By Siti Amini at 06.28 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Tempat tidur bayi. Kelahiran buah hati bunda tentu memberikan kebahagiaan tersendiri. Semua perlengkapan bayi juga pasti sudah bunda rencanakan untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Begitu juga dengan pemilihan tempat tidur bayi.

Pemilihan tempat tidur untuk bayi bunda tidak serta merta hanya melihat aaspek keindahan dari tempat tidur, tapi juga lebih memperhatikan segi keamanan untuk sang buah hati.

tempat tidur bayi


Cara Memilih Ranjang Bayi yang Aman

Beberapa tips yang harus bunda perhatikan dalam pemilihan ranjang bayi antaraa lain:

Jeruji atau Pagar Tempat Tidur

Pilih pagar tempat tidur yang tidak mempunyai pintu dibagian sampingnya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi agar bayi bunda tidak dapat membuka sendiri pintu tempat tidurnya kelak ketika dia semakin besar. Perhatikan juga jarak antara jeruji. Pastikan jarak antar jeruji tempat tidur bayi bunda maksimal 6 cm.

Matras Tempat Tidur

Pilih tempat tidur bayi yang matras pada ranjangnya dapat diatur sendiri ketinggiannya. Hal ini bertujuan saat bayi bunda tumbuh semakin besar dan mulai dapat berdiri memegang sisi tempat tidur, bayi bunda tidak akan keluar sendiri atau terjatuh. Saat baayi sudah mulai bisa berdiri, atur matras pada posisi paling rendah.

Selain itu, pilih matras yang tidak terlalu empuk untuk tempat tidur bayi. Hal ini untuk mencegah tulang bayi melengkung karena tubuh bayi akan mengikuti matras jika matras yang digunakan terlalu empuk.

Pilih Tempat Tidur yang Beroda

Pilihlah tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan roda. Hal ini akan memudahkan bunda kalau bunda mau mengatur atau mau memindahkan letak ranjang bayi.

Pastikan roda selalu dalam posisi terkunci untuk mencegah tempat tidur bayi tergelincir. Cek secara berkala baut pada tempat tidur bayi. Pastikan semua baut terpasang dengan kencang.



Kelambu yang Menutupi Tempat Tidur

Pilih kelambu yang menutup seluruh bagian tempat tidur atau lebih panjang dari pada tempat tidur. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bayi bunda terlindung daari gigitan nyamuk.

Pilih Kasur yang Pas

Patikan kasur atau matras untuk tempat tidur bayi bunda benar-benar fit dengan ranjang, tidak ada celah sedikitpun antara matras dengan tempat tidur bayi. Hal ini untuk mencegah tubuh bayi terjepit.

Dapat Diayunkan

Bayi sangat menyukai gerakan diayun-ayunkan. Jika memungkinkan bunda dapat memilih ranjang bayi yang bisa di ayun-ayunkan agar bayi nyaman saat tidur.

Selimut dan Sprei yang Lembut
Pilihlah selimut dan sprei untuk bayi bunda dari bahan yang lembut. Bunda bisa menggunakan bahan katun yang daat menyerap keringat dengan baik. Pilih selimut dan sprei yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.

Baca juga:



Nah itu tadi beberapa tips cara memilih tempat tidur bayi. Semoga dapat  membantu bunda dalam memilih dan mencari tempat tidur yang tepat untuk bayi bunda.
Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar