By Siti Amini at 15.05 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati alergi. Pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan istilah alergi. Tidak semua orang mempunyai alergi, dan alergi yang dimiliki oleh setiap orang berbeda – beda. Istilah alergi sudah dikenal sejak lama. Bila sobat mempunyai alergi, tidak ada salahnya sobat untuk mengetahui apa itu alergi dan penyebab alergi itu sendiri. Alergi merupakan reaksi sensitivitas yang berlebih terhadap benda asing atau yang disebut dengan alergen di dalam tubuh. Sensitivitas atau kepekaan terhadap alergen antara satu orang dengan orang lainnya berbeda – beda. Misalnya, ada satu orang yang peka dengan alergen A, tapi bisa saja ada orang lain yang tidak peka dengan alergen yang sama.

Cara Mengobati Alergi Pada Bayi

cara mengobati alergi
Banyak hal yang bisa menjadi sumber alergi, misalnya saja adalah makanan, keadaan cuaca, obat – obatan kimia tertentu, serbuk sari, debu, spora jamur, kosmetik, bahan – bahan kimia seperti cat, alergi bulu binatang. Pada bayi, alergi biasanya terjadi karena susu formula yang diberikan tidak cocok dengan kondisi tubuh si kecil. Bagaimana cara mengobati alergigt; yang terjadi pada si kecil, baca selengkapnya di solusi tepat dan mudah cara gobatiasi alergi pada bayi.

Bagaimana alergi bisa terjadi
Di dalam tubuh manusia terdapat mekanisme pertahanan berupa humoral dan selular, hal itu tergantung pada aktivasi sel B dan sel T yang ada di tubuh. Pada sistem imunitas humoral yang berperan adalah sel B, sedangkan pada respon imunitas selular yang berperan adalah sel T. Selain itu, di dalam tubuh manusia juga terdapat antigen. Antigen merupakan zat yang merangsang sistem imunitas sehingga dapat menghasilkan antibodi. Adanya gangguan atau aktivitas berlebihan pada antigen akan menimbulkan reaksi sensitivitas atau kepekaan yang berlebihan.

Faktor yang Berhubungan
Faktor yang berhubungan dengan terjadinya alergi diantarnya adalah faktor keturunan, lingkungan , dan makanan yang dikonsumsi. Faktor keturunan merupakan faktor yang paling banyak berpengaruh terhadap terjadinya alergi. Sedangkan faktor lingkungan yang berkaitan dengan terjadinya alergi diantaranya adalah polusi udara, kebersihan lingkungan atau dengan adanya binatang tertentu di sekitar.

Keturunan
Orang tua yang memiliki alergi maka tidak menutup kemungkinan anaknya juga akan menderita alergi. Kemungkinan tersebut lebih besar dibandingkan dengan anak yang orang tuanya tidak memiliki alergi. Anak yang orangtuanya tidak mempunyai alergi kemungkinan akan menderita alergi sebesar 10%. Apabila salah satu orang tua mempunyai alergi maka kemungkinan anak menderita alergi sebesar 30%, sedangkan anak dengan kedua orang tua yang mempunyai alergi maka kemungkinan anak menderita alergi sebesar 50%.

Lingkungan 
Banyak alergen yang berasal dari lingkungan sekitar. Debu, tungau, kosmetik, bulu hewan, rumput atau serbuk sari bunga, zat – zat kimia seperti cat, cairan pembersih lantai, obat serangga juga bisa menjadi alergen potensial di lingkungan. Adanya alergen di lingkungan dapat meningkatkan risiko alergi pada saluran pernapasan, yaitu asma. Alergen yang demikian bisa berasal dari spora jamur, kecoa, tungau, debu dan bulu hewan. Alergi sering terjadi di wilayah industri dibandingkan dengan wilayah pertanian. Paparan alergen di awal kehidupan adalah faktor yang paling bisa memicu terjadi alergi.


Cara Mengobati Alergi Dingin

Gejala seseorang menderita alergi dingin adalah kulit terasa gatal dan merah – merah atau disebut biduran ketika lingkungan sedang bercuaca dingin. Sering juga kulit yang gatal menjadi bengkak. Terkadang hidung menjadi berair dan sebagian orang juga bisa mengalami asma sebagai reaksi alergi terhadap cuaca dingin. Untuk menghindari dan mengobati alergi dingin maka yang perlu sobat lakukan adalah:

Cara mengobati alergi dengan obat

Obat anti alergi ini bisa dijumpai di apotek – apotek terdekat. Obat alergi yang bisa dikonsumsi misalnya CTM atau cetirizine. Apabila gatal sudah mulai menyerang sobat juga bisa menggunakan lotion anti gatal yang mengandung histamine atau caladine yang banyak dijual di toko – toko.

Cara mengobati alergi dengan menghangatkan diri

Pakailah jaket atau pakaian yang tebal ketika cuaca dingin tiba

Cara mengobati alergi dengan olahraga

Rajinlah berolah raga untuk menghasilkan hawa panas di dalam tubuh sehingga cuaca dingin di luar dapat dilawan, seperti jogging.



Cara Mengobati Alergi Makanan 

Mungkin kebanyakan orang memiliki alergi pada konsumsi jenis makanan tertentu. Makanan yang sering kali menyebabkan alergi diantaranya adalah kerang – kerangan, kacang – kacangan, buah – buahan (melon, strawberry, nanas, dll), tomat, pewarna atau penyedap makanan. gejala seseorang yang mengidap alergi terhadap konsumsi makanan tertentu diantaranya adalah:

1. Diare
2. Mual
3. Muntah
4. Sakit kepala
5. Kembung
6. Nyeri perut
7. Rasa gatal di tenggorokan, mata, kulit, bibir membengkak
8. Hidung tersumbat, hidung meler
9. Sesak napas
10. Bengek
11. Kesulitan menelan

Untuk mengetahui jenis sumber makanan apa saja yang bisa memicu alergi biasanya menggunakan tes diet eliminasi dan provokasi. Tes ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bisa menimbulkan alergi selama 2-3 minggu. Ini disebut dengan diet eliminasi. Bila tidak ada keluhan alergi lalu dilanjutkan dengan tes diet provokasi yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang dicurigai sebagai pemicu alergi selama 1 minggu. Apabila selama 3 kali diet provokasi menimbulkan gejala maka makanan tersebut merupakan penyebab alergi.

Seorang yang menderita alergi makanan bisa mengalami salah satu gejala di ataas ketika mengkonsumsi makanan tertentu. Penting bagi seorang penderita alergi makanan tertentu untuk menghindari konsumsi makanan yang diduga sebagai alergen. Konsumsi obat antihistamin secara teratur atau jika alergi sudah menjadi berat dapat ditambahkan dengan obat kortikosteroid secara rutin. Mencoba untuk terapi homeopatik menggunakan madu untuk mengurangi keluhan gatal-gatal merah dan bentol tidak ada salahnya asalkan dengan pendampingan ahli terapis.

Cara mengobati alergi Obat

Ciri seseorang alergi terhadap obat diantaranya yaitu adanya rasa gatal, merah, biduran pada kulit, wajah bengkak, sesak napas, anafilaksis (tandanya adalah penyempitan saluran pernapasan, naadi cepat, mual, muntah, penurunan tekanan darah, rasa melayang bahkan kehilangan kesadaran). Untuk mengetahui jenis obat apa yang diduga sebagai penyebab alergi dapat menggunakan tes provokasi obat dan tes kulit intrakutan.

Tes provokasi obat digunakan untuk mengetahui alergi terhadap obat yang diminum. Tes ini dilakukan dengan pendampingan ahli. Caranya, pasien minum obat dengan dosis yang dinaikkan secara bertahap kemudian ditunggu reaksinya selama 15-30 menit. satu jenis obat hanya digunakan untuk satu hari. Tes bisa dilanjutkan menggunakan jenis obat lain dengan jarak minimal 1 minggu. Sedangkan pada tes kulit intrakutan dilakukan untuk mengetahui alergi terhadap obat suntikan. Tes dilakukan dengan cara menyuntikkan obat di kulit lengan bawah. Bila terjadi reaksi berupa bentol, merah atau gatal berarti obat suntikan tersebut adalah sumber alerginya.

Untuk menghindari reaksi alergi sebaiknya hindarkan diri mengkonsumsi obat yang telah diduga sebagai penyebab alergi. Namun alergi pada obat ini biasanya bisa datang secara tiba – tiba. Seorang yang dahulunya tidak merasakan efek setelah minum obat tertentu, suatu ketika bisa merasakan gejala alergi setelah minum obat tersebut.

Cara Mengobati Alergi Bahan Kimia

Bahan kimia juga bisa menyebabkan alergi. Bahan kimia yang biasa menyebabkan alergi adalah detergen, cairan pembersih rumah, kosmetik, atau cairan kimia lainnya. Gejala alergi terhadap bahan kimia antara lain adalah gatal, bercak merah kulit dan kulit menjadi bersisik. Apabila sudah kronis akan mengakibatkan kulit menjadi menebal dan kering. Untuk menghindari reaksi alergi sebaiknya pilihlah kosmetik atau detergen yang mengandung bahan hipoalergenik. Bahan ini akan melindungi kulit sehingga kulit menjadi lembab. Apabila alergi disebabkan oleh detergen maka ketika mencuci baju menggunakan sarung tangan hingga siku agar busa sabun tidak menempel di kulit. Begitu pula dengan penggunaan cairan pembersih rumah atau cairan kimia lainnya, gunakan sarung tangan dan juga masker ketika kontak dengan bahan tersebut. Cara pengobatan apabila sudah terjadi reaksi alergi sama dengan cara pengobatan alergi yang lain, yaitu dengan segera meminum obat yang mengandung antihistamin atau dengan penggunaan salep khusus alergi.

Cara Mengobati Alergi Debu, Serbuk Sari, Asap

Debu memang tidak bisa dihindari apabila seorang sering beraktivitas di luar rumah. Di dalam rumah pun debu kerap muncul jika tidak rajin dibersihkan. Sebagian kecil orang juga alergi apabila menghirup serbuk sari tanaman. Cara untuk mengatasi alergi karena hal tersebut adalah dengan menghindari objek penyebab alergi. Misalnya dengan menggunakan masker apabila sedang beraktivitas di lingkungan yang berdebu. Hindari asap rokok dan asap - asap lainnya. Reaksi karena alergen berupa debu, serbuk sari atau asap biasanya berupa asma dan sesak napas. Untuk mengobatinya bisa menggunakan obat - obatan yang dapat meringankan asma. Bisa juga dengan menggunakan inhaler khusus untuk untuk asma. Segera hindari tempat yang banyak mengandung alergen tersebut agar memperingan gejala.

Makanan untuk Obat Alergi

Sobat, ada juga lho makanan yang bisa meringankan atau bahkan mengobati alergi yang sobat alami, diantaranya:



Cara mengobati alergi dengan madu

Apabila sobat bukan merupakan penderita alergi madu, madu bisa dijadikan terapi pengobatan alergi karena madu murni yang dikonsumsi setiap hari dapat membangun antibody tubuh terhadap alergen.

Cara mengobati alergi dengan teh hitam

Teh hitam atau teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi alergi dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

Cara mengobati alergi dengan kacang kenari

Kacang kenari mengandung alpha-linolenic acid dan omega-3 yang bereaksi cepat meringankan alergi. Lemak yang terkandung dalam kacang kenari akan menjaga system kekebalan tubuh tetap baik.

Cara mengobati alergi dengan yoghurt non gula

Yoghurt tanpa rasa non gula dipercaya dapat mencegah alergi hingga 40%.

Cara mengobati alergi dengan jahe

15 gram jahe, 30 cc rice vinegar, ditambah dengan gula merah secukupnya. Bahan tersebut direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. airnya disaring dan diminum. Lakukan hal tersebut sehari sekali secara teratur.

Cara mengobati alergi dengan daun sambung nyawa

Siapkan 7 lembar daun sambung nyawa, 30 gram sambiloto segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc air. Airnya disaring. Ramuan ini diminum apabila alergi menyerang hidung

Cara mengobati alergi dengan daun pegagan

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain 30 gram daun pegagan, 10 gram bawang putih. Bahan direbus dengan air 500 cc hingga air tersisa 250 cc. Airnya disaring dan diminum hangat. Ramuan ini diminum apabila alergi menyerang paru-paru sehingga menimbulkan asma. Untuk lebih lanjut tentang cara mengatasi sesak nafas yang disebabkan oleh asma bisa sobat baca di cara mengatasi sesak nafas dengan cepat dan mudah.

Demikian tadi beberapa cara mengobati alergi yang bisa kita coba untuk mengurangi gejala alergi yang timbul. Selamat mencoba semoga lekas sembuh.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar:

  1. Ada nggak alergi disebapin oleh sabun mandi?
    Apa sama dengan detergen?
    Aku kena gatal" tpi tidak terlalu memperhatikn disebabkan oleh apa..
    Mohon petunjuk nya..
    Terimakasih..

    BalasHapus