By Siti Amini at 16.30 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Perkembangan bayi 4 bulan. Bayi Ibunda sekarang sudah berusia 4 bulan. Bersyukur sekali jika buah hati bisa melewati 4 bulan kehidupan pertamanya. Ibunda pasti tidak sabar mengetahui bagaimana perkembangan bayi tercinta selanjutnya. Melihat masa – masa lucu dan menggemaskan sang buah hati merupakan momen yang paling bahagia bagi orang tua. Sebagai orang tua dianjurkan untuk terus memonitor perkembangan buah hatinya sesuai dengan tahapan usianya. Berikut ini adalah kemampuan normal yang dilakukan oleh bayi usia 4 bulan.

perkembangan bayi 4 bulan

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan. 

Berguling

Pada usia 4 bulan bayi sudah memiliki kontrol terhadap kepalanya. Kemampuan leher untuk menahan kepala mulai terlatih. Hal ini memungkinkan bayi untuk mempertahankan posisi leher ketika berada dalam posisi tengkurap. Melalui kekuatan leher yang dimilikinya dia bisa memandang lurus ke depan waktu di posisi terlentang. Lengan kakinya menjadi bebas bergerak seiring dengan kemampuannya menggerakkan kepala.

Ketika dalam posisi tengkurap bayi pun mampu mendongakkan kepalanya hingga membentuk sudut 90 derajat, sehingga memungkinkan dia untuk melihat ke segala arah di depannya. Bahkan dari posisi tengkurap, dia sudah memiliki kemampuan untuk berguling terlentang. Namun pada usia ini bayi masih belum bisa untuk tengkurap sendiri.

Pada usia 4 bulan bayi baru bisa memiringkan badannya, berguling dari posisi satu ke posisi lainnya. Ini adalah tahap awal dia belajar tengkurap. Oleh karena itu Ibu harus memancing buah hati untuk berguling dengan meletakkan mainan kesukaannya pada jangkauan yang sedikit agak jauh dari dia, selanjutnya bayi akan berusaha berguling untuk meraih mainannya.

Memegang Benda

Bayi usia 4 bulan sudah bisa memegang benda. Dia akan menggapai apa saja yang ada di jangakauannya termasuk rambut orang yang mengasuhnya, boneka gantung di tempat tidurnya, atau objek lain yang tergantung di dekatnya. Namun untuk memegang benda yang agak sedikit besar dari genggamannya dia masih belum mampu. Dia bisa memegang benda tersebut tetapi terkadang masih terlepas dari tangannya. Ini dikarenakan bayi belum kuat memegangnya.

Info yang perlu bunda tahu juga: Teknik Cara Menyusui yang Benar Pada Bayi

Kemampuan Melihat

Penglihatan bayi pada usia 4 bulan mulai tajam. Awalnya dia hanya tertarik dengan warna yang terang atau hitam putih dan belum bisa mebedakan warna dengan kontras yang hampir sama, tapi sekarang dia sudah mempunyai kemampuan membedakan kontras warna. Secara kasat mata, indra penglihatannya juga mulai bekerja dengan baik karena biasanya pada usia 4 bulan mata bayi tidak juling lagi dan sudah bisa fokus. Kedua bola matanya sudah bisa mengikuti benda di sekitarnya secara bersamaan.



Kemampuan Komunikasi dan Bahasa

Pengekspresian emosi pada bayi usia 4 bulan mulai terlihat. Dia akan mengekspresikan dirinya melalui decakan atau tertawa. Dia akan tertawa jika sedang merasa senang, dia akan memasang muka cemberut jika sedang lelah atau kesal. Umumnya pada usia ini bayi berbicara dengan menggunakan suara tenggorokan yang berbunyi “rrrrr”.

Pada tahap perkembangan bayi 4 bulan, bayi juga mulai belajar mengenali emosi dari suara orang lain. Dia akan memberi tanggapan yang berbeda terhadap suara yang bernada marah atau senang. Jika bayi diajak berbicara maka dia akan merespon balik dengan mengeluarkan suaranya. Saat ini dia juga mulai mempelajari sebab akibat, misalnya jika dia sedang menangis maka dia tahu kalau nanti akan ada orang dewasa yang menghampirinya.


Baca juga:
1. Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan 

2. Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Ulasan di atas merupakan beberapa tahap perkembangan bayi 4 bulan pada normalnya. Namun setiap bayi mempunyai keunikan tersendiri. Ada yang dapat berkembang dengan cepat dan ada yang berkembang dengan perlahan. Jika buah hati belum sampai pada tahap perkembangan di atas, maka kemungkinan Ibunda akan melihat perkembangan itu di bulan berikutnya.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar