By Siti Amini at 12.09 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Perkembangan bayi usia 6 bulan. Bunda pasti bahagia jika adek bayi yang dimiliki sudah melalui masa hidupnya selama 6 bulan. Sudah bisa apa saja ya seorang bayi berusia 6 bulan? Untuk mendapatkan jawabannya mari simak ulasan berikut.

Perkembangan bayi usia 6 bulan

Kemampuan Duduk dan Penggunaan Lengan

perkembangan bayi usia 6 bulan
Perkembangan bayi usia 6 bulan ini bayi mulai untuk berusaha duduk sendiri tanpa bantuan orang lain dan tanpa perlu sandaran. Pada tahapan awal memang sulit dilakukan. Bayi akan berusaha duduk dengan bantuan topangan oleh lengannya. Jika dibiasakan lama – lama bayi akan mampu untuk duduk dengan tanpa bantuan topangan lengan. Untuk itu, Ibu perlu melatihnya karena bayi usia 6 bulan belum mempunyai kekuatan punggung yang cukup.

Bantulah bayi berlatih duduk dengan memangkunya. Peganglah mainan yang menarik bagi mereka kemudian mainkan dengan menjauhkan dan mendekatkan mainan tersebut kepada bayi. Hal itu akan merangsang bayi untuk melakukan aktivitas sembari duduk dengan meraih mainannya. Setelah terbiasa, coba untuk meletakkan bayi di lantai yang empuk dan buat dia duduk. Sembari duduk di lantai, berikan dia mainan dengan cara yang sama seperti di atas.

Apabila tertarik dengan suatu benda, bayi akan menunjuk benda tersebut dengan mengangkat lengan seolah – olah dia bertanya “benda apa itu?”. Jika si bayi diberikan mainan di tangannya, dia akan memperhatikannya sejenak kemudian memasukkan mainan itu ke dalam mulut. Jika di awal dia memegangnya dengan tangan kanan maka setelah itu dia akan memindahkannya ke tangan kiri. Jika di hadapannya ada mainan lagi maka dia akan meraihnya dengan menggunakan tangan kanan, sehingga kedua tangannya memegang mainan.

Mungkin bayi akan memiliki kecenderungan dengan memegang benda hanya di salah satu tangannya saja, misalnya hanya dengan menggunakan tangan kirinya secara terus menerus. Namun hal itu bukan berarti bayi mempunyai kecenderungan bertangan kidal. Kidal tidaknya seorang anak belum bisa dilihat sebelum berumur 2-3 tahun.

Baca juga: Solusi Tepat dan Mudah Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi


Kemampuan Berguling Bayi 

Perkembangan bayi usia 6 bulan yang lain yaitu berguling. Ketika bayi sedang berada pada posisi tidur namun tidak dalam keadaan tertidur biasanya bayi akan menggulingkan badannya. Pada saat menggulingkan badannya, tidak semua bayi akan berhasil membalikkan badannya ke posisi terlentang sehingga akan terus berada pada posisi tengkurap jika tidak ada bantuan dari orang dewasa. Bayi akan merengek jika merasa kelelahan karena tidak berhasil membalikkan badannya. Saat posisi tengkurap ada juga sebagian bayi yang menggeser – geser badannya maju dan mundur dengan mendorong lantai.



Kemampuan Merangkak Bayi

Bayi mulai belajar merangkak ketika usia 6 bulan. Perkembangan bayi usia 6 bulan ini diawali dengan kemampuan dia menggeser badannya ketika tengkurap. Jika perkembangan si bayi termasuk cepat makan tidak khayal jika saat usia 6 bulan dia mulai berlatih untuk merangkak. Untuk menstimulasi kemampuannya ini maka sebaiknya orang tua tidak membiasakan bayi selalu digendong atau duduk di stroller.

Berikan waktu lebih lama kepada bayi berada di lantai yang mempunyai alas empuk. Saat bayi pada posisi tengkurap, biarkan dia mengangkat tubuhnya dengan bantuan topangan kedua tangan dan kakinya. Pastikan posisi siku menempel pada lantai. Berikan mainan di hadapan bayi pada posisi yang agak jauh dari posisinya agar bayi terangsang untuk merangkak. Cobalah untuk mempraktekkan bagaimana cara merangkak di hadapannya. Jika si bayi tertarik teruslah untuk merangkak bersamanya.

Kemampuan Komunikasi dan Bahasa

Bayi usia 6 bulan sudah bisa tersenyum, tertawa dan mengoceh. Dia mulai bisa mengucapkan kata “mama”, “papa”, “dada”. Jika dia merasa kegirangan dia akan berteriak. Dia juga bisa mulai mengenal orang dan benda di sekitarnya. Dia akan merasakan kenyamanan jika berada di dekat orang yang dikenalinya. Jika si bayi ingin digendong dia akan mengkomunikasikannya dengan mengangkat kedua tangannya di hadapan orang yang dimintai.

Itulah beberapa kemampuan yang telah dimiliki oleh bayi ketika dia menginjak umur 6 bulan.

Informasi yang penting dan wajib bunda ketahui:
1. Tips dan Trik Cara Menyimpan ASI yang Tepat
2. Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi dan Sayur

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar