By Siti Amini at 21.26 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengobati panu. Hai sobat! Kali ini akan membahas tentang panu. Apa sih sebenarnya panu itu sobat? Panu yang nama lainnya adalah Tinea Versicolor adalah penyakit kulit yang ditimbulkan oleh jamur Candida Albicans atau Malassezia Ovale. Jamur ini muncul ketika sobat berada di suatu tempat dan cuaca di tempat itu panas.

Penyakjt panu cukup mudah untuk dikenalin, karena ditangan oleh bercanda warna kulit yang terkena panu berbeda warnanya, bisa lebih hitam ataupun lebih putih dari warna asli kulit dan timbul rasa gatal terutama ketika sobat berkeringat. Lain halnya dengan jerawat, jika kulit yang berjerawat itu akan menonjol, sedangkan kulit yang mengalami penyakit panu tidak akan menonjol.


Cara Menghilangkan Panu yang Sudah Menyebar

Panu biasanya muncul di area - area yang banyak mengeluarkan banyak keringat, misalnya area wajah, punggung, dan juga leher. Perlu diingat ya sobat, bahwa panu tidak disebabkan oleh jenis makanan yang kita makan, seperti layaknya alergi. Panu juga bukan penyakit yang berbahaya, tetapi dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, terutama jika penderita panu di bagian wajah dan bagian - bagian tubuh lainnya yang terlihat oleh orang lain. Apalagi orang - orang banyak menganggap bahwa penyebab timbulnya panu adalah Akibat dari ketidakbersihan seseorang, sehingga banyak yang menganggap orang yang terkena panu itu jorok dan menjijikan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Burket Secara Alami dan Mudah


Sebenarnya, orang yang terkena panu itu belum tentu seseorang yang sehari - harinya jorok, karena banyak sekali faktor penyebab munculnya panu.

Faktor - faktor penyebab panu, yaitu:
  • Kulit yang berminyak.
  • Keringat yang berlebihan.
  • Perubahan hormonal.
  • Immunosupression, yaitu ketidakmampuan sistem imun seseorang untuk melindungi fotonya dari serangan jamur. 
  • Penggunaan obat-obat tertentu. 
  • Cuaca yang panas. 

Cara Mengobati Panu Secara Alami

Setelah sobat membaca faktor - faktor penyebab panu, pasti sobat ingin tahu kan apa saja sih ramuan - ramuan tradisional yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi panu yang sangat mengganggu ini, yuk kita cari tahu.

Cara mengobati panu dengan lengkuas

Siapkan beberapa ruas lengkuas. Cuci bersih lengkuas yang sudah disiapkan tadi, lalu parut hingga halus. Kemudian, peras lengkuas yang telah diparut. Setelah itu, oleskan air hasil perasan lengkuas ke area yang terserang panu. Ulangi beberapa kali secara rutin sampai panu menghilang.


Cara mengobati panu dengan bawang putih

Siapkan beberapa siung bawang putih. Pilih bawang putih yang masih segar dan belum layu. Kupas bawang putih, iris menjadi dua bagian. oleskan irisan bbawang putih tadi ke area kulit yang terdapat panu.

Cara mengobati panu dengan belimbing wuluh

Bahan yang diperlukan antara lain:
  • Belimbing Wuluh
  • Air Kapur Sirih

Cara membuat ramuan:
Cuci hingga bersih belimbing wuluh. Setelah bersih, haluskan belimbing wuluh, lalu campurkan dengan air kapur sirih. Aduklah hingga rata, kemudian oleskan secara merata di area kulit yang terkena panu.

Cara mengobati panu dengan belerang

Bahan yang diperlukan:
  • Belerang
  • Minyak Kelapa
  • Jeruk Nipis

Cara untuk membuat ramuan:
Tumbuk belerang yang telah disiapkan sampai halus. Setelah itu, campur Belerang yang sudah halus dengan air perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Lalu, oleskan di area yang terkena panu. Kandungan mineral pada belerang terkenal dengan keampuhannya untuk menghilangkan jamur penyebab panu di kulit.

Cara mengobati panu dengan jeruk nipis

Sediakan 1 buah jeruk nipis yang masih segar. Cuci bersih kemudian belah menjadi dua bagian. Lalu, oleskan pada bagian yang terdapat panu.  Selain untuk mengobati panu, jeruk nipis juga punya banyak sekali manfaat diantaranya untuk mencerahkan wajah secara alami. Yuk baca di pemutih wajah alami dari bahan tradisional. Selain dua manfaat tadi jeruk nipis biasanya juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat yang bopeng dan membandel nggak mau ilang dari wajah. Yuk baca di cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Selain menggunakannya bahan - bahan alami dan membuatnya sendiri, sobat juga dapat memakai obat luar yang dapat dibeli di pasaran sebagai pilihan cara mengobati panu.

Untuk mengbati panu dengan obat-obatan pilih obat yang mengandung fungisol, interzol, molders, mycoral, kehomed, dan lain - lain. Obat yang mengandung kandungan ini, efektif untuk digunakan di area yang terkena panu. Obat luar ini bisa berapa bedak tabur ataupun cream.

Namun, bila sobat tidak terkena panu, lebih baik lagi jika sobat mulai mencegah timbulnya panu dengan beberapa cara berikut ini:
  • Mandi secara teratur.
  • Hindari pakaian yang tidak dapat menyerap keringat.
  • Simpan pakaian di tempat kering.
  • Pastikan sirkulasi udara di sekitar anda lancar.
  • Selalu rutin mencuci handuk setelah 3 hari digunakan.
  • Hindari terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung.
  • Rajin lah mandi teratur.
  • Hindari produk kecantikan yang mengandung banyak minyak.
  • Hindari menggunakan baju atau peralatan mandi orang yang mempunyai panu

Itulah beberapa cara mengobati panu di kulit beserta cara - cara menghindari panu yang bisa sobat coba dirumah. Untuk mencegah timbulnya panu pada kulit kita, marilah kita memulai hidup sehat agar senantiasa terlindungi dari penyakit yang ringan maupun yang berbahaya.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar