By Siti Amini at 17.53 , have 1 comment
Ads by google:
Ads by google:
Cara menghilangkan panu di wajah. Siapa yang tidak mengenali panu? Panu atau dalam istilah kedokteran adalah Pityriasis versicolor merupakan penyakit kulit karena infeksi jamur Pityrosporum ovale. Penyakit kulit yang bisa dibilang merakyat ini akan mengganggu jika tidak ditangani. Apalagi kalau panu yang timbul di area wajah.

Semua orang pasti setuju bahwa hal ini akan mengganggu penampilan. Seorang yang terkena panu akan timbul bercak putih sampai dengan cokelat. Rasanya gatal apalagi jika sedang berkeringat sehingga tentunya akan mengganggu kenyamanan. Walaupun penyakit ini tidak berbahaya, namun sobat perlu waspada karena sewaktu – waktu panu pada kulit bisa muncul kembali ketika cuaca sedang panas. Maka dari itu, cermati penyebab datangnya panu pada kulit untuk mencegahnya timbul kembali.

Penyebab Panu di Wajah

  • Lingkungan yang lembab dan panas
  • Keringat yang berlebihan
  • Kulit berminyak
  • Pemakaian antibiotic atau hormonal dalam jangka panjang sehingga mengganggu keseimbangan flora normal dalam tubuh.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  • Kecenderungan genetik/keturunan

Tanda dan Gejala Panu
Mungkin ada sebagian orang yang suka mengabaikan kehadiran penyakit kulit yang satu ini. Oleh karena itu Sobat, jangan lupa kenalilah tanda dan gejala panu pada kulit. Berikut sedikit ulasannya:
  • Timbul ruam atau bercak pada kulit dengan berbagai wana dan ukuran. Ruam bisa berwarna merah muda, putih, cokelat sampai cokelat gelap dengan batas tegas disbanding dengan warna kulit di sekitarnya. Warna ruam ini tergantung dari pigmen kulit si penderita dan lamanya penyakit.
  • Warna ruam akan lebih terlihat setelah terkena paparan sinar matahari
  • Menyebar secara perlahan, bersisik dan agak gatal. Bila kulit yang terkena panu digaruk maka keluar serpihan – serpihan berwarna keputihan.
  • Biasanya terjadi di permukaan kulit, kulit kepala, lipatan paha, ketiak, leher, punggung, lengan, wajah dan dada.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dengan Cepat dan Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan panu diwajah ddengan menggunakan bahan alami dan aman. Simak ya:

Menggunakan bawang putih

Cara menghilangkan panu dengan menggunakan bawang putih cukup dengan menggosokkan irisan bawang putih pada kulit yang terdapat panu. Lakukan hal ini 2 kali sehari pada saat setelah mandi pagi dan sore.

Menggunakan belimbing wuluh

Belimbing wuluh merupakan jenis belimbing yang berukuran kecil dan biasanya digunakan sebagai pelengkap sayur. Belimbing wuluh efektif untuk menghilangkan panu di wajah dengan cara menumbuk belimbing wuluh secukupnya. Kemudian dicampurkan dengan air kapur sirih. Setelah itu dioleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukanlah sebanyak 2 kali sehari hingga panu menghilang.

Menggunakan lengkuas

Bumbu dapur yang satu ini ampuh menghilangkan panu. Caranya adalah dengan memarut lengkuas secukupnya, lalu peras dan ambil airnya. Setelah itu oleskan air lengkuas pada kulit yang terkena panu. Lakukanlah rutin setelah mandi.


Menggunakan jeruk nipis

Buah yang satu ini memang tidak ada habisnya kasiatnya untuk tubuh. Jeruk nipis memang terkenal khasiatnya dalam bidang kecantikan wajah. Tapi ternyata jeruk nipis juga berkhasiat untuk menghilangkan panu di wajah sobat. Caranya adalah dengan mengoleskan daging buah jeruk nipis ke kulit yang terdapat panu, atau dengan memerasnya terlebih dahulu kemudian air perasannya dioleskan pada daerah kulit yang terkena panu.

Menggunakan belerang

Belerang memang jarang dijumpai di rumah. Namun jika sobat sedang terserang panu di wajah dan kebetulan menemukan belerang, belerang ini dapat menghilangkan panu sobat. Belerang mengandung sulfur yang ampuh membunuh jamur penyebab panu pada kulit. Tumbuk belerang hingga benar – benar halus kemudian campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan air jeruk nipis. Oleskan campuran ketiga bahan pada kulit. Lakukan secara rutin 2 kali sehari hingga panu hilang.

Menggunakan daun pare dan kapur sirih

Selain dimanfaatkan buahnya, daun buah pare juga bisa digunakan untuk menghilangkan panu. Caranya dengan menghaluskan daun pare secukupnya kemudian campur dengan kapur sirih. Oleskan campuran tersebut pada kulit secara teratur 2 kali sehari.

Menggunakan getah daun jarak

Sebelum mengaplikasikan ke kulit, terlebih dahulu gosok bagian kulit yang terkena panu, setelah itu gosok kulit tersebut dengan menggunakan getah daun jarak.

Menggunakan getah pohon/buah pepaya

Potonglah pelepah atau buah papaya, kemudian ambil getahnya saja. Oleskan getah tersebut pada kulit yang terkena panu secara rutin.

Menggunakan buah atau biji daun jinten

Selain digunakan sebagai bahan rempah untuk memasak, biji daun jinten juga bermanfaat untuk mengobati panu. Caranya, cuci biji daun jinten kemudian giling hingga halus. Tempelkan biji daun jinten yang sudah halus pada panu lalu balut dengan kain kasa. Lakukan 3 kali sehari.

Baca juga:

Cara Mengatasi Jerawat Batu Mudah Tanpa Obat


Selamat mencoba.

Ikan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

1 komentar: