By Siti Amini at 15.34 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Perkembangan bayi 5 bulan. Memiliki bayi merupakan suatu impian bagi orang tua muda. Melihat perkembangan bayi dari waktu ke waktu adalah suatu hal yang menakjubkan bagi orang tua. Menginjak usia 5 bulan kepandaian bayi semakin berkembang. Kemampuan komunikasinya mulai terlihat, kemampuan motoriknya juga berkembang. Untuk lebih mengetahui perkembangannya yang lebih detail, mari kita simak ulasan berikut ini.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan Keatas

perkembangan bayi 5 bulan
Bagaimana tahap perkembangan bayi 5 bulan keatas. Semakin bertambahnya usia bayi juga akan tumbuh dan berkembang. seperti apa perkembangan bayi usia 6 bulan, yuk cari infonya di tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi usiaa 6 bulan. Setelah bertambah bulan, kemampuan yang dimiliki bayi juga akan semakin berkembang, untuk bayi usia 8 bulan bayi sudah mulai bisa tengkurap. Seperti apa perkembangan bayi 8 bulan, bisa bunda baca di tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 8 bulan.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Beberapa kemampuan yang sebagian besar bahkan hampir semua bayi usia 5 bulan miliki antara lain adalah:

Belajar Duduk

Pada tahap perkembangan bayi 5 bulan bayi mulai belajar duduk. Dia akan berusaha menegakkan tubuhnya untuk duduk dengan posisi duduk condong ke depan dengan bantuan topangan dari lengannya di depan. Punggung bayi usia ini belum kuat betul untuk duduk dalam posisi tegak. Oleh karena itu bantulah dia dengan memberikan sandaran berupa bantal atau tubuh orang dewasa di punggungnya.

Kemampuan Tengkurap

Ada sebagian bayi yang sudah bisa menggulingkan tubuhnya dari posisi terlentang menjadi posisi tengkurap. Jika dia sudah bisa melakukan itu kemudian dia akan mencoba untuk menggerakkan kakinya untuk berlanjut ke tahap selanjutnya seperti merangkak dan bergerak maju. Jika sudah begitu orang tua harus malakukan pengawasan apalagi jika hal tersebut dilakukan di atas tempat tidur.

Memukul Benda

Pernah melihat bayi yang suka memukul benda ke lantai atau membenturkannya ke benda lain? Ini adalah salah satu tahap perkembangannya. Jadi jangan larang si bayi untuk melakukan hal itu. Kegiatan ini merangsang gerakan tangan ketika memegang benda. Suara yang ditimbulkan oleh benda yang dibenturkannya itu membuat bayi merasa senang.

Mengambil dan Mengarahkan Mainan ke Mulutnya

Genggaman bayi berusia 5 bulan mulai kuat. Ia bahkan sudah bisa memegang botol gelas dengan pegangan tangan di kedua sisinya. Dia bisa menarik dan mengambil barang di dekatnya. Dia juga akan memasukkan mainan yang dipegang itu ke mulutnya. Dalam hal ini orang tua harus waspada untuk tidak meletakkan barang berbahaya di sekitar jangkauannya. Bayi pun suka mengambil benda – benda kecil menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan ibu jarinya.


Kemampuan Komunikasi dan Bahasa

Usia 5 bulan di kehidupan bayi merupakan masa transisi kepandaiannya. Jika sebelumnya pada usia 4 bulan bayi sudah bisa mengeluarkan suara – suara sederhana seperti “rrrrr”, pada usia 5 bulan ini bayi akan bereksperimen untuk mengeluarkan berbagai macam bunyi lewat mulutnya. Bayi sudah bisa tertawa dan bergumam “wwwww”. Bayi mengeksplorasi suara yang didengarnya dan mencoba untuk menirunya.

Walaupun suara yang dibuat oleh bayi tidak begitu jelas namun sebagai orang tua patut bahagia. Jangan bosan pula apabila suara yang dikeluarkan oleh bayi sama. Namun biasanya pada usia ini bayi bisa mengeluarkan suara yang berbeda. Suara berbeda tersebut digunakan untuk menandakan sesuatu, seperti dia sedang lapar, lelah atau ingin bermain.

Suara decakan dan gumaman yang dibuat oleh bayi usia 5 bulan merupakan awal dari perkembangan kemampuan bahasanya. Selain itu pada usia ini bayi sudah bisa mulai mengengerti suara yang didengarnya, seperti ketika terdengar suara binatang atau ketika terdengar namanya dipanggil. Dia akan berekasi ketika mendengar panggilan namanya.

Tertarik Melihat Makanan

Bayi mungkin akan tertarik ketika melihat seseorang sedang membawa makanan di piring. Dia pun akan mencoba mengambil makanan tersebut dan memasukkannya ke dalam mulut. Namun pada usia 5 bulan sebaiknya bayi masih tetap diberi ASI eksklusif, sehingga jangan biarkan si bayi memakan makanan sebelum saatnya.

Mengenal Warna

Penglihatan bayi usia 5 bulan sudah berkembang. Walaupun belum cukup sempurna, tapi dia sudah bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak. Fokus matanya pun sudah baik dan dia juga mulai bisa megenali berbagai warna. Dia akan tertarik jika dihadapkan dengan mainan berwarna – warni, tapi dia lebih menyukai warna primer seperti merah, kuning dan biru.

Nah itu tadi beberapa info tentang perkembangan bayi 5 bulan yang harus bunda ketahui. Beberapa info yang juga wajib bunda baca antara lain:

1. tips dan trik cara menyimpan ASI yang tepat.

2. teknik cara menyusi yang tepat pada bayi.

Selamat mencoba, semoga berhasil.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar