By Siti Amini at 20.29 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Obat alergi gatal. Rasa gatal di kulit memang sangat mengganggu. Apabila gatal di kulit karena gigitan nyamuk maka hal itu bisa dianggap wajar. Namun bila gatal di kulit karena adanya alergi pastinya membuat tidak nyaman sobat sekalian. Sedang asyik berkumpul dengan teman – teman atau sedang dalam moment penting tiba – tiba alergi kulit muncul, selain mengganggu penampilan juga mengganggu rasa nyaman. Rasa gatal di kulit bisa bersifat sementara sampai berkepanjangan. Apabila terjadi berkepanjangan sungguh sangat tidak diharapkan karena mengganggu aktivitas pekerjaan sehari – hari tentunya.

Obat Alergi Gatal Kulit

obat alergi gatal
Sobat perlu tahu gejala – gejala alergi yang timbul di kulit. Gejala alergi pada kulit diantarnya adalah kulit terasa gatal, kulit merah berbintik – bintik, kulit menjadi menebal dan menjadi kebiruan atau hitam dan bisa juga timbul eksim. Eksim ada 2 jenis yaitu eksim basah dan eksim kering. Pada eksim basah ditandai dengan kulit tampak melepuh merah, basah, bengkak dan timbul bintil putih yang mengandung air atau nanah. Pada eksim kering, kulit tampak bersisik keras, kemerah – merahan dan kulit menjadi tebal.

Gejala utama eksim kulit adalah berupa gatal, terasa panas atau dingin berlebihan, kemerahan di kulit, terasa sangat kering dan menebal. Penyebab eksim kulit dapat dibedakan menjadi eksim alergis, eksim kontak, dan eksim karena popok pada bayi. Eksim alergi disebabkan karena alergi terhadap makanan, eksim kontak terjadi karena alergi terhadap suatu benda dan terjadi beberapa waktu setelah bersentuhan dengannya. Eksim kontak dapat ditimbulkan oleh alergi terhadap perhiasan (anting – anting, gelang, rantai) dari nikel dan krom.

Selain itu juga dapat timbul karena kontak dengan obat – obatan kimia seperti cat rambut, dan lain sebagainya. Sobat pasti sudah sering mendengar kulit bayi sering merah karena pemakaian popok, itu juga bisa termasuk eksim. Eksim popok terjadi pada bayi karena kontak terlalu lama dengan air seni atau kotoran yang ada di popok. Eksim popok pada bayi ditandai dengan adanya ruam merah dan bruntusan pada kulit bayi di sekitar popok.

Penyebab Gatal Alergi pada Kulit
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab gatal pada kulit bisa karena alergi pada makanan, alergi terhadap zat kimia, kosmetik, alergi terhadap bahan – bahan pakaian tertentu, atau juga pada obat – obatan. Alergi pada obat di istilah kedokteran disebut dengan drug eruption. Obat – obatan yang biasa menimbulkan alergi adalah obat antibiotik, obat antijamur atau obat nyeri narkotika. Obat ini akan menimbulkan ruam dan gatal – gatal yang luas bagi yang mengidap alergi. Beberapa tips cara mengobati alergi bisa sobat baca di tips cepat dan tepat mengatasi alergi

Obat Alergi Gatal Alami

Pada saat kehamilan pun bisa timbul gatal – gatal di kulit bagian lengan, payudara, perut dan paha. Apabila sebelum masa kehamilan ibu tersebut mengalami alergi hingga timbul eksim maka pada saat hamil kondisinya kulitnya akan semakin buruk.

Cara mengatasi Alergi Gatal pada Kulit

Pengobatan dengan obat topikal sering dipilih karena alasan kepraktisan. Tujuan pengobatan topikal adalah untuk mengatasi kekeringan dan peradangan kulit. Obat topikal yang bisa digunakan adalah krim kortikosteroid. Namun perhatikan pemakaian krim kortikosteroid golongan kuat di area wajah. Apabila alergi kulit sudah teratasi maka dengan segera alihkan dengan kortikosteroid golongan lemah.

Alergi kulit di wajah sebaiknya menggunakan krim hidrokortison 1%. Pengobatan menggunakan obat golongan steroid juga bisa digunakan namun perlu diperhatikan penggunaannya karena bisa menimbulka efek samping seperti penipisan kulit dan sindrom chusing. Oleh karena itu penggunaan steroid harus dengan resep dokter. Pengobatan topikal kimia mungkin dipandang bagus dan praktis namun tidak ada salahnya dan lebih baik jika mencoba untuk menggunakan obat alergi gatal dari bahan tradisional yang lebih alami dan tanpa efek samping.



Obat alergi gatal dari bahan alami

Cara alami mengobati alergi gatal pada kulit adalah sebagai berikut:

Obat alergi gatal dari daun sirih
Daun sirih dipercaya mampu mengatasi gatal pada kulit. Caranya adalah dengan merendam beberapa daun sirih secukupnya di dalam air hangat selama beberapa saat. Air rendaman daun sirih ini dapat digunakan untuk mandi atau membasuh kulit tubuh yang terasa gatal. Selain untuk mengatasi alergi, daun sirih juga berguna untuk mengatai keputihan, selengkapnya bisa sobat baca di cara mengatasi keputihan secara tradisional.

Obat alergi gatal dari daun ketepeng cina
Penggunaan daun ketepeng cina untuk mengatasi gatal cukup sederhana yaitu dengan cukup mengoleskannya ke bagian kulit yang gatal.


Obat alergi gatal dari Jahe, beras putih, gula merah
Cara memanfaatkan jahe untuk mengatasi gatal alergi kulit adalah dengan merebus 15 gram jahe, 30 cc cuka beras putih atau rice vinegar, gula merah secukupnya, dan 400 cc air. Rebus bahan – bahan tersebut hingga air tersisa setengahnya. Air rebusan tersebut kemudian diminum.

Obat alergi gatal dari daun salam
Daun salam biasanya tersedia di dapur dan sebagai penyedap makanan. sebagai obat gatal, daun salam yang masih segar cukup ditumbuk kasar kemudian diletakkan pada bagian kulit yang gatal.


Obat alergi gatal dari Temulawak, sambiloto dan kunyit
Sediakan 20 gram kunyit yang sudah dikupas, 30 gram temulawak, 10 gram sambiloto. Cuci bersih semua bahan tersebut lalu rebus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Saringlah air rebusan. Minum ramuan tradisional tersebut 2 kali sehari.


Obat alergi gatal dari Daun sirih dan kulit buah manggis
Sediakan 20 lembar daun sirih dan 100 gram kulit buah manggis. Cuci bersih semua bahan kemudian rebus dengan air secukupnya. Gunakanlah air rebusan ramuan untuk mencuci bagian kulit yang gatal.


Obat alergi gatal dari Minyak kelapa, daun sidaguri
Sediakan minyak kelapa dan daun sidaguri secukupnya. Cuci bersih daun sidaguri lalu haluskan. Tambahkan minyak kelapa dan aduk rata. Oleskan campuran ramuan tersebut ke kulit yang gatala.

Obat alergi gatal dari Bawang merah dan herba tumbuhan thyme
Siapkan perasan bawang merah dan herba tumbuhan thyme. Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi seperti krim. Sebelum memakai bersihkan dahulu kulit dengan air hangat atau larutan cuka encer. Oleskan ramuan pada kulit yang terkena eksim.

Obat alergi gatal dari Daun sirih merah dan rimpang remu manga
Sediakan daun sirih merah yang lebat dan tebal sebanyak 6 lembar dan rimpang remu manga 5 jari. Bahan tersebut dicuci berish dan diris tipis kemudian direbus dengan 4 gelas air. Rebus hingga air tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari. Sekali minum cukup ½ gelas. Ramuan bisa ditambahkan air perasan jeruk nipis dan madu murni 2 sendok teh. Sisa air bisa disimpan di kulkas dan jika hendak diminum lagi dipanaskan terlebih dahulu.

Obat alergi gatal dari Daun lidah buaya dan bubuk sambiloto
Sediakan daun lidah buaya secukupnya, kupas dan haluskan bagian dalamnya. Campurkan dengan bubuk sambiloto secukupnya dan aduk rata hingga menjadi agak kental. Oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim.


Obat alergi gatal dari Minyak goreng dan garam
Kedua bahan tersebut sangat mudah di dapat karena selalu berada di dapur. Minyak goreng dan garam dapat digunakan sebagai obat gatal alergi dengan cara mencampurkan minyak goreng dengan sedikit garam dan oleskan ke kulit yang gatal.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar