By Siti Amini at 22.14 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat membaca. Selama ini kita sudah tahu bahwa membaca dapat menambah pengetahuan dan memperkaya wawasan. Tapi tahukah sobat membaca juga menyimpan manfaat yang lain? Berbagai penelitian membuktikan membaca ternyata bermanfaat pula bagi kesehatan. Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang manfaat membaca bagi kesehatan:

manfaat membaca

Manfaat Membaca Buku

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa sobat dapatkan saat sobat membaca buku:

Menurunkan tingkat stress

Stress dapat memicu timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan. Membaca buku fiksi, puisi, atau buku apa saja yang disenangi terbukti dapat memberi ketenangan dalam hati dan pikiran seseorang. Ini berarti secara tidak langsung membaca dapat menurunkan tingkat stress, bukan?

Selain dengan membaca, ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengurangi stress yang melanda. Bagaiman caranya yuk baca di Cara mengatasi stress pikiran dengan mudah

Menghindari resiko penyakit Alzheimer (kepikunan)

Para peneliti menyebutkan, membaca dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah kehilangan memori di otak. Otak sama seperti organ tubuh lainnya, yang juga memerlukan latihan untuk menjaga stabilitasnya agar terhindar dari berbagai gangguan. Menurut para ahli, adapun cara melatih otak tersebut dapat berupa kegiatan seperti membaca dan bermain catur.


Memperpanjang usia harapan hidup

Sebuah studi dari University of Wisconsin-Madison menyatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap beberapa orang yang selalu memperoleh nilai terbaik pada waktu di sekolah tinggi, ternyata persentase mereka yang memiliki masalah kesehatan saat mereka beranjak tua itu sangat sedikit sekali. Bahkan, rata-rata mereka mampu hidup lebih lama dibanding teman-teman mereka yang lainnya.

Mengatur pola tidur sehat 

Membaca dapat membuat seseorang lebih mudah ngantuk. Terlebih jika buku yang dibaca mempunyai materi yang berat. Selain itu, dengan membaca sebelum tidur akan membuat tidur lebih lelap. Tidur yang lelap dengan waktu yang cukup akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan segar.

Baca juga: Cara mengatasi susah tidur secara alami dan mudah.

Nah, sekarang sudah tahu bukan bagaimana manfaat membaca bagi kesehatan? Apakah sobat masih tetap ingin malas membaca? Mulai dari sekarang sebaiknya sobat pikir-pikir lagi!

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: