By Siti Amini at 15.57 , have 39 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Makanan bayi usia 6 bulan. Bayi Ibu sekarang sudah berusia 6 bulan. Jika Ibu sudah sukses menjalankan ASI eksklusifnya selama 6 bulan maka setelah lepas 6 bulan Ibu sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Tidak selamanya kebutuhan gizi bayi bisa dipenuhi hanya dengan pemberian ASI. Seiring dengan pertambahan usianya, bayi membutuhkan kecukupan gizi yang berbeda dibandingkan dengan usia sebelumnya. Bayi akan mulai membutuhkan zat besi dari sumber lain mulai usia 6 sampai 9 bulan.

Makanan Bayi Umur 6 Bulan Pertama

makanan bayi usia 6 bulan
Makanan bayi yang sehat adalah makanan yang dibuat sendiri di rumah atau home made. Makanan home made untuk bayi lebih terjamin kebersihannya, tanpa tambahan bahan pangan lainnya dan lebih banyak variasinya karena kita sendiri yang membuat. Sebelum membuat makanan bayi perlu diperhatikan bahan apa saja yang boleh diberikan untuk bayi sesuia dengan usianya. Pilihlah sayuran dan buah – buahan organik karena bebas dari pestisida. Jika tidak ada sayuran atau buah organic maka cucilah buah dan sayuran tersebut hingga benar – benar bersih agar bebas dari pestisida dan bakteri berbahaya. Selalu pilih sayur dan buah yang segar untuk diberikan ke buah hati.

Bayi berusia 6 bulan bisa diberikan Makanan bayi usia 6 bulan dari pure atau bubur halus. Lakukan pemberian Makanan bayi usia 6 bulan dari pure secara bertahap teksturnya. Pada awal pemberian sebaiknya berikan Makanan bayi usia 6 bulan dari pure yang encer karena bayi sudah terbiasa untuk mengkonsumsi ASI sebelumnya. Kemudian tekstur Makanan bayi usia 6 bulan dari pure bisa dibuat semakin kental sesuai dengan pertambahan usianya. Jangan berikan bahan tambahan termasuk gula atau garam ke dalam makanan bayi usia 6 bulan karena fungsi ginjalnya belum sempurna. Rasa dari Makanan bayi usia 6 bulan dari pure asli sudah cukup memberi rasa bagi bayi.

Makanan diberikan sedikit demi sedikit pada saat pertama pemberian agar bayi terbiasa dengan rasa dan teksturnya. Jumlah pemberian makanannya bisa ditambah seiring dengan perkembangan bayi. Pemberian makanan sedikit demi sedikit juga bertujuan untuk mengetahui reaksi alergi makanan pada bayi. Biasakan bayi untuk mengkonsumsi Makanan bayi usia 6 bulan dari pure sayur karena kebanyakan anak sekarang susah untuk makan sayur sebab rasanya yang hambar. Biasakan anak untuk merasakan sayur dari usia bayi.

Resep Makanan Bayi  6 Bulan

Beberapa resep makanan bayi usia 6 bulan yang bisa menjadi referensi untuk bunda memberikan makanan pendamping ASI antara lain:

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure beras merah atau beras putih

Bahan yang disediakan:
  • Beras merah secukupnya
  • ASI

Cara membuat:
Beras merah atau beras putih dimasak menjadi bubur, disaring kemudian dicampur dengan ASI.

Bubur susu

Bahan yang disediakan:
  • 10 gram tepung beras/tepung sagu/tepung maizena/tepung hunkwe/tepung kacang hijau. Jangan gunakan tepung terigu
  • 20 sdm (200 ml) ASI

Caran membuat:
Masak tepung dengan sedikit air. Setelah masak tuangkan di mangkuk kemudian tambahkan dengan ASI. Sebaiknya gunakan tepung buatan sendiri.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure avokad

Bahan yang disediakan:
  • 50 gram avokad kupas, cuci berih, potong-potong
  • 3 sdm (30 ml) ASI

Caran membuat:
Blender avokad hingga lembut (tanpa tambahan air), tuang ke mangkuk makan bayi kemudian campur dengan ASI, aduk rata. Segera berikan kepada bayi.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure pisang

Bahan yang disediakan:
  • 50 gram pisang ambon kupas, potong-potong
  • 3 sdm (30 ml) ASI

Cara membuat:
Blender pisang dan ASI hingga lembut. Tuang ke mangkuk dan segera berikan kepada bayi.

Pisang juga bisa dimanfaatkan utuk mengatasi wajah kusam loh bun, yuk baca infonya di Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Dengan Mudah

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure papaya

Bahan yang disediakan:
  • 50 gram papaya kupas cuci bersih dan potong-potong
  • 3 sdm (30 ml) ASI

Cara membuat:
Blender papaya hingga lembut. Tuang Makanan bayi usia 6 bulan dari pure papaya ke mangkuk. Tambahkan ASI dan aduk rata. Segera berikan kepada bayi.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure pir dan papaya

Bahan yang disediakan:
  • 30 gram pir kuning, cuci bersih, kupas dan ambil daging buahnya
  • 25 gram papaya matang, cuci bersih, kupas dan potong-potong
  • 3 sdm (30 ml) ASI

Cara membuat
Pir dikukus hingga empuk. Blender pir dan papaya hingga halus. Tuang ke dalam mangkuk kemudian tambahkan ASI.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure apel

Bahan yang disediakan:
  • 50 gram apel manis, cuci bersih, kupas dan ambil dagingnya.
  • 2 sdm (20 ml) ASI atau jus jeruk manis

Cara membuat:
Kukus apel hingga empuk. Blender hingga lembut bersama dengan ASI atau jus jeruk manis. Sebelum diberikan ke bayi saring Makanan bayi usia 6 bulan dari pure jika perlu.



Makanan bayi usia 6 bulan dari pure papaya pisang

Bahan yang disediakan:
  • 25 gram papaya matang, kupas dan potong-potong
  • 50 gram pisang ambon kupas dan potong-potong
  • 2 sdm (20 ml) ASI atau jus jeruk manis

Cara membuat:
Blender papaya dan pisang hingga lembut. Tuang ke mangkuk dan tambahkan ASI atau jus jeruk manis. Aduk rata.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure kentang

Bahan yang disediakan:
  • 3 buah kentang, kupas, cuci dan potong-potong
  • ASI secukupnya

Cara membuat:
Kukus kentang hingga lunak. Tiriskan kentang kukus kemudian haluskan kentang dengan garpu atau food processor. Tambahkan ASI dan aduk rata.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure jagung manis

Bahan yang disediakan::
  • 100 gram jagung manis pipil
  • 100 ml ASI

Cara membuat:
Kukus pipilan jagung manis hingga lunak. Campurkan dengan ASI kemudian blender. Saring Makanan bayi usia 6 bulan dari pure untuk menghilangkan kulit biji jagung yang tersisa.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure ubi jalar ungu

Bahan yang disediakan:
  • Ubi jalar ungu secukupnya, cuci bersih
  • Kaldu ayam/sapi asli secukupnya

Cara membuat:
Kukus ubi jalar hingga lunak. Kupas kemudian haluskan. Tambahkan dengan air kaldu secukupnya hingga pada kekentalan yang diinginkan.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure kacang hijau

  • 2 sdm munjung kacang hijau
  • ASI secukupnya

Cara membuat:
Rebus kacang hijau hingga empuk. Saring bubur kacang hijau kemudian campur dengan ASI

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure kacang merah

  • 100 gram kacang merah
  • ASI secukupnya

Cara membuat:
Rebus kacang merah hingga empuk. Saring bubur kemudian campur dengan ASI

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure bayam labu kuning

Bahan yang disediakan:
  • 50 gram labu kuning, cuci bersih, kupas dan potong
  • 50 gram daging ayam, cuci bersih dan potong dadu
  • 25 gram bayam, potong tangkainya dan cuci bersih
  • 50 ml ASI

Cara membuat:
Rebus potongan labu kuning dan ayam hingga matang. Masukkan bayam ke dalam rebusan kemudian rebus lagi hingga bayam lunak lalu tiriskan. Haluskan bahan yang sudah ditiriskan. Bisa ditambah dengan sedikit sisa air rebusan atau bisa juga ditambah dengan ASI.

Jadwal Pemberian Makanan bayi usia 6 bulan

Bayi usia 6 bulan diberikan makan sebanyak 2-3 kali sehari, yaitu disekitar jam 9-10 pagi dan disekitar jam 4-5 sore. Pada saat malam hari cukup berikan ASI. Bayi juga bisa diberikan makanan selingan berupa sari buah atau pisang lumat pada siang dan sore hari. Sisanya berikan ASI sesuai dengan keinginan bayi.

Wajib bunda baca:
1. tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 8 bulan

2. tekhnik cara menyusui bayi yang tepat.

Demikian tadi beberapa tips resep Makanan bayi usia 6 bulan yang bisa untuk bunda berikan pada buah hati bunda. Selamat mencoba, semoga si buah hati tumbuh dengan sehat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

39 komentar:

  1. Mau tanya buk bidan, bayi saya usia 7 bulan kok belum bisa tengkurap ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Teguh bayinya lahir normal apa prematur? :), biasanya bayi akan mulai belajar tengkurap sejak usia 2 , 3 atau 4 bulan. Tapi ada beberapa bayi juga yag belajar lebih lama dari usia tersebut. Pak teguh bisa membantu menstimulasi bayi dengan cara meletakkan bayi dengan osisi tengkurap, setelah itu bantu balikkan badan bayi. Lakukan latihan ini sekitar 2 atau 3 menit. Setelah terbiasa, durasi bisa ditambahkan natara 5 sampai 6 menit. lakukan latihan ini secara rutin. Jika masih belum ada perkembangan segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak :)

      Hapus
  2. Bu bidan , mw nanya umur brpa bln bayi boleh menggunakan baby walker? Anak saya usia 6 bln berat lahir 2.8kg skrg 7 kg, apakah sudah ideal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayi berusia 5 -15 bulan sudah boleh menggunakan baby walker. Tapi saat ini penggunaan baby walker di beberapa negara maju sudah mulai di kurangi. Mengingat beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan karena penggunaan baby walker ini, misalnya saja terjatuh.

      Selain itu beberapa riset mngatakan, bayi yang tidak menggunakan baby walker akan lebih berkembang daripada bayi yang menggunakan baby walker, karena bayi yang todak menggunakan baby walker akan lebih bebas untuk bergerak seperti berguling2, tengkurap, atau berlatih berdiri :)

      Hapus
  3. Untuk puree kentang, apakah bikin baby usia 6 bulan sembelit? Saya ragu2 untuk memerikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal diberi asi yang cukup saya rasa tidak apa2. Keponakan saya dikasih pure kentang, terkadang dicampur telur. BAB nya tetep lancar. :)

      Hapus
  4. untuk beberapa resep yang dari beras boleh tidak jika dimasak pagi2 sebelum ibu kerja untuk dimakan 2 kali diwaktu tersebut diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, yang penting dijaga kebersihan dan higienitas makanan.

      Hapus
    2. Boleh, kl mau disimpan di freezer jg bisa asal ASI yg dipakai ASI yg baru dipompa bukan yg dicairkan sebelumnya :) *bantujawab

      Hapus
  5. pengetahuan baru..makasih informasinya

    BalasHapus
  6. baby sy dri 5blan udah sy bri mpasi bun,ap it ngg pa2?
    .mslahx stiap liat org mkan,maux jg mkan smpai2 ngunyah2 gituu...

    BalasHapus
  7. Bu Bidan,anak sya stiap hari sdh diberikan pisang,pepaya,alpukat bahkan menu sll berganti tpi knpa anak sya sll mau muntah?

    BalasHapus
  8. siang bu bidan anak sya usia 4bln
    Dan sepertinya anak sya dah mulai
    Lapar apakan byi 4bln sudah bleh
    Di kasih mkn??

    BalasHapus
  9. siang bu bidan anak sya usia 4bln
    Dan sepertinya anak sya dah mulai
    Lapar apakan byi 4bln sudah bleh
    Di kasih mkn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya berikan MAPASI setelah anak berusia 6 bulan. Asal asupan ASI cukup bayi tidak akan merasa lapar :)

      Hapus
  10. Bu bidan klw untuk membuat makanan bayi 6 bln ASI nya bisa d ganti dengan formula???trima ksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASI bisa tetap diberikan, kalo sudah 6 bulan bisa ditambah dengan susu formula :)

      Hapus
  11. Bu bidan maaf mau tanya, ank sya bru mau 6 blan, dn bru mau di berikan makan, makanan yg pertama kali di makan bayi bru brumur 6blan baik nya makanan apa ya ? Dn ank sya BAB nya tdk teratur ana 2hri skali, 1 hri skali, bahkan smpe hri ini sudh hri ke 4 ank sya blm BAB, itu knpa ya ? Tolong bantu ya bu bidan, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh resep diatas sudah bisa diberikan untuk bayi 6 bulan. Kemungkinan besar BAB bayi tidak lancar karena kekurangan serat atau jumlah ASI yang diberikan masih kurang. Kalau bayi diberi susu formula hindari memberikan sufor yang terlalu kental karena dapat meningkatkan resiko sembelit dan obesitas

      Hapus
    2. Bubidan.. saya mau tanya.. ini bayi saya sudah berusia 4bulan tp bab kenapa cair gtu ya bu . Dulu masih usia 1mgg bab biasa sedikit padat dan seperti bab pada umumnya ini kok cair ya bu.. anak saya full asi bu apa efek dari faktor makanan saya ya bu ?

      Hapus
    3. Bu bidan saya mau tanya . Bayi saya kan full asi dari usia 3hari sampai dg sekarang anak saya bab nya kok cair ya dokter tdk padat spt sblmnya dan babnya lebih dari 2x dalam 1hari . Kira2 itu pengaruh dr apa yg saya makan atau memang seperti itu ya bu ?

      Hapus
    4. gpp bu, memang begitu. Bayi yang baru lahir konsentrat BAB nya agak encer. Makanan bunda tidak berpengaruh pada BAB bayi, Tapi gizi dari makanan bunda yang berpengaruh. Bunda tidak perlu membatasi atau menghindari jenis makanan tertentu karena mitos :)

      Hapus
  12. bu bidan saya mau tanya anak saya sekarang 5 bulan. masi asi eksklusif. hanya saja kenapa anak saya susah tidur yah? setiap mau tidur harus netek. jika sudah terlelap saya cabut nipple saya dia terbangun lg..berulang2 terus seperti itu. paling lama dia terlelap hanya 30menit saja. tolong infonya bu bidan. karena sudah hampir seminggu dia begitu terus. tlong infony bu bidan. makasi sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi untuk saat ini bayi bunda mengalami fase Growth spurts. Dimana bayi membutuhkan asupan makanan yang lebih tinggi. Saat fase ini bayi akan lebih sering merasa lapar dan sering terbangun terlebih saat malam hari. Dalam fase ini juga nanti pertumbuhan bayi akan lebih signifikan, biasanya berlangsung sekitar 1 mingguan. :)

      Hapus
  13. Maaf bu bidan mau tanya, jika kita mpasi tapi tdk dcmpur susu gmn ya? Soalnya asi saya tdk bs dperas( cukup untuk minum baby) terus sufor blm pernah dikasih. Ada saran tdk supaya anak senang dg mpasinya. Baby saya 6 bulan

    BalasHapus
  14. Bu bidan anak saya sudah di kasih makan tp bab nya 2atau3 hr sx tp sembelit.ap solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mf bu bantu jawab, mungkin kurang serat ya bu mpasinya,kmrn anak sy sy kasih MPASI labu kuning kukus,ubi jalar kukus,sayur labu siam di timnya buah pepaya dll jadi bab nya lancar 2 x sehari

      Hapus
  15. bu anak saua 6 bulan boleh diberi air jeruk ?

    BalasHapus
  16. anak saya ga bisa minium sufor nya pake botol,kenapa ya? anak saya 6 bulan.

    BalasHapus
  17. Bu bidan mau tanya.untuk penambahan asi pd makanan nya ap bs d gnti dg sufor?
    Dan brp takaran nya

    BalasHapus
  18. Bu bidan mohon dijwb ya.
    Anakku dri bayi smpe skrang umur 6 Bln BaB susah sekali lhoh jarang2 bgt.bisa smpe 10 hari tdk BAB (ASI)
    Kalo jwb an bubidan ASI yg diberikan masih kurang tpi baby ku setiap habis menyusui dia sendawa trus apa itu masih kurang pemberian ASI nya..trus bagaimana cara memperlancar utk dia bisa bab?? Di usia 6 Bln ini saya sdh berikan MPASI Tpi bab nya masih saja gak lancar kadang 4 hari baru bab dan itu pun (maaf) pup nya keraass sekali pdahl saya beri MPasi nya itu sudah encerrr.. Mohon jawaban nya ya bubid..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikasi pepaya bun, bisa jadi seratnya kurang

      Hapus
  19. Bu bidan anak saya umur6bln bru 4hr mpasi saya beri labu kuning dengan asi sama bubur sun yg beras merah,jeruk baby , sama pisang cavendish. Tp skrg 4hr blm bab itu kenapa ya.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikasi pepaya bun, bisa jadi seratnya kurang

      Hapus
  20. Sekarang ini kan banyak tepung beras jadi, ada yg melabeli dirinya dgn 'organik', untuk pemberian awal bolehkah pakai tepung itu bu?

    BalasHapus
  21. Bu bidan anak saya umur 5 bulan 2 mgu, dia sudah bs tengkurap tp blm bs balik terlentang lg.. Dan kalau saya mau ajarin biar dia cpt merangkak bagaimana caranya ya?

    BalasHapus
  22. Bu bidan, mau nanya. Anak saya usia 6 bulan. Kenapa sering keluar kotoran (belekan) di matanya ya bu. Apalagi klo bangun tidur, matanya rapat susah dibukanya. Kalo siang hari juga sering keluar kotoran matanya. Mohon bantu jawab ya bu Bidan. Makasih

    BalasHapus
  23. Bu anak saya usia bru 4bln asi eksklusif bab nya gak lancar kadang sampai 1minggu sekali dan rewel jd sya kasih pure pepaya n babnya sekrg 2hr sekali, aman gak ya Bu.....

    BalasHapus