hindari konsumsi garam yang berlebih

Konsumsi garam yang berlebih akan memperparah pembengkakan yang terjadi, mengingat sifat garam adalah mengikat cairan. Selain mengikat cairan, garam juga dapat mepengaruhi tekanan darah menjadi tinggi. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil sangatlah berbahaya, keadaan ini disebut dengan pre eklamsi. Untuk menghindari terjadinya per eklamsi karena darah tinggi ini bunda dapat membaca di cara mengobati darah tinggi alami dan aman.

Lakukan olahraga ringan

gerakan ringan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada bunda. Ibu hamil yang kurang beraktivitas akan cenderung mempunyai bengkak pada kaki yang lebih parah.

Ikuti senam hamil jika perlu

Senam hamil dapat memberikan manfaat yang banyak sekali, selain melancarkan peredaran darah senam hamil juga bisa membantu mempersiapkan persalinan yang mudah.

Nah itu tadi beberapa tips cara mengatasi kaki bengkak saat hamil, ingat ya bun bengkak pada kaki saat hamil adalah hal ang normal selama tidak disertai dengan keluhan pusing apalagi dengan darah tinggi. Jika kaki bunda bengkak dan disertai dengan darah tinggi segera periksakan kondisi bunda kedokter karena ha l itu sangat berbahaya bagi bunda sendiri dan jugaa bagi janin bunda.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar